Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUSDALIFAH DJ. GNU/Linux atau lebih sering disebut Linux, merupakan sistem opersi yang berjalan di berbagai plaform komputer. Seiring dengan diberlakuannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUSDALIFAH DJ. GNU/Linux atau lebih sering disebut Linux, merupakan sistem opersi yang berjalan di berbagai plaform komputer. Seiring dengan diberlakuannya."— Transcript presentasi:

1 MUSDALIFAH DJ

2 GNU/Linux atau lebih sering disebut Linux, merupakan sistem opersi yang berjalan di berbagai plaform komputer. Seiring dengan diberlakuannya UU HAKI per 29 Juli 2003, pemakai Linux di Indonesia bertambah pesat. Perkembangan Linux sangat didukung oleh lisensi yang digunakan, yaitu GPL ( General Public License). Linux bersifat open surce, artinya para pengguna dapat ikut menbembangkan dan menyebarluaskan aplikasi Linux

3 Pengguna berhak menerima source code beserta semua hak yang diizinkan oleh penulis asli. Aplikasi tersebut dapat dimodifikasi maupun digunakan dalam aplikasi lain dimana lisensi dari aplikasi baru tetap pada GNU GPL. Sekalipun demikian, adanya GPL tidak menutup kemungkinan komersialisasi. Paling tidak biaya dapat ditarik sebagai pengganti biaya kopi dan media distribusi. Jasa layanan, seperti dukungan teknis dapat merupakan produk komersil pula.

4 Sistem operasi Linux pertama kali dibangun dengan kernrl Linux oleh Linux B Torvalds pada tahun pada masa itu ia masih menjadi mahasiswa di Univesity of Helsinki, Finlandia. Kernel yang terdiri atas 1. Fungsi manajemen proses 2. Manajemen Memori 3. Manajemen Sistem file 4. Komunikasi Jaringan

5  Multitasking, beberapa program dapat berjalan pada suatu saat  Multiuser, menangani banyak user secara baik pada aplikasi yang sama pada suatu saat  Multiplafrom, berjalan di CPU berbeda, tidak hanya intel. Terdapat versi Linux untuk selain intel x86  Berbasis jaringan, dukungan terhadap TCP/IP

6  Multiple virtual consoles, beberapa sesi login independent dengan console  Linux mendukung demand paging, yaitu pages hanya diload jika diperlukan saja  Linux yang mengizinkan shared executables, yaitu bila ada lebih dari satu aplikasi yang dijalankan, semua task dapat membagi pakai memori sama. Metode ini dinamakan copy-on write pages agar dapat menggukan RAM lebih efisien  Linux mendukung dinamically shared library yang dapat memperkecil ukuran program

7 Adapun distribusi (distro) Linux yang merupakan hasil pemaketan oleh perusahaan untuk mempermudah pemerolehan Linux diantaranya adalah RedHat, Mandrake, Slackware, S.u.s.e, dan Debian. Semua sistem tersebut menggunakan kernel yang sama dan disetujui Linux Toevald yang menjamin kompatibilitasnya. Perbedaan masing-masing distro terletak pada paket-paket perangkat lunak yang disertakan, struktur direktori, metode pemaketan perangkat lunak, dan inisialisasi sisteem.

8 Linux juga mendukung banyak arsitektur komputer seperti Alpha, Mac, dan lain-lain. Linux dapat dipakai sebagai sistem operasi untuk keperluan dekstop sampai dengan server. Bahkan tampilan Linux yang dipakai sebagi dekstop telah dapat mengimbangi sistem operasi seperti Microsoft Windows Pada dasarnya Linux dapat menjalankan aplikasi yang sama dengan aplikasi-aplikasi pada sistem operasi lain, misalnya Mozilla untuk menjelajah web, XMMS untuk menjalankan file-file audio, gimp untuk manipulasi gambar, dan lain-lain

9

10 Selain tangguh sebagai komputer pribadi, Linux menawarkan kinerja optimal untuk dijadikan sebagai server. Beberapa aplikasi server yang selalu disertakan hampir di setiap distribusi diantaranya : 1. Web Server (httpd) 2. FTP Server (ftpd) 3. Mail Server (smtp, pop 3, LDAP, IMAP) 4. Name Server 5. Daemon standar (telnetd, fingerd, identd, syslogd dsb) 6. DHCP Server

11 Selain itu, protokol-protokol standar sebagai platform dalam komunikasi jaringan, telah terintegrasi pada level kernel, di antaranya : 1. File Transfer Protocol (FTP) 2. Gopher Protocol 3. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) 4. Post Office Protocol (POP)

12 5. Point to Point Protocol (PPP) 6. Serial Line Internet Protocol (PLIP) 7. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) 8. Telnet Protocol 9. Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)

13  Minimal CPU dengan prosesor atau sudah bisa menjalankan Linux.  Emulator matematis juga tidak diharuskan meskipun akan sangat membantu jika Anda memilikinya.  Memori minimal 4 hingga 8 mega, dan paling tidak 16 Mega jika Anda berencana menjalankan aplikasi X. Meskipun demikian, pada beberapa distribusi Anda cukup mempunyai memory 2 Mega.

14  Cakram keras (hard disk), baik IDE maupun SCSI dan banyak jenis perangkat keras lain telah didukung oleh Slackware 7.0.  Spasi hard disk yang dibutuhkan minimal 20 mega untuk menginstal aplikasi dasar Linux.  Jika semua program diinstal paling tidak membutuhkan spasi hard disk hingga 400 Megabyte.

15  Hubungan ke internet merupakah hal yang cukup esensial di Linux. Mengingat Linux tumbuh dan berkembang lewat komunitas di Internet, maka sebagian besar fiturnya akan berjalan secara baik jika tersambung ke internet (atau dalam skup kecil, LAN ( Local Area Network ).

16  Sebut saja layanan daemon dalam inetd, seperti telnet daemon (yang membuat mesin dapat ditelnet mesin lain), finger daemon (memberikan informasi user kepada pihak-pihak yang dikehendaki), ftp daemon ( file transfer protocol daemon, memberikan layanan kepada komputer lain untuk mengirimkan file ke komputer) dan sebagainya.

17  Keamanan juga akan terasa di Linux, saat mesin tersambung ke Internet. Aplikasi TCP Wrapper yang memfilter setiap host yang akan mengakses komputer, lebih terasa manfaatnya saat tersambung ke internet.

18  Apalagi keamanan terhadap serangan virus yang bertebaran di Internet, discretionary access control (baca di bab terakhir) di Linux memberikan perasaan aman saat menerima sisipan atau saat berjalan jalan di web site favorit.

19 Koneksi ke internet yang dibahas di sini adalah sambungan Point to Point Protocol (PPP). Lebih sering disebut sambungan dial up. Koneksi untuk menghubungkan ke ISP. Sambungan lewat leased line, ISDN, VSAT dan sebagainya tidak akan dibahas, sebab cakupannya terlalu luas.

20


Download ppt "MUSDALIFAH DJ. GNU/Linux atau lebih sering disebut Linux, merupakan sistem opersi yang berjalan di berbagai plaform komputer. Seiring dengan diberlakuannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google