Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Add Your Company Slogan PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA Oleh : ERIK SETIAWAN (10507168)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Add Your Company Slogan PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA Oleh : ERIK SETIAWAN (10507168)"— Transcript presentasi:

1 Add Your Company Slogan PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA Oleh : ERIK SETIAWAN ( ) SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERSEDIAAN BARANG PADA CV. GANITA

2 Latar Belakang CV. GANITA merupakan distributor pakaian rajut yang memproduksi dan menjual pakaian rajut dalam jumlah besar (grosir) maupun eceran. Transaksi dan data yang semakin banyak menyebabkan timbulnya beberapa kelemahan dan permasalahan dalam sistem usaha dagang ini. Dalam hal ini, penulis memilih Sistem Penjualan dan Persediaan Barang. Sistem penjualan merupakan sistem yang mengatur dan mengelola transaksi penjualan barang baik secara tunai maupun kredit. Sistem persediaan barang adalah sistem yang mengelola data persediaan barang di gudang. CV. GANITA memiliki banyak konsumen, sehingga sering kesulitan apabila ada pesanan barang dalam jumlah besar, selain itu terdapat kesulitan pengecekan stok barang apabila dibutuhkan. Demikian juga dalam hal keuangan, sering terjadi kesalahan dalam penghitungan keuangan yang mengakibatkan kesalahan dalam jumlah laporan keuangan. Semua permasalahan ini disebabkan oleh karena sistem yang masih manual.

3 Identifikasi Masalah 1.Pada proses pemesanan petugas mengalami kesulitan karena jumlah pesanan sudah berskala besar. 2.Kesulitan dalam proses pengecekan stok barang apabila dibutuhkan. 3.Masih mungkin terjadi kesalahan dalam penghitungan keuangan yang disebabkan karena sistem yang masih manual sehingga mengakibatkan kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan.

4 Rumusan Masalah 1.Bagaimana mengelola proses pemesanan dalam sistem informasi penjualan dan persediaan barang. 2.Bagaimana mempermudah proses pengecekan stok barang. 3.Bagaimana mengelola laporan keuangan dalam sistem informasi penjualan dan persediaan barang.

5 Maksud dan Tujuan 1.Untuk mempermudah proses pemesanan dalam jumlah besar. 2.Untuk mempermudah proses pengecekan stok barang. 3.Untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan.

6 Batasan Masalah 1.Sistem ini tidak membahas retur pembelian dan penjualan barang. 2.Sistem ini tidak mencakup tentang data pelanggan. 3.Sistem yang dibangun tidak mencakup pembatalan proses pemesanan barang. 4.Uang muka untuk pemesanan minimal adalah 50%. 5.1 kode pemesanan untuk 1 barang saja. 6.Sistem informasinya hanya dapat digunakan di CV.GANITA.

7 Analisis dan Perancangan Sistem Flowmap yang Diusulkan Flowmap Pemesanan Barang yang Sedang Berjalan pada CV.Ganita Keterangan : A1 = Arsip bon A2 = Arsip detail pemesanan A3 = Buku produksi

8 Flowmap Persediaan Bahan baku yang Sedang Berjalan pada CV.Ganita Keterangan : A4 = Buku (Bahan baku) A5 = Arsip Nota Pembelian

9 Diagram Konteks (Context Diagram) Diagram Context Sistem Informasi Penjualan dan persediaan bahanbaku yang sedang berjalan pada CV.Ganita

10 Data Flow Diagram DFD Level 1 Sistem Informasi penjualan dan persediaan barang yang berjalan pada CV.Ganita

11 DFD Level 2 Proses Pemesanan Sweater yang sedang berjalan pada CV.Ganita

12 DFD Level 2 Proses Pembelian persediaan barang yang sedang berjalan pada CV.Ganita

13 Evaluasi Sistem yang Sedang Berjalan 1.Sistem informasi yang sedang berjalan di CV.Ganita masih bersifat manual atau belum terkomputerisasi sehingga proses penginputan data tidak dapat berjalan efektif dan efisien. 2.Kurang efektifnya pendataan pada bagian produksi sehingga pengontrolan barangnya kurang terkendali. 3.Tidak ada laporan keuangan yang jelas, sehingga dapat merugikan perusahaan. 4.Proses pembuatan laporan secara manual memakan waktu yang sangat lama sehingga pembuatan laporan tersebut tidak terselesaikan secara tepat waktu.

14 Flowmap yang Diusulkan Flowmap Pemesanan Barang yang diusulkan pada CV.Ganita

15 Flowmap Persediaan Bahan baku yang diusulkan pada CV.Ganita

16 Diagram Konteks Diagram Context Sistem Informasi Penjualan dan persediaan bahanbaku yang diusulkan pada CV.Ganita

17 Data Flow Diagram DFD Level 1 Sistem Informasi penjualan dan persediaan barang yang diusulkan pada CV.Ganita

18 DFD Level 2 Proses Pemesanan Sweater yang diusulkan pada CV.Ganita

19 DFD Level 2 Proses Pembelian persediaan barang yang diusulkan pada CV Ganit

20 Relasi Tabel

21 Entity Relationship Diagram (ERD)

22 Kesimpulan 1.Setelah melakukan penelitian pada CV.Ganita, penulis melihat sistem penjualan dan persediaan barang yang berjalan masih menggunakan cara manual dalam pengolahan datanya seperti menulis data transaksi pemesanan kedalam buku atau arsip-arsip. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam mengelola data transaksi penjualan dan persediaan barang. 2.Perancangan sistem informasi penjualan dan persediaan barang pada cv.ganita sudah terkomputerisasi dan menggunakan database untuk penyimpanan datanya, sehingga dapat mempersingkat waktu dalam penyimpanan dan pengolahan datanya.

23 3. Setelah pengujian terhadap sistem informasi penjualan dan persediaan barang pada CV.Ganita dengan menggunakan metode pengujian Black Box, secara fungsional perangkat lunak mengeluarkan fungsi yang sesuai dengan yang diharapkan. 4. Dalam pengimplementasian sistem ini difokuskan pada pengolahan data konsumen, data barang, data bahan baku, data transaksi penjualan, data produksi dan data pemakaian bahan baku pada CV.Ganita.

24 TERIMAKASIH


Download ppt "Add Your Company Slogan PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA Oleh : ERIK SETIAWAN (10507168)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google