Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGGOTA KELOMPOK: 1. RIDHA DEVI ANDINI A1B110021 2. LUH PUTU DYAH MADYAWATIA1B110003 3. CLARA NELTI FATIAA W.A1B110014 4. ADHAR ADIANSYAHA1B110040 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGGOTA KELOMPOK: 1. RIDHA DEVI ANDINI A1B110021 2. LUH PUTU DYAH MADYAWATIA1B110003 3. CLARA NELTI FATIAA W.A1B110014 4. ADHAR ADIANSYAHA1B110040 5."— Transcript presentasi:

1

2 ANGGOTA KELOMPOK: 1. RIDHA DEVI ANDINI A1B LUH PUTU DYAH MADYAWATIA1B CLARA NELTI FATIAA W.A1B ADHAR ADIANSYAHA1B I DEWA GEDE AGUNG OKHA A1B BAIQ DESY SUSWANTHYA A1B ANDRIA APRIDYANA S.A1B ABDUL RAZIA1B MARINI ANDY SAPUTRIA1B LALU GAUNG APRIAL W.A1B SILVIA ARIANIA1B DEAR ARJUNARY RANTEGA1B FAHRUROZIA1B SURYANINGSIHA1B HELMI MARSSUGARAA1B IDA AYU W. MAHENDRANIA1B LALU RAKHMAT APRIAWANA1B DIAN HAMZANIA1B MUKAMMAL HARDIA1B110066

3 SEJARAH PERUSAHAAN Sebelum tahun 1997, Samsung lebih dikenal dengan reputasinya sebagai perusahan pembuat peralatan elektronik dengan produk-produk low-end. Perusahaan tersebut hanya dikenal sebagai imitator, bukan innovator karena memang tidak melakukan inovasi-inovasi produk pada saat itu. Produk-produk kompetitif berdasar pada low cost yang direfleksikan dengan tenaga kerja yang murah. Samsung belum mempunyai brand value dan belum memiliki pasar internasional. Strategi yang dilakukannya pada saat itu adalah cost/ price leadership.

4 LANJUTAN.. Sekarang samsung telah menjadi raksasa elektronik teknologi tinggi dan media digital yang diakui dunia. Reputasi Samsung kini sebagai produsen high-end mobile handsets dan berkembang sebagai supplier pada industri ini. Samsung berdedikasi untuk membuat dunia yang lebih baik melalui berbagai bisnis yang hari ini diantaranya adalah teknologi tingkat tinggi, semikonduktur, pencakar langit dan konstruksi, petrokimia, fashion, obat-obatan, finansial, hotel dan banyak lagi. Komitmen Samsung untuk menjadi yang terbaik di dunia telah membuat Samsung sebagai pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item di antara produknya

5 Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan 1. Visi Visi Samsung Electronics co. untuk dekade terkini adalah "Inspire the World, Create the Future.“

6 Misi Mencapai pendapatan sebesar $400 miliar Menjadi salah satu dari lima merek ternama di dunia pada tahun 2020 Menjelajahi wilayah baru, termasuk kesehatan, kedokteran, dan bioteknologi Menjadi pemimpin yang kreatif di pasar baru Menjadi nomor 1 dalam bisnis yang berkembang pesat Menciptakan produk dan layanan teknologi yang memimpin industri Menempatkan manajemen dan proses produksi yang paling efisien Diversifikasi ke industri mobil dan meningkatkan R&D untuk automobil Mendominasi pasar elektronika

7 Tujuan Tujuan dari Samsung Electronics adalah mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru, memperkaya hidup semua orang, dan terus menjadikan Samsung sebagai pemimpin digital yang terpercaya.

8 IDENTIFIKASI SWOT STRENGTH (KEKUATAN) Samsung memiliki brand-image yang melekat di masyarakat. Samsung electronics menjadi salah satu dari tiga perusahaan manufaktur elektronik terbesar dalam dekade ini (selain apple electronics) Samsung menawarkan produk-produk yang berkualitas Samsung senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman. Desain produk-produk Samsung sangat baik dan diunggulkan. Harga produk-produk Samsung bervariasi (menyesuaikan kualitas) dan harga lebih terjangkau dibanding dengan produk dan kualitas sejenis dari perusahaan lain.

9 Lanjutan.. Diversifikasi produk yang semakin luas Salah satu aset terkuat dari Samsung adalah timyang terdiri dari para desainer, peneliti dan teknisi yang berbakat dan handal dari berbagai negara. Samsung merupakan supplier high-end mobile handsets terbesar. Samsung merupakan pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item di antara produk Samsung, termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan telepon seluler. Pada tahun 2008 Samsung menduduki posisi pertama dalam pasar ponsel AS, Menduduki posisi No.1 pangsa pasar TV dunia selama sembilan kali secara berturut-turut Samsung mengadakan partnership dengan Amerika dan perusahaan-perusahaan ternama. Bermain di siklus chip dan menjadi supplier beberapa produsen elektronik lainnya, salah satunya Apple

10 Weakness (Kelemahan) Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang dapat menimbulkan potensi karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Samsung kepada para pesaingnya. Kurangnya diferensiasi produk khusus ponsel genggam (menjiplak beberapa desain Apple), beberapa kali terlihat Samsung menyalin desain dan teknologi terbaru yang dirancang oleh Apple, ini menyebabkan biaya RnD di Samsung menjadi minimal dan berimplikasi pada biaya produksi yang lebih rendah sehingga harga jualnya pun menjadi lebih rendah Corporate culture masih belum terlalu kuat Struktur organisasi terlalu luas karena diversifikasi produk yang luas.

11 OPPORTUNITIES (KESEMPATAN) Produk-produk yang ditawarkan Samsung merupakan produk kebutuhan rumah tangga yang selalu dicari. Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik, serta keinginan masyarakat akan barang elektronik berkualitas tinggi dengan harga lebih murah Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih. Pengaruh globalisasi yang mendorong pemasaran barang elektronik yang tiada batas. Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, multifungsi, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar.

12 Lanjutan.. Samsung lebih memilih untuk menciptakan produk- produk high-end yang tentu saja menawarkan stylish best- practice products. Produk-produk tersebut antara lain : DRAM, SRAM, Flash memory, CDMA mobile phones, TFT- LCDs, Computer monitors, Big-screen TVs, VCRs, DVD players, MP3 players, Microwave ovens, dan lain-lain. Samsung lebih menekankan pada kualitas produk, sehingga penentuan harga ditetapkan berdasarkan pada tingkat kualitas masing-masing produk tersebut. Memanfaatkan produksi massal, sehingga biaya dapat ditekan dan dapat menawarkan harga yang murah. Terus mengadakan partnership dengan perusahaan- perusahaan ternama untuk menghadapi pemasaran tiada batas. Beberapa pesaing utama sudah kalah saing, seperti : Sony, Nokia, Blackberry, bahkan Motorola gulung tikar.

13 THREAT (ANCAMAN) Adanya ketergantungan produk-produk lokal pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus Kekuatan merek lain yang lebih dahulu mengusai pasar Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualiTas yang tidak kalah bagus Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap negara yang berhubungan baik secara langsung maupun tak langsung dengan aktvitas produksi Samsung Depresiasi mata uang Won terhadap mata uang asing (terutama US Dollar) Krisis finansial yang menyebabkan turunnya daya beli masyarakat Era globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia. Kebijakan pemerintah (tight money policy) LG, Apple, dan Sony memiliki sejarah meluas ke luar negeri yang lebih banyak daripada Samsung.

14 STRATEGI SO Bergerak semakin dalam dan jauh pada bidang RnD untuk mencari inovasi pada produk-produknya Melakukan investasi lebih pada RnD untuk perkembangan produknya. Karena desain dan style merupakan kunci sukses Samsung, maka diperlukan adanya perekrutan desainer-desainer yang bertalenta Terus mengadakan partnership dengan perusahaan-perusahaan ternama untuk menghadapi pemasaran tiada batas. Focus pada hardware dan perangkatnya dan berkolaborasi dengan provider konten Memberikan perhatian lebih pada produksi chip Terus mempertahankan dan menambah kerjasama sebagai supplier komponen elektronik bagi produsen elektronik ternama Merambah industri automobil Mempertahankan prestasinya sebagai pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item di antara produknya.

15 STRATEGI WO Samsung perlu membuang bias Korea mereka dan merekrut lebih banyak bakat kreatif dari negara lain. Lebih banyak membeli/bekerja sama dengan perusahaan lain untuk memperoleh teknologi lanjut untuk lebih mempercepat kemajuan teknologi Menjaga kesetiaan dan disiplin organisasi yang kuat.

16 STRATEGI ST Secara aktif berinvestasi pada pemasaran dan distribusi, agar imbang dengan investasi pada RnD-nya Membuat brand-image Samsung lebih mendunia, sehingga konsumen lebih tertarik pada samsung. Mengalokasikan sumber daya pemasarannya untuk meningkatkan citra merek Terus menerus melakukan inovasi produk agar tidak kalah dengan kompetitor lainnya Efisiensi produk dengan investasi perusahaan pada fasilitas produksi dan teknologi pemrosesan yang mengurangi biaya dan meningkatkan laba. Perhatian lebih pada teknologi, kualitas, deferensiasi produk, dan kepeminpinan harga dengan tetap mengedepankan kualitas. Memperluas pasar dengan memanfaatkan kekuatan-kekuatan yang dimilikinya.

17 STRATEGI WT Menciptakan brand-image yang lebih kuat untuk menarik lebih banyak konsumen. Selalu berinovasi secara intensif dan tetap mengupayakan desain-desain yang menarik agar dapat terus menciptakan produk baru dan revisinya dalam waktu singkat. Investasi untuk RnD bagi pabrik automobil perlu ditingkatkan untuk dapat membuat terobosan baru agar tercipta suatu rancangan mobil yang mantap dan hi-quality. Melakukan hubungan kerjasama yang lebih intensif untuk merambah pangsa pasar yang lebih luas. Mengubah gaya manajemen menjadi lebih bersifat fleksibel sehingga dapat meningkatkan kreativitasnya. Bermain di pasar valas dan melakukan aktivitas hedging untuk mengurangi resiko premium dari fluktuasi nilai valas terutama dengan US Dollar. Analisa pada faktor-faktor yang dapat mengancam pada kenaikan biaya produksi, dan terus mengusahakan minimalisasi pada biaya produksi, sehingga tetap bisa menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau agar jumlah permintaan pada produk Samsung stabil karena tidak goyah oleh krisis moneter, juga berdaya saing kuat dengan perusahaan lain yang mampu memproduksi elektronik kualitas tinggi dengan harga terjangkau.

18 MATRIKS IFAS

19 MATRIKS EFAS

20 ANALISIS (MATRIKS) SWOT Berdasarkan hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada tabel diatas, hasilnya dapat dirangkum sebagai berikut : skor total kekuatan 3,5 skor total kelemahan 1,62 skor total peluang2,84 skor total ancaman2,78

21 ANALISIS MATRIKS SWOT Berpijak dari skor total, maka penentuan posisi PT. Samsung dapat digambarkan sebagai matrik swot yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini, dan untuk mencari titik koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagai berikut : Koordinat Analisis Internal ( skor total kekuatan – skor total kelemahan ) : 2 = ( 3,5 – 1,62 ) : 2 = 0,94 Koordinat Analisis Eksternal ( skor total peluang – skor total ancaman ) : 2= ( 2,84 – 2,78 ) : 2 = 0,03 Jadi, titik koordinat terletak pada (0,94 ; 0,03)

22 GAMBAR MATRIKS SWOT KUADRAN I EKSPANSION MENDUKUNG STRATEGI OFENSIF O S W T

23 KESIMPULAN Berdasarkan bobot dan rating setiap unsur matrik swot sebagaimana disajikan diatas dapat diketahui bahwa posisi perusahaan pada saat ini berada di kuadran I, yaitu kuadran Ekspansion yang terletak pada titik – titik koordinat (0,94 ; 0,03) di mana mendukung strategi yang bersifat ofensif, sehingga strategi umum yang digunakan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil kesempatan yang ada.

24 LANJUTAN.. Sedangkan, untuk posisi unit usaha perusahaan diketahui pada kuadran I sehingga mempunyai strategi yang lebih baik dan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap kuadran :

25 Kesimpulan Matriks Berdasarkan tabel skala prioritas sebagaimana kami sajikan sebelumnya, dapat diketahui bahwa melalui luas matriks tersebut, posisi perusahaan pada saat ini memperlihatkan kondisi di mana perusahaan sebaiknya/seharusnya memprioritaskan strategi pada kuadran I, yaitu strategi pertumbuhan/ekspansi dan menyangkut juga beberapa strategi dari kuadran IV yaitu strategi kombinasi.

26

27 PENGEMBANGAN PASAR Kondisi : Samsung memiliki kapitalisasi pasar yang sangat besar dan menjadi perusahaan elektronik dengan konsumen atau pelanggan yang terbesar. Namun, cakupan pemasarannya masih perlu diperluas, dan masih banyak wilayah yang harus dimasuki termasuk wilayah yang telah menjadi market share dari perusahaan elektronika lain seperti : Apple, HP, LG, Sony dsb.. Strategi : Strategi yang digunakan oleh samsung elektronik yaitu mengembangkan pasar yang ada dan memperluas pangsa pasar yang baru misalnya dengan menambah gerai distributor resmi dan kerja sama dengan pengecer- pengecer di berbagai daerah yang belum dimasuki, terutama wilayah yang merupakan pangsa pasar dari perusahaan elektronika lain seperti : Apple, HP, LG, Sony dsb.

28 Lanjutan.. Merambah wilayah-wiayah yang masih belum memberdayakan elektronika secara optimal, seperti kawasan- kawasan di negara-negara berkembang dan sedang berkembang. Untuk strategi lainnya Samsung dapat memanfaatkan ceruk pasar. Kemudian, memperluas jaringan perusahaan dengan menambah kerja sama dengan perusahaan besar dan negara lain yang sebelumnya sudah dilakukannya dengan Negara Amerika yang kemudian mampu mendatangkan pesanan sampai 1.8 juta handsets senilai $600 juta dari Sprint PCS Group. Tingkat publisitas Samsung Elektronik harus lebih diintensifkan atau digencarkan lagi dan visualisasinya harus lebih catchy agar konsumen lebih tertarik dan mengenal produk Samsung Elektronik secara lebih mendalam berikut keseluruhan spesifikasi produknya yang dikenal hi- technology.

29 PENETRASI PASAR Kondisi: Samsung menguasai pasaran Asia termasuk China, dan sebagian wilayah Amerika, dan Eropa. Samsung mampu untuk bertumbuh dan meningkatkan skala usaha dengan sangat cepat pada beberapa dan setiap pasar yang dimasuki, sehingga akan sangat mudah bagi Samsung untuk menguasai pasar dan mempertahankannya. Strategi: Yang Samsung harus lakukan adalah promosi produk secara gencar ataupun resposisi brand. Disini produk tidak diubah sama sekali dan juga tidak mencari pelanggan baru. Artinya produk yang ada tetap dipasarkan di pasar yang telah dimiliki Samsung, namun pasar ini menjadi target penjualan yang terbesar karena produknya sudah dikenal oleh pasar, maka yang perlu dilakukan adalah peningkatan frekuensi publisitas produk-produk Samsung Elektronik.

30 Lanjutan Strategi.. Meningkatkan citra perusahaan sebagai produsen elektronika berkualitas tinggi dengan harga yang lebih terjangkau dari pesaing sekelasnya, meningkatkan kepercayaan dan loyalitas dari pasar yang telah ada. Peningkatan Brand image dapat melalui Brandstorming, baik melalui medium of promotion dan direct promotion yang lebih intensif. Memberikan layanan yang lebih baik, baik dari penyediaan suku cadang atau komponen elektronika Samsung, menambah counter atau gerai Samsung Electronics untuk service, memberikan durasi waktu garansi yang sedikit lebih panjang, pemberian diskon dan/atau membuat pameran tahunan di pasar lama Samsung dan tentunya meningkatkan layanan purna jual. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah, Samsung harus tetap mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan dan mengembangkannya serta menjaga harga produknya agar tetap "lebih" terjangkau dari produk elektronika berkualitas sejenis dari pesaing ternama lainnya.

31 PENGEMBANGAN PRODUK Kondisi: Strategi pengembangan produk Samsung Electronics co. sudah sangat kompleks dan bisa dikatakan mendekati sempurna. Samsung Elektronik menetapkan inovasi sebagai suatu hal yang utama untuk menghadapi persaingan, Samsung tetap melakukan usaha pengembangan produk, dapat dilihat dari pengeluaran produk secara bertahap dan dalam waktu cepat, seperti : mengeluarkan Samsung W, diikuti dengan Samsung Y, Ace, S1, S2, S3, dan Samsung selalu mengeluarkan edisi atau revisi dari elektronika yang sebelumnya telah diproduksi. Oleh sebab itu, sebagian besar anggaran Samsung Elektronik digunakan untuk melakukan riset dan pengembangan. Kegiatan utama di Samsung Elektronik adalah di bidang Research and Development, yang proyeknya didominasi oleh pengembangan produk.

32 Strategi Pengembangan Produk Samsung harus mempertahankan dan melanjutkan pengembangan produk yang telah dilakukannya secara agresif selama ini dengan tidak lupa meningkatkan kreativitas. Samsung harus selalu melakukan inovasi terhadap produknya secara cepat, dengan jeli melihat kebutuhan masyarakat baik tingkat pemakai non- optimal sampai pemakai yang berkelas eksekutif. Terus melakukan riset ketat terhadap desain produk.

33 Lanjutan Strategi.. Memberikan solusi bagi permasalah konsumen. Menghadirkan produk yang memiliki kemampuan yang lebih dari produk perusahaan lain. Samsung menambah akuisisi perusahaan-perusahaan yang berkontribusi pada pengembangan produk, seperti yang sudah dilakukan dengan : Novaled AG, sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan pada Hard Disk Drive dan mengembangkan teknologi OLED secara lebih besar, dan contoh-contoh pengakuisisian Samsung lainnya.

34 INTEGRASI KEDEPAN Kondisi: Saat ini Samsung sudah melakukan hal tersebut dan bahkan tidak sedikit. Cara pemasaran dan perluasan jaringannya sudah sangat bagus. Samsung sudah mengakuisisi beberapa perusahaan yang tidak besar dan kemudian menyetarakan levelnya. Strategi: Menambah gerai distributor resmi dan menambah kerja sama dengan pengecer. Menjalankan fungsi-fungsi manajemen terutama pengawasan (controlling) pada seluruh cabang Samsung dan distributor resmi tersebut agar dapat mencapai tujuan dan target penjualan. Selain itu, publisitas secara virtual perlu ditingkatkan intensitasnya dan pemasaran produk secara langsung kepada konsumen dengan mengikuti event-event pameran atau pekan raya yang menyangkut teknologi khususnya elektronika dan/atau terus mengadakan pameran mandiri secara kontinu untuk memperkuat pencitraan produk dan meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk-produk Samsung Elektronik.

35 INTEGRASI KEBELAKANG Kondisi: Samsung sedikit lagi akan mencapai titik sebagai market leader. Samsung tidak hanya sebagai produsen hi-end mobile handset terbesar, juga bertindak sebagai pemasok beberapa komponen elektronis untuk beberapa perusahaan elektronis ternama, seperti Apple, dsb. Samsung memiliki pemasok-pemasok terpercaya dan bekerja sama sudah cukup lama, dan beberapa diantaranya sudah menjadi afiliasi dan di akuisisi, yang menimbulkan banyak keuntungan bagi perusahaan.

36 Strategi.. Samsung dapat menambah lagi akuisisi dan aliansi terhadap pemasok-pemasok penting bagi produk elektronika Samsung, baik untuk ponsel, LCD/LED TV, dsb., tentunya dengan mendapatkan kesepakatan- kesepakatan yang menguntungkan, seperti misalnya mendapatkan tenaga ahli desain dan/atau memberdayakan kemampuan perusahaan akuisisi, dll. Ini bertujuan untuk meningkatkan control atas pemasoknya. Samsung harus waspada terhadap stocking material yang dibutuhkan untuk produksi, sehingga dapat meminimalisir terjadinya hambatan-hambatan produksi dan kemungkinan degradasi output produk akibat kurangnya (baik kuota maupun kualitas) material. Tetap mengontrol stock dan kinerja pemasok agar hubungan bisnis yang terjalin tetap menguntungkan bagi satu sama lain.

37 INTEGRASI HORIZONTAL Kondisi: Sejauh ini, samsung telah beberapa kali melakukan akuisisi pada perusahaan pesaing dan yang dipilih masih berskala kecil. Dalam beberapa tahun terakhir, akuisisi Samsung meliputi 5% saham diprodusen stylus Walcom co. asal Jepang, dan akuisisi pemrakarsa software penyimpanan asal California, NVELO. Kemudian Samsung mengakuisisi perusahaan-perusahaan pesaing besar, seperti : mengakuisisi 3% saham Sharp LCD yang tengah sekarat. Dan pengakuisisian Hard Disk Drive (HDD) Samsung oleh Seagate technology, yang dikatakan bertujuan untuk saling melengkapi teknologi yang beragam. Kemudian, Samsung berhasil melakukan akuisisi terhadap Pantech, rival keduanya setelah LG yang merupakan produsen smartphone terbesar ketiga di Korea. Dan Samsung mengakuisisi seluruh saham sony LCD. Saham yang dibeli merupakan asset sony diperusahaan LCD JV yang memproduksi layar liquid crystal display (LCD). Kekayaan Samsung kini lebih dari $30 miliar !

38 Strategi.. Dengan jumlah kekayaannya yang fanstastis, Samsung Electronics harus lebih giat mengakuisisi atau membeli asset perusahaan rival-rivalnya. Samsung terutama mengincar hak kekayaan intelektual, teknologi maju, komponen, dan bidang yang memungkinkan Samsung menawarkan aplikasi yang lebih baik untuk produk elektronikanya. Ini harus dipertahankan dan dikejar terus. Banyak cara untuk mengukuhkan posisi Samsung di tingkat korporasi yang menguatkannya untuk mampu mendominasi pasar, antara lain : Samsung dapat mengakuisisi sebuah perusahaan dengan basis klien korporasi yang kuat di sektor handset. Atau, Samsung dapat memilih perusahaan yang memiliki koneksi yang tepat untuk mencatat penjualan. Samsung juga dapat memanfaatkan akuisisi untuk memperkuat keamanan software-nya, sehingga dapat menarik klien dari korporasi.

39 DIVERSIFIKASI KONSENTRIK Kondisi: Samsung memiliki posisi kompetitif yang kuat, tetapi daya tarik industri tidak cukup tinggi. Samsung masih mempunyai ceruk pasar dan belakangan ini sedang ditekuni, yaitu bidang elektronika kesehatan dan otomobil. Strategi: Samsung Elektronik dapat merambah bidang elektronika kesehatan dan melakukan pengembangan riset pada teknologi otomotif, yang mana komponennya akan difasilitasi oleh elektronika Samsung di dalamnya.

40 KESIMPULAN AKHIR Samsung merupakan perusahaan multibisnis yang merajai dunia elektronika, sebagai produsen ponsel terbesar di dunia, juga berhasil menyalip Apple diposisi puncak industry smartphone. Keadaan dan kemampuan riil dari Samsung Electronics co. saat ini berada pada posisi bersaing yang kuat dan pertumbuhan pasar yang cepat (kuadran I). Maka strategi yang tepat dijalankan adalah strategi ekspansi. Sesuai dengan kondisi dan kemampuan riil dari Samsung co. strategi-strategi yang dilaksanakan secara umum menggambarkan pengembangan dan diversifikasi melalui banyak cara atau inisiasi program, dengan dua poin utama adalah proyek ketat pada Research and Development serta gencar melakukan akuisisi perusahaan lain, baik perusahaan pemasok, pesaing, dll.. Seluruh strategi yang telah kami jelaskan di atas dapat menjadi amunisi bagi Samsung untuk mengukuhkan posisinya di pasar korporasi, yang dapat menjadi keunggulan dalam upayanya merebut dominasi pasar atau dengan kata lain memenangkan pasar.

41 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "ANGGOTA KELOMPOK: 1. RIDHA DEVI ANDINI A1B110021 2. LUH PUTU DYAH MADYAWATIA1B110003 3. CLARA NELTI FATIAA W.A1B110014 4. ADHAR ADIANSYAHA1B110040 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google