Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Rumah tinggal 3 Kamar Tidur Pertemuan 1,2 & 3 Matakuliah: Desain Interior II Tahun: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Rumah tinggal 3 Kamar Tidur Pertemuan 1,2 & 3 Matakuliah: Desain Interior II Tahun: 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Pengantar Rumah tinggal 3 Kamar Tidur Pertemuan 1,2 & 3 Matakuliah: Desain Interior II Tahun: 2009

3 Bina Nusantara University 3 Pengantar Desain Interior Ruang Adalah bahan terpenting di mata seorang perancang dan unsur utama dalam desain interior. Ruang mewarisi karakteristik estetis dan sensual unsur-unsur tersebut untuk bidangnya masing- masing. Ruang adalah substansi materi, seperti batu dan kayu. Walaupun demikian, ruang pada umumnya tidak berbentuk dan terdispersi. Ruang universil tidak mempunyai definisi.

4 Bina Nusantara University 4 Pengantar Desain Interior Ruang Arsitektur Unsur-unsur geometris seperti titik, garis, bidang dan volume dapat dirangkai untuk menegaskan dan membentuk ruang. Sebuah tiang menandakan adanya sebuah titik dalam ruang dan menjadikan titik tersebut terlihat nyata. Dua buah tiang membentuk sebuah membran ruang yang dapat kita lalui. Dengan menyangga sebuah balok, tiang-tiang berubah menjadi garis tepi sebuah bidang datar transparan.

5 Bina Nusantara University 5 Pengantar Desain Interior *Ruang dalam (Interior) adalah sebuah dinding, sebuah bidang masif, menandakan adanya sebagian dari ruang yang berbentuk dan memisahkan masing-masing kegiatan dari penghuninya. * Lantai membentuk dasar ruang dengan batas- batas teritorinya. *Atap memberi naungan untuk isi ruang yang ada di bawahnya.

6 Bina Nusantara University 6 Pengantar Desain Interior Desainer Interior adalah seorang yang kreatif yang berkerja untuk mengembangkan ide-ide menjadi objek dan lingkungan bagi manusia lain yang digunakan untuk berinteraksi. Kegiatan mendesain adalah kombinasi yang kompleks dari seni dan ilmu pengetahuan, Termasuk dalam lingkup interior desain adalah menciptakan atau membaharui lingungan ruang dalam yang di dalamnya mencakup struktur, furniture, dan sistem perlengkapan pendukung kehidupan (tata udara, tata cahaya).

7 Pengantar Desain Interior Desainer Interior profesional diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan produktivitas dengan memperhatikan faktor- faktor seperti: kesehatan, keamanan, kenyamanan Tugas seorang desainer interior : -Menganalisa kebutuhan client, tujuan dan persyaratan keamanan yang dibutuhkan -Menyatukan dan mencari jalan keluar dari temuan/permasalahan di lokasi dengan ilmu pengetahuan desain interior. -Merangkum perencanaan awal desain yang sesuai, fungsional dan secara estetis baik -Mengembangkan, dan menyajikan desain akhir kepada client dengan media presentasi yang baik

8 Pengantar Desain Interior Desainer Interior profesional diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan produktivitas dengan memperhatikan faktor- faktor seperti: kesehatan, keamanan, kenyamanan Tugas seorang desainer interior : -Menyiapkan gambar kerja (furniture lay out, pola lantai, ceiling, detail konstruksi, furniture,dan lain sebagainya) -Bekerjasama dan melakukan kordinasi dengan bidang lain seperti kontraktor sipil, arsitektur, lansekap desainer, mekanikal elektrikal konsultan, konsultan plumbing dan lain sebagainya. -Menyiapkan dokumen tender dan kontrak sebagai wakil dari client -Melakukan pengawasan dan pemeriksaan lapangan selama penyelesaian pekerjaan.

9 Bina Nusantara University 9 Definisi Rumah Tinggal Rumah tinggal merupakan tempat tinggal yang menampung kegiatan bersosialisasi dari lingkungan yang paling kecil atau paling sederhana (keluarga) dimana di dalamnya terdapat aktivitas utama seperti: bersosialisasi, makan, tidur, memasak, bermain dan lain sebagainya. Rumah tinggal: Dalam arti umum, rumah adalah bangunan buatan manusia yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu, menjadi tempat tingal untuk sebuah keluarga. (sumber:

10 Bina Nusantara University 10 Data Lokasi Lokasi

11 Bina Nusantara University 11 Denah Lokasi Rumah Tinggal Site Plan, peta lokasi rumah tinggal

12 Bina Nusantara University 12 Site plan

13 Bina Nusantara University 13 Survei Lokasi Arsitektur & Data Fisik Bangunan

14 Bina Nusantara University 14 Rumah, tampak bangunan

15 Bina Nusantara University 15 Survei Rumah Tinggal Bentuk Fisik dan Gaya Arsitektur Rumah Tinggal

16 Bina Nusantara University 16 Survei Rumah Tinggal Bentuk Fisik dan Gaya Arsitektur Rumah Tinggal

17 Bina Nusantara University 17 Arsitektur Rumah Tinggal

18 Bina Nusantara University 18 Suasana Ruang tidur utama. Bagaimana konsep desain, material lantai, dinding, ceilng, penghawaan/ pencahayaan alami/ buatan

19 Bina Nusantara University 19

20 Bina Nusantara University 20 Bathroom : material lantai,dinding,ceiling, sanitair, pencahayaan.

21 Bina Nusantara University 21 Bathroom : material lantai,dinding,ceiling, sanitair, pencahayaan.

22 Bina Nusantara University 22 Yang harus dipersiapkan dalam laporan hasil survey lapangan : - Foto-foto dari arsitektur maupun interior rumah, - Keterangan Lokasi dan Situasi Lingkungan, - Data Program Ruang, - Data Penghuni (pekerjaan, hobby, umur,dsb) - Data Material dan Bahan yang digunakan pada lantai, dinding dan ceiling - Dan detail lainnya ( furniture, asesoris, suasana ruang ) PERSIAPAN DATA SURVEY LAPANGAN

23 Bina Nusantara University 23 Sumber


Download ppt "Pengantar Rumah tinggal 3 Kamar Tidur Pertemuan 1,2 & 3 Matakuliah: Desain Interior II Tahun: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google