Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEVELOPING CREATIVITY. BERPIKIR KREATIF Menurut J.C. Coleman dan C.L. Hammen (1974), berpikir kreatif merupakan cara berpikir yang menghasilkan sesuatu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEVELOPING CREATIVITY. BERPIKIR KREATIF Menurut J.C. Coleman dan C.L. Hammen (1974), berpikir kreatif merupakan cara berpikir yang menghasilkan sesuatu."— Transcript presentasi:

1 DEVELOPING CREATIVITY

2 BERPIKIR KREATIF Menurut J.C. Coleman dan C.L. Hammen (1974), berpikir kreatif merupakan cara berpikir yang menghasilkan sesuatu yang baru - dalam konsep, pengertian, penemuan, karya seni.

3 BERPIKIR KREATIF D.W. Mckinnon (1962) menyatakan, selain menghasilkan sesuatu yang baru, seseorang baru bisa dikatakan berpikir secara kreatif apabila memenuhi dua persyaratan: sesuatu yang dihasilkannya harus dapat memecahkan persoalan secara realistis. hasil pemikirannya harus merupakan upaya mempertahankan suatu pengertian atau pengetahuan yang murni.

4 MENGAPA HARUS KREATIF? Hidup selalu berhadapan dengan masalah, maka perlu ide-ide untuk mengatasi masalah tersebut. Kita harus kreatif mencari ide-ide untuk memecahkan masalah tersebut. Persaingan tidak pernah berhenti.

5 Seringkali, yang membedakan diri Anda dengan karyawan lain ialah kreativitas Anda dalam mencari solusi, menghasil ide-ide terobosan, dan dalam menjalankan tugas Anda. Orang kreatif tidak menyerah, karena selalu memiliki solusi alternatif.. MENGAPA HARUS KREATIF?

6 FAKTOR PENUNJANG 01. Kemampuan kognitif Seseorang harus mempunyai kecerdasan. Ia harus secara terus- menerus mengembangkan intelektualitasnya.

7 FAKTOR PENUNJANG 02. Sikap terbuka Cara berpikir kreatif akan tumbuh apabila seseorang bersikap terbuka pada stimulus internal dan eksternal. Sikap terbuka dapat dikembangkan dengan memperluas minat dan wawasan.

8 You should see a man's face and also a word...

9 FAKTOR PENUNJANG 03. Sikap bebas, otonom, dan percaya diri. Berpikir secara kreatif membutuhkan kebebasan dalam berpikir dan berekspresi. Juga memerlukan kemandirian berpikir, tidak terikat pada otoritas dan konvensi sosial yang ada. Yang terpenting, ia percaya pada kemampuan dirinya.

10 1.MOTIVASI! Ini dilandasi sejauh mana menginginkan perbaikan dalam hidup atau sejauh mana sedang mengalami kesulitan. 2. Fokus pada peluang 3. Mencatat ide/pemikiran yang muncul tiba-tiba CARA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS

11 Carilah gambar kuda pada gambar dibawah ini!

12 CARA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS

13 4. Cobalah melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. 5. Berpikir “di luar kotak” Terbuka untuk pemikiran dan telaah baru Terbuka untuk titik awal dan perspektif baru CARA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS

14 Example: Terdapat 4 buah jilid buku Shakepeare di dalam rak buku. Ada seekor kutu buku berjalan dari halaman pertama jilid 1 sampai ke halaman terakhir jilid 4. Tebal tiap buku 2 inc. sedangkan tebal cover buku 1/6 inc. Berapa inci kah kutu buku itu sudah berjalan?

15 6. Mencoba untuk membuat hal aneh menjadi biasa dan hal biasa menjadi aneh untuk menghasilkan ide baru 7. Mengembangkan dan adaptasi ide dari lebih satu sumber 8.Katakan berulang-ulang SOLUSI yang diharapkan sampai meresap ke dalam pikiran bawah sadar, kemudian rileks 9.Buatlah langkah berani 10.Mulailah dari SEKARANG! CARA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS

16 Find color in these sentences. Example : 1.Newspaper editors decided to go on strike. (Red) 2.The cab lacked proper brakes to stop at the intersection. (Black) Now try these: 1.A big, old, hungry dog appeared at our door every morning. 2.The cop persuaded him not to create a disturbance. 3.He let out a big yell, owing to the injuries he received when he fell. 4.La Jolla venders decided to cut their prices in half. 5.Long rayon fabrics were loaded on the truck. 6.You shouldn't sell this fossil very cheaply because it is a rare specimen. 7.The new law hit everybody's pocketbook pretty hard.

17 CARA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS Manusia adalah unik, setiap orang bebas dan dapat mengembangkan caranya sendiri untuk menjadi kreatif. See & Learn!


Download ppt "DEVELOPING CREATIVITY. BERPIKIR KREATIF Menurut J.C. Coleman dan C.L. Hammen (1974), berpikir kreatif merupakan cara berpikir yang menghasilkan sesuatu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google