Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP KOMUNIKASI BROADBAND Kuliah-2. Ada beberapa keuntungan menggunakan komunikasi broadband : komunikasi broadband memungkinkan individu untuk bekerja.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP KOMUNIKASI BROADBAND Kuliah-2. Ada beberapa keuntungan menggunakan komunikasi broadband : komunikasi broadband memungkinkan individu untuk bekerja."— Transcript presentasi:

1 KONSEP KOMUNIKASI BROADBAND Kuliah-2

2 Ada beberapa keuntungan menggunakan komunikasi broadband : komunikasi broadband memungkinkan individu untuk bekerja dari rumah. Jika seorang freelancer, memiliki kesempatan untuk mengakses berbagai situs web dan dapat memberikan semua jenis pelayanan kepada konsumen melalui penggunaan komunikasi broadband. Menulis artikel yang diajukan serta produk yang dijual, menggunakan internet. Beberapa dari produk ini dapat dibeli melalui internet dengan menggunakan iklan baris yang mencakup penjualan buku, kolektor item atau barang rumah tangga. Komunikasi broadband memiliki banyak kegunaan positif dan telah memungkinkan keluarga untuk mengambil keuntungan dari kemampuan untuk mempelajari sejumlah informasi di seluruh dunia

3 Defenisi Broadband Istilah ”Broadband” berkaitan dengan teknik transmisi yang membawa beberapa kanal data melalui jaringan kabel biasa. Layanan DSL misalnya, menggabungkan kanal suara dan data yang terpisah pada jalur telepon, suara mengisi tempat pada spektrum frekuensi yang rendah sedangkan data mengisi pada spektrum frekuensi yang tinggi. Menurut rekomendasi ITU No. I.113, “Komunikasi broadband didefinisikan sebagai komunikasi dengan kecepatan transmisi 1,5 Mbps hingga 2,0 Mbps.”. Menurut FCC di amerika, “ komunikasi broadband dicirikan dengan suatu komunikasi yang memiliki kecepatan simetri (up-stream dan down-stream) minimal 200 kbps. Teknologi wireless yang ada diutamakan untuk layanan suara (voice) dan jika digunakan untuk menyalurkan data hanya akan diperoleh kecepatan sekitar 9600 bps saja, sedangkan teknologi broadband wireless menjanjikan layanan data (bisa berisi data multimedia) dengan kecepatan antara 1,5 mbps s/d 128 mbps.

4 Teknologi broadband wireless menggabungkan kemudahan-kemudahan yang didapat dari sistem wireless yang ada sehingga dapat : Memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses instalasi. Mempermudah perawatan dan perbaikan perangkat. Mengembangkan dan memperluas jaringan komunikasi

5 Teknologi DSL digunakan oleh operator penyelenggara fixed telephone (fixedcarrier) untuk optimasi penggunaan copper fiber yang ada, memiliki skala ekonomis pada infrastruktur yang ada, dan modem memiliki tingkat keamanan dan kualitas layanan yang baik pada bandwidth yang tinggi. Teknologi 3G yang diselenggarakan oleh operator-operator seluler memiliki karakteristik bahwa teknologi 2G didesain untuk layanan komunikasi berbasis voice dan data, mendukung mobilitas yang tinggi, dan teknologinya sudah mapan Teknologi wireless yang banyak mendapatkan perhatian baik dari calon operator, vendor, dan user adalah WiMAX. Beberapa hal yang menjadi keunggulan WiMAX, jika dibandingkan dengan teknologi WiFI antara lain adalah operator telekomunikasi dapat menghemat investasi perangkat karena kemampuan WiMAX dapat melayani pelanggannya dengan area yang lebih luas dan dengan kompatibilitas yang lebih tinggi.

6 Evolusi Telekomunikasi Teknologi akses dapat dibedakan atas teknologi berbasis wireline dan wireless. Evolusi teknologi akses wireline diawali dari PSTN berkembang ke ISDN lalu menuju ke DSL sebagai antisipasi komunikasi broadband. Teknologi wireless berevolusi dari generasi pertama (1G) yang analog, ke 2G yang digital dengan sistem yang terkenalnya global system for mobile communication (GSM) berkembang ke GPRS. Lalu berkembang ke 3G dengan teknologi yang dikenal sebagai Universal Mobile Telecommunication System (UMTS), lalu ke High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) dan Long Term Evolution (LTE) Bila pada GSM teknologinya berbasis TDMA yang masih narrow- band maka pada 3G dan seterusnya berbasis Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA) yang broadband.

7 Teknologi akses untuk data juga berkembang diawali dari Wireless Fidelity (Wi-Fi) dengan jangkauan untuk terbatas yang dikenal sebagai WLAN, dan teknologi Broadband Wireless Access (BWA) terkini adalah Worldwide Interoperability For Microwave Access (WiMAX) yang memiliki jangkauan luas dan kapasitas besar. WiMAX adalah teknologi broadband yang sangat menjanjikan dimasa kini dan mendatang. Wi-Fi berdasar pada standar IEEE , dan WiMAX berdasar pada standar IEEE Perkembanga internet juga mengalami kemajuan yang sangat luar biasa yang semula untuk dan FTP, kini mampu untuk chatting, web based application,portal serta kini telah mampu untuk mendukung VoIP dan IPTV Evolusi menuju teknologi yang konvergensi ke NGN, dimana jenis layanan juga berevolusi menjadi layanan triple play yang menjadi dasar layanan multimedia. Konvergensi bukan hanya dari layanan tetapi juga dari teknologinya seperti dikenalkannya teknologi Fixed Mobile Convergency (FMC) Selain itu seluruh teknologi telekomunikasi yang ada telah berbasis kepada teknologi Internet Protocol (IP) yang telah berorientasi Packet Swicth (PS) yang memilki keunggulan dibanding Circuit Switch (CS).

8 TEKNOLOGI AKSES BROADBAND Teknologi selular berkembang dari AMPS hingga GSM dan sekarang sudah masuk ke teknologi 3G. Oleh karena itu diperlukan teknologi akses yang lebih baik dibandingkan dengan WLAN dan Wi-Fi. Salah satu teknologi akses wireless broadband yang diperkirakan banyak digunakan untuk masa sekarang dan masa depan adalah WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access).

9 High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah suatu teknologi terbaru dalam sistem telekomunikasi bergerak yang dikeluarkan oleh 3GPP Release 5 dan merupakan teknologi generasi 3,5 (3,5G) Teknologi yang juga merupakan pengembangan dari WCDMA, sama halnya dengan CDMA 2000 yang mengembangkan EV-DO ini didesain untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. Salah satu teknologi komunikasi masa depan adalah teknologi 4G. Pada teknologi 4G ini akan berbasis teknologi IP yang mampu mengintegrasikan sistem-sistem serta jaringan-jaringan yang ada. Kecepatan akses yang dapat diberikan pada teknologi 4G ini dapat mencapai kisaran antara 100 Mbps sampai 1 Gbps, 4G didefinisikan sebagai jaringan yang dapat beroperasi pada teknologi internet serta mengkombinasikannya dengan aplikasi lainnya seperti Wi-Fi dan WiMAX

10 Teknologi 4G memiliki bandwith yang berkisar 100 Mbps (di dalam jaringan telepon) sampai 1 Gbps (di dalam jaringan Wi-Fi local). 4G tidak hanya mendukung satu standar teknologi, namun dapat mendukung gabungan dari beberapa teknologi serta protocol yang ada guna meningkatkan standar kecepatan keluaran yang dihasilkan Teknologi 4G diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan akses aplikasi nirkabel seperti MMS, video chatting, Mobile TV, High Definition TV (HDTV), serta Digital Video Broadcasting (DVB), serta pelayanan standar seperti suara yang lebih jernih dan jelas pada saat yang bersamaan (real-time system).

11 Penggunaan spectrum yang lebih efisien Kapasitas jaringan yang lebih besar Kecepatan data yang cepat minimal 100 Mbps untuk setiap node yang ada Handover yang baik ditengah kerumitan jaringan yang ada Kemampuan integrasi dengan beragam jaringan yang ada Transfer data dengan kualitas terbaik (realtime audio,high speed data access, mobile TV dan lainnnya) Sistem IP berbasis packet switched network Mendukung service multimedia interaktif Teleconference, Wireless Internet Global mobility, Service Portability, Low-cost service Skalabilitas untuk jaringan mobile Tujuan dari penerapan teknologi 4G

12 KOMPONEN JARINGAN beberapa komponen – komponen jaringan yang mendukung layanan komunikasi broadband : Video encoders adalah peralatan-peralatan yang digunakan untuk membuat video digital. Video server.pertama, berfungsi sebagai tempat penyimpan isi informasi yang akan dikirimkan. Kedua, bertanggungjawab untuk mengirimkan video, audio, dengan format dan protokol jaringan yang sesuai.. Interactive television application.ex: supporting VOD. Set top box adalah peralatan elektronik berfungsi sebagai antarmuka diantata set TV dan jaringan broadband. Customer primes equipmet adalah berbagai tipe jaringan yang terdapat pada sisi konsumen

13 KUALITAS LAYANAN Kualitas layanan dapat dibagi tiga : Deterministic guarantee, dimana memberikan jaminan kualitas layanan pada pelanggan dengan kepuasan penuh. Statistical guarantee, menyediakan jaminan kualitas layanan dengan berbagai kemungkinan. Best effort policy, tidak ada jaminan sama sekali.

14 Secara teknikal, kualitas layanan mensepakati parameter-parameter performansi dari system adalah sebagai berikut : Availability, ketersediaan suatu jaringan untuk dapat memberikan kualitas layanan yang diinginkan pelanggan. Throughput, efektifitas jaringan dalam mentransfer rate data, tetapi bukan ukuran maksimum kapasitas yang diberikan. Penggunaan jaringan bersama-sama dapat mengurangi efektifitas troughput. Packet Loss, berapa banyak paket yang diperbolehkan untuk hilang, sehingga kualitas layanan tetap terjaga. Suatu jaringan yang dikelola dengan baik memiliki paket loss kurang 1% dari rata-rata setiap bulannya. Latency,waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan paket dari sumber ke tujuan, Jitter, variasi dari penundaan.


Download ppt "KONSEP KOMUNIKASI BROADBAND Kuliah-2. Ada beberapa keuntungan menggunakan komunikasi broadband : komunikasi broadband memungkinkan individu untuk bekerja."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google