Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

V O I P (Voice Over Internet Protocol) Bea arifa 9 / 9B.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "V O I P (Voice Over Internet Protocol) Bea arifa 9 / 9B."— Transcript presentasi:

1 V O I P (Voice Over Internet Protocol) Bea arifa 9 / 9B

2 V O I P VoIP adalah singkatan dari Voice over Internet Protocol. VoIP ini merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan percakapan jarak jauh melalui media internet.

3 Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak milik dan standar serta protokol terbuka, seperti contohnya : 1.H Media Gateway Control Protocol ( MGCP) 3.Session Initiation Protocol ( SIP ) 4.Real-time Transport Protocol ( RTP ) 5.Session Description Protocol ( SDP ) 6.Inter-Asterisk eXchange ( IAX ) 7.Skype Protokol

4 Aplikasi VoIP dan Keamanannya Salah satunya di aplikasi Skype yang merupakan software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Dan karena dimilikinya public key, pengguna akan disertifikasi oleh server, maka Skype secara otomatis akan mengenkripsi semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.

5 Keuntungan VoIP 1.Biaya lebih rendak untuk sambungan langsung jarak jauh. 2.Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. 3.Pengguna bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. 4.Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. 5.Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Con : VoIP Rakyat ( )www.voiprakyat.or.id 6.Variasi penggunaan peralatan yang ada.

6 Kelemahan VoIP 1.Kualitas usara tidak sejernih jaringan PSTN. 2.Ada jeda dalam berkomunikasi. 3.Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom. 4.perlu janji untuk saling berhubungan,jika belum terhubung secara 24 jam ke internet. 5.Dibutuhkan konfigurasi khusus jika memakasi internet dan komputer di belakang NAT ( Network Address Translation ). 6.Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melalui internet. 7.Peralatan relatif mahal. 8.Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat. 9.Penggabungan jaringan tanpa koordinasi akan menimbulkan kekacauan

7 Komunitas VoIP Komunitas pengguna/ pengembang VoIP di masyarakat telah berkembang pada tahun 2000.Komunitas awal VoIP adalah “ VoIP Merdeka” yang dicetuskan oleh Onno W. Purbo.Kode Area nya merupakan Pada tahun 2005, Anton Raharja dkk dari ICT Center Jakarta mengembangkan VoIP jenis baru berbasis Session Initiation Protocol ( SIP )

8 ( situs komunitas pengguna VoIP di Indonesia.) dsp.itb.ac.id ( situs kelompok penelitian teknologi VoIP di ITB.) NF Computer ( Layanan Inhouse Training VoIP untuk Instansi.)

9 TERIMA KASIH


Download ppt "V O I P (Voice Over Internet Protocol) Bea arifa 9 / 9B."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google