Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TINJAUAN PERUSAHAAN PERMASALAHAN PROSEDUR SISTEM BERJALAN KESIMPULAN & SARAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TINJAUAN PERUSAHAAN PERMASALAHAN PROSEDUR SISTEM BERJALAN KESIMPULAN & SARAN."— Transcript presentasi:

1

2

3 TINJAUAN PERUSAHAAN PERMASALAHAN PROSEDUR SISTEM BERJALAN KESIMPULAN & SARAN

4

5 Nama Perusahaan : FWAFSE “ThinkCake”. Tanggal Berdiri: 1 Oktober Lokasi: Jl. Garuda II Selakopi Ciomas Rt 01/04 Kel. Pasir Mulya Kec. Bogor Barat, Kota Bogor. Serta di dalam Mall Trade Bogor Lantai 3. Komoditi Produksi: Choco and Chesee Cake Konsumen : 1. Anak-anak, Remaja, Orangtua, Mahasiswa, Pelajar. 2. Warga sekitar Rumah.

6 Pasar yang dimasuki : Pasar yang dimasuki yaitu sebagai follower market karena telah ada usaha sejenis, namun dalam pelaksaannya kami menggunakan cara promosi dan penyajian yang berbeda dari usaha lain yang sejenis sehingga terlihat lebih menarik. Partner yang akan diajak kerjasama : Selama awal usaha ini kami melakukan kerjasama dengan pihak Pengelola Mall Trade Bogor serta Supermarket Bpk. Acong saja. Namun kedepannya akan banyak perusahaan yang akan kami ajak kerjasama seperti : toko penjualan kue, perusahaan komersil, instansi-instansi pemerintah, dsb. P ersonil / Sumber Daya Manusia : Personil/SDM yang turut bergabung dalam perusahaan ini adalah orang- orang yang ahli di bidangnya masing- masing yang telah lulus uji scara selektif. Adapun susunan kepengurusan perusahaan sebagai berikut :

7 PIMPINAN PERUSAHAAN SRI MULYANI KABAG PRODUKSI HESTI IRFANIAH KABAG PEMASARAN HENNY KABAG KEUANGAN RISCHA CHEF FEBRIANTI KASIR FAHRIA

8 VISI & MISI FWAFSE “Think Cake” VISI: Menjadikan FWAFSE “Think Cake” menjadikan PT yang dapat menghasilkan kue yang baik serta memberikan variasi-variasi kue yang dapat di nikmati oleh semua kalangan, serta menjamin kesehatan bagi konsumen. MISI : 1. Memberikan Variasi Rasa serta Inovasi. 2. Menggunakan Bahan-bahan yang berkualitas dan sehat 3. Menyediakan Ukuran kue dari yang kecil sampai yang besar. 4. Memberikan pelatihan kepada karyawan.

9 Keterangannya :  Proses pertama dimulai dari membeli bahan kue ke supermarket.  Lalu tahap selanjutnya melakukan pengecekan bahan yang akan digunakan.  Setelahnya kirim barang ke bag produksi atau chef.  Proses selanjutnya membuat adonan kue.  Setelah selesai membuat adonan lanjut ke dalam proses pencetakan kue.  Pencetakan selasai lanjut untuk ke proses pengukusan.  Setelah dikukus kue langsung masuk ke proses finishing agar bisa di jual.  Proses terakhir yaitu kirim ke pihak pemasaran agar kue dapat di pasarkan. MEMBELI BAHAN PROSES PEMBUATAN ADONAN PROSES PENGUKUSAN PROSES FINISHING KIRIM KE BAG PRODUKSI PROSES PENCETAKAN PENGECEKAN PEMASARAN

10 STRATEGI PEMASARAN 1. Product: Choco And Cheese Cake 2. Promotion : - Menyebar Brosur Kejalan dan angkutan umum. - Memberikan Diskon 15% jika membeli lebih dari lima kue. 3. Place: Di Mall Trade Bogor Dan Dirumah sendiri. 4. Price: Harga bervariasi dari Rp s/d Rp Didalam menganalisa strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan. Kami harus memberikan kesimpulan mengenai sebab- sebab naik turunnya hasil penjualan kami, maka kami melakukan pengkajian hasil Choco And Cheese Cake serta relisasi kegiatan perencanaan pemasaran ini kami menggunakan strategi SWOT yaitu : S = Strenght artinya Kekuatan W = Weakness artinya Kelemahan O = Opurtunity artinya Peluang T = Theart artinya Amcaman Hal ini merupakan rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

11 KARAKTERISTIK SISTEM 1. KOMPONEN ( COMPONENT ) Ada beberapa komponen yang terdapat di dalam FWAFSE “Think Cake” diantaranya yaitu : Chef, Konsumen, Bagian Pemasaran, Bagian Keuangan, Bagian Produksi, Kasir, Owner. 2. LINGKUNGAN LUAR ( ENVIRONMENT ) Lingkungan luar yang bekerjasama dengan FWAFSE “Think Cake” itu ada beberapa perusahaan diantaranya yaitu : Pengelola Mall Trade Bogor serta Supermarket Bpk. Acong. 3. BATASAN ( BOUNDARY ) Batasan dapat ditinjau dari ukuran cake dan dapat di tinjau dari banyaknya pemesanan cake konsumen.

12 4. JALINAN ( INTERFACE ) a. Kasir Bagian Produksi Kertas Pesanan. b. Bagian Produksi (Chef)Kasir Cake, Kertas Pesanan. c. KasirKonsumen Cake, Kwitansi. d. KonsumenKasir Cake e. KasirBagian Keuangan Laporan Data Pendapatan dan Penjualan. f. Bagian KeuanganOwner Laporan Data Penjualan dan Laporan Data Pendapatan. 5. MASUKAN ( INPUT ) Kertas Pesanan.

13 6. PROSES ( PROCESS ) a.Chef Melakukan pemmbuatan cake yang dipesan konsumen serta memberikan hasil kue kepada kasir. b.Kasir Mencatat pesanan konsumen dan meyerahkannya kepada bagian produksi atau chef. c.Konsumen Melakukan transaksi pemesanan cake kemudian melakukan pembayaran. d.Bagian Pemasaran Membantu memasarkan cake dan memecahkan permasalahan mengenai pemasaran cake. e.Bagian Keuangan Memanajemen pengeluaran dan pendapatan. f.Bagian Produksi Membantu chef untuk mengelola kebutuhan yang dibutuhkan di dapur.

14 7. KELUARAN ( OUTPUT ) Kwitansi, Laporan Data Penjualan dan Laporan Data Pendapatan. 8. SASARAN / TUJUAN ( GOAL ) Tujuan FWAFSE “Think Cake” ini agar termenejemen dengan baik dan benar serta dapat memberikan atau memberikan informasi yang akurat dan relevan serta lebih cepat dari sistem yang dulu. TOOL BLOK 1. BLOK INPUT Blok input yang digunakan FWAFSE “Think Cake” yaitu : 1. Keyboard 2. Mouse

15 2. BLOK OUTPUT Blok output yang digunakan FWAFSE “Think Cake” yaitu : 1. Printer 2. Monitor 3. BLOK MODEL Blok model yang digunakan FWAFSE “Think Cake” yaitu : 1. Microsoft Excel (digunakan untuk membackup data) 4. BLOK TEKHNOLOGI Blok tekhnologi yang digunakan FWAFSE “Think Cake” yaitu : 1. Internet ( ) 2. Whatsapp 5. BLOK DATABASE Blok database yang digunakan FWAFSE “Think Cake” yaitu : 1. Microsoft Excel

16 6. BLOK CONTROL Blok control yang digunakan FWAFSE “Think Cake” yaitu : 1. Anti Virus Smadav and Avira 2. Microsoft Excel untuk membackup segala data yang ada di FWAFSE “Think Cake”. STATUS HUKUM BADAN USAHA Bentuk badan usaha kami adalah perusahaan perseorangan yang berstatus hukum badan usaha formal dan merupakan usaha kecil atau menengah.

17 Adapun permasalahan-permasalahan yang FWAFSE “Think cake” hadapi yaitu diantaranya : 1. Tidak Cepatnya para pegawai menyediakan pesanan konsumen dikarenakan peralatan yang kurang memadai. 2. Banyak konsumen yang membatalkan pesanan. 3. Terkadang masih terjadi Gosong dan tidak sempurnanya hasil kue. Dari permasalahan yang ada dengan berjalannya waktu FWAFSE “Think Cake” ini pun mencoba mengurangi permasalahan yang ada dengan cara : 1. Menambah peralatan yang ada. 2. Lebih tegas terhadap konsumen. 3. Memperkejakan Chef yang lebih profesional.

18 KESIMPULAN Kesimpulan dari makalah mengenai sistem informasi manajement FWAFSE “Think Cake” ini yaitu :  FWAFSE “Think Cake” ini berjalan di bidang usaha kue.  FWAFSE “Think Cake” ini masih menggunakan sistem yang manual hanya menggunakan aplikasi Microsoft Excel yang berfungsi hanya untuk membackup segala data yang ada.  FWAFSE “Think Cake’ ini juga menggunakan Strategi pemasaran 4p (Product, Promotion, Place, dan price). Serta menggunakan strategi SWOT.  FWAFSE “Think Cake” ini juga menggunakan karakteristik sistem berjalan yang sama dengan usaha-usaha yang lain dengan menggunakan karakteristik sistem seperti terdiri dari : (Component, Environment (Lingkungan Luar), Boundary (Batasan), Interface (Jalinan), Input (Masukan), Output (Keluaran), Process (Proses), Goal (Sasaran/Tujuan)).

19 FWAFSE “Think Cake” ini juga menggunakan Tools Blok yang masih sederhana yang sering digunakan oleh banyak orang seperti :  Blok Input yang digunakan: Mouse, Keyboard.  Blok Output yang digunakan : Printer, Monitor.  Blok Model yang digunakan: Microsoft Excel.  Blok Tekhnologi yang digunakan: , Whatsapp, Internet.  Blok Database yang digunakan: Microsoft Excel.  Blok Control yang digunakan: Anti virus Smadav dan Avira.

20 SARAN Dalam menganalisa suatu usaha kita membutuhkan banyak sekali pengetahuan khusus terlebih dahulu seperti mengenai : Segmentasi Pasar, Karakteristik Sistem, Tools Blok. Dan yang penting lagi kita harus membuat Visi dan Misi untuk usaha yang akan kita buat karena dengan adanya visi dan misi usaha kita akan lebih terarah.

21


Download ppt "TINJAUAN PERUSAHAAN PERMASALAHAN PROSEDUR SISTEM BERJALAN KESIMPULAN & SARAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google