Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

意味論 Dewi Puspitasari. 意味論 Cabang ilmu linguistik yang mengkaji tentang makna. Objek kajian Semantik: 1.Makna kata 語の意味 2.Relasi makna 語の意味関係 3.Makna Frase.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "意味論 Dewi Puspitasari. 意味論 Cabang ilmu linguistik yang mengkaji tentang makna. Objek kajian Semantik: 1.Makna kata 語の意味 2.Relasi makna 語の意味関係 3.Makna Frase."— Transcript presentasi:

1 意味論 Dewi Puspitasari

2 意味論 Cabang ilmu linguistik yang mengkaji tentang makna. Objek kajian Semantik: 1.Makna kata 語の意味 2.Relasi makna 語の意味関係 3.Makna Frase 句の意味 4.Makna kalimat 文の意味

3 1. 語の意味 Sinonim 類義語 Polisemi 多義語 2. 語の意味関係 Menentukan hubungan tiap kata apakah besinonim (類義語), berantonim (反義関 係), hubungan superordinat (上下関係).

4 3. 句の意味 足を洗う Bermakna leksikal dan bermakna ideomatikal. 4. 文の意味 A: きみ時計を持ってる? B: いや、持ってない・はい、持ってる C: 10時だよ。

5 Jenis Makna Makna leksikal dan Makna Gramatikal (辞書的意味・語彙的意味)と(文法的 意味) Makna denonatif dan makna konotatif (明示的意味)と(暗示的意味) 例:化粧室と便所 Makna dasar dan makna perluasan (基本儀)と(転義) 例:頭がいい

6 語の研究(類義語) 1.Intuitif bahasa 2.Beberapa kata jika diterjemahkan ke dalam bahasa asing akan menjadi satu kata. 3.Dapat menduduki posisi yang sama dalam suatu kalimat. 4.Dapat saling disubstitusikan. 5.Melakukan analisis. 6.Membuat simpulan / generalisasi.

7 触れる・触る Makna leksikal “menyentuh”, yaitu digunakan untuk menyatakan adanya gejala sentuhan atau persinggungan antara dua benda. 作品に触れないでください。 作品に触らないでください。 (Shibata, 1976:122)

8 触れる 木の枝が電線に触れている。 Penggunaan fureru pada kalimat dapat dikatakan gramatikal, sedangkan penggunaan sawaru tidak gramatikal. Hal ini dikarenakan persentuhan yang terjadi adalah antara benda padat eda ‘dahan’ dengan benda padat yang lain densen ‘kawat listrik’. Maka tidak dapat menggunakan sawaru, karena hanya dapat menggunakan fureru.

9 触る スイッチに触る。 Kalimat di atas menggunakan sawaru dan tidak dapat disubtitusi dengan fureru. Sentuhan pada kalimat di atas adalah jenis sentuhan yang memiliki tekanan (touch) dan dilakukan karena adanya niat untuk melakukan persentuhan. Dalam kondisi seperti ini tidak dapat menggunakan fureru karena jenis sentuhannya ringan (soft touch).

10 Simpulan Persamaan: Sama-sama memiliki makna leksikal ‘menyentuh’. Digunakan untuk menyatakan adanya gejala sentuhan atau persinggungan antara dua benda. Gejala persinggungan tersebut adalah antara bagian tubuh manusia dengan benda padat.

11 触れる触る Makna leksikalbersentuh; bersentuhan; tersentuh; menyinggung. meraba; dan menjamah Objek persinggunganKongkret (manusia, benda padat, cair, gas, cahaya) dan Abstrak (peraturan, pembicaraan dll). kongkret yaitu antara bagian tubuh manusia dengan benda padat saja Jenis sentuhanringan (soft touch),sentuhan yang bertekanan (touch). Kondisiadanya niatan ataupun tidak untuk menyentuh adanya niat untuk menyentuh Gejala persinggungantidak dapat dirasakan secara langsung tetapi dapat ditangkap oleh bagian tubuh manusia (mata, telinga, dll) dapat ditangkap atau dirasakan oleh bagian tubuh manusia secara langsung (tangan, kaki, dll)


Download ppt "意味論 Dewi Puspitasari. 意味論 Cabang ilmu linguistik yang mengkaji tentang makna. Objek kajian Semantik: 1.Makna kata 語の意味 2.Relasi makna 語の意味関係 3.Makna Frase."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google