Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OKTYANTO DIVERSIFALIA, 2503405503 Pembelajaran Musik Drum Band Dengan Menggunakan Metode Pola Berhitung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OKTYANTO DIVERSIFALIA, 2503405503 Pembelajaran Musik Drum Band Dengan Menggunakan Metode Pola Berhitung."— Transcript presentasi:

1 OKTYANTO DIVERSIFALIA, Pembelajaran Musik Drum Band Dengan Menggunakan Metode Pola Berhitung

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : OKTYANTO DIVERSIFALIA - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Musik) - JURUSAN : Seni Drama, Tari, dan Musik - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - oky_sobatpadi pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Syahrul Syah Sinaga, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Drs. Udi Utomo, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul Pembelajaran Musik Drum Band Dengan Menggunakan Metode Pola Berhitung

4 Abstrak Oktyanto Diversifalia Pembelajaran Musik Drum Band Dengan Menggunakan Metode Pola Berhitung. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I: Drs. Syahrul Syah Sinaga, M. Hum. Pembimbing II: Drs. Udi Utomo, M. Si. Musik adalah rangkaian bunyi ekspresif yang disusun dengan maksud membangkitkan respon manusia. Setiap orang pasti mempunyai respon sendiri- sendiri ketika mereka mendengarkan bunyi-bunyian yang ekspresif, begitu halnya yang terjadi pada anak-anak TK dan juga SD. Di TK maupun SD kebanyakan mempunyai ekstrakurikuler musik, pada umumnya ekstrakurikuler tersebut adalah ekstrakurikuler musik drum band. Dari penjelasan singkat diatas, munculah rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu: bagaimana metode pola berhitung dalam pembelajaran musik drum band dan bagaimana proses pembelajaran musik drum band dengan menggunakan metode pola berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan: metode pola berhitung dalam pembelajaran musik drum band dan proses pembelajaran musik drum band dengan menggunakan metode pola berhitung. Manfaat yang bisa diambil dari penelitian ini yaitu bisa menambah referensi tentang pembelajaran musik drum band dengan menggunakan metode pola berhitung dan juga memberikan gambaran obyektif tentang pembelajaran musik drum band dengan menggunakan metode pola berhitung di Taman Kanak- kanak dan Sekolah Dasar. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan juga teknik purposive samples. Jadi akan diambil sampel salah satu TK dan SD di Semarang yang menggunakan metode pola berhitung dalam pembelajaran musik drum band. Metode pola berhitung adalah suatu cara yang digunakan untuk mempermudah pembelajaran musik drum band pada siswa TK dan SD. Pola-pola yang akan diajarkan harus disesuaikan dengan birama lagu yang akan diajarkan. Ada kemungkinan bahwa birama yang sama mempunyai pola yang sama pula, namun terkadang lagu yang sama bisa mempunyai pola yang berbeda. Aba-aba yang digunakan dalam metode pola berhitung adalah ”tu, wa, ga, pat, ma, nam, juh, pan” dan juga aba-aba ”silang, berhenti, dan jram”. Agar terdapat variasi dalam pembelajaran terdapat aba-aba lain yaitu menggunakan huruf abjad ”A, B dan C”. Kesimpulan yang yang bisa diambil adalah pembelajaran musik drum band menggunakan metode pola berhitung adalah suatu cara yang digunakan untuk mempermudah pembelajaran musik drum band pada siswa TK dan SD.

5 Kata Kunci

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "OKTYANTO DIVERSIFALIA, 2503405503 Pembelajaran Musik Drum Band Dengan Menggunakan Metode Pola Berhitung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google