Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NUTRISI DAN SEHAT ALAMI By : NUR FARIDA HANDAYANI, AMd.Gizi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NUTRISI DAN SEHAT ALAMI By : NUR FARIDA HANDAYANI, AMd.Gizi."— Transcript presentasi:

1 NUTRISI DAN SEHAT ALAMI By : NUR FARIDA HANDAYANI, AMd.Gizi

2 KESEHATAN : SEBUAH TANGGUNG JAWAB PRIBADI Makanan Adalah Kunci Kesehatan “ We are what we eat ” Tubuh manusia terdiri atas unsur2 atom seperti oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen, kalsium, fosfor, potassium, belerang, sodium, magnesium, zat besi, iodin, klorin, fluorin dan silikon. Jika unsur2 tsb tdk seimbang → sakit.

3 FITOKIMIA Fitokimia atau kadang disebut dengan Fitonutrien, dalam arti luas adalah segala jenis zat kimia atau nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuh2an termasuk buah dan sayur. Fitokimia mempunyai efek yang menguntungkan bagi kesehatan / mempunyai peran aktif bagi pencegahan penyakit.

4 MACAM-MACAM FITOKIMIA 1. KAROTENOID - Adalah pigmen pemberi warna pada buah dan sayur. - manfaat : mencegah serangan jantung, stroke, kebutaan, kanker dan menurunkan penuaan. 2. BETA KAROTEN - Fungsinya hampir sama dg karoten - banyak terdapat pd buah berwarna kuning, seperti mangga, pepaya, wortel, labu dan jg ada pd sayur hijau.

5 3. LUTEIN - untuk kesehatan mata - terdapat pd bayam, selada, kiwi, brokoli 4. LIKOPEN - mencegah serangan jantung dan kanker prostat. - terdapat pd sayur warna merah seperti tomat, paprika merah, semangka, wortel

6 5. ZEAXANTHIN - mencegah degenerasi molekuler dan kanker - terdapat pd jagung dan bayam 6. FLAVONOID - merupakan antioksidan yang menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kanker, jantung dan penuaan dini - terdapat pd jeruk, kiwi, apel, anggur merah, brokoli, the hijau.

7 7. RESVERATROL - mencegah penyakit jantung,kanker, penyumbatan pembuluh darah dan stroke - terdpt pd anggur merah 8. QUERSETIN - mengurangi peradangan akibat alergi - menghambat pertumbuhan kanker di kepala, leher, melindungi paru2 dr efek polutan - terdpt pd apel, pear, anggur merah, selada, brokoli, the hijau.

8 9. HISPERIDIN - melindungi dr serangan penyakit jantung - terdpt pd kelompok buah jeruk 10. TANGERITIN - mencegah kanker di kepala dan leher - terdpt pd buah jeruk dan jusnya 11. ANTOSIANIN - mencegah penggumpalan drh, dan stroke - terdpt pd buah strawberry, kiwi dan plum

9 12. SULFORAFEN - mencegah resiko kanker usus besar - terdpt pd sayuran crucifera spt kembang kol, brokoli, kubis dan bokchoy. 13. LIMONEN - adl fitokimia yang ada pd bagian kulit dan selaput putih buah dalam kelompok jeruk spt jeruk orange, mandarin, limau, lemon,jeruk nipis - melindungi paru2 dan menurunkan resiko kanker

10 14. ASAM ELLAGAT - adl senyawa fenolat yang bisa menurunkan resiko kanker dan menurunkan kadar kolsterol - terdpt pd anggur merah,kiwi, strawberry.

11 APEL mengatasi beragam penyakit “MAKANLAH apel setiap hari dan tubuh akan terhindar dari penyakit". Demikian makna peribahasa Inggris, "An apple a day keeps the doctor away". 1. Menurunkan kadar kolesterol selain menurunkan kolesterol jahat, apel juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kandungan pektin dan asam D-glucaric dalam apel berjasa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 2. Mencegah kanker dan menyehatkan paru- paru 3. Mencegah penyakit jantung dan stroke

12 4. Menurunkan berat badan Sebagai sumber serat yang baik, apel baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Apel merupakan camilan yang sangat baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan karena kadar seratnya tinggi, sehingga mencegah rasa lapar datang lebih cepat. 5. Menjaga kesehatan gigi Apel juga mengandung tanin, zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal. Penyakit gusi ini disebabkan saling menempelnya bakteri pembentuk plak. Itu menurut Journal of American Dental Association (1998).

13 6. Membuat perempuan tetap cantik Kandungan boron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di kala menopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantung, osteoporosis. 7. Melindungi tubuh dari virus flu

14 WORTEL (Daucus carota) RAJANYA VITAMIN A Baik Untuk Penglihatan dan Imunitas Mencegah kanker Menurunkan kolesterol darah Di dalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Mana yang lebih baik mentah atau matang?

15 TOMAT ( Solanum lycopersicum ) Ternyata, kandungan tomatine pada tomat berkhasiat anti- radang. Tomat juga mengandung karoten dan vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan. Sementara asam sitratnya juga mengangkat kotoran dan lemak pada wajah berjerawat. menyeimbangkan fungsi lever tomat memiliki kekayaan garam mineral. Mineral-mineral itulah yang merangsang aliran air liur, sehingga menambah rasa lapar sekaligus memungkinkan makanan dicerna lebih baik. Jadi, mengonsumsi tomat dapat meningkatkan nafsu makan.

16 TERIMA KASIH


Download ppt "NUTRISI DAN SEHAT ALAMI By : NUR FARIDA HANDAYANI, AMd.Gizi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google