Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Wilda Yuliana Syarip G34120068 APEL. Pendahuluan Buah apel termasuk buah subtropik yang disukai banyak orang. Apel dapat diolah menjadi berbagai minuman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Wilda Yuliana Syarip G34120068 APEL. Pendahuluan Buah apel termasuk buah subtropik yang disukai banyak orang. Apel dapat diolah menjadi berbagai minuman."— Transcript presentasi:

1 Wilda Yuliana Syarip G APEL

2 Pendahuluan Buah apel termasuk buah subtropik yang disukai banyak orang. Apel dapat diolah menjadi berbagai minuman dan makanan. Diantaranya jus apel, sari buah apel, pie apel, dan permen apel. Selain disukai oleh manusia, apel pun menarik perhatian para mikroba. Salah satunya adalah bakteri Listeria monocytogenes. L. monocytogenes merupakan bakteri gram positif berbentuk batang, dapat berbentuk tunggal maupun koloni.

3 Listeria monocytogenes Suhu optimum pertumbuhan L. monocytogenes adalah 35 – 37°C. Bakteri ini mampu tumbuh pada temperatur 1 – 50° C dan dapat hidup pada pH 4,3 – 9,4.

4 Infeksi Gambar 1 Rute infeksi L. monocytogenes

5 Penyebab Kontaminasi O Pelukaan jaringan pada buah apel akibat pengupasan, pemotongan dan pengirisan menyebabkan resiko kontaminasi oleh mikroba menjadi lebih besar. O Kandungan air dan aktivitas air (a w ) yang tinggi dan kandungan nutrisi yang baik.

6 Solusi O Penyimpanan dan pengemasan buah yang baik. Hindari pelukaan pada jaringan apel. O Pengurangan kadar air dengan pengolahan makanan. O Pengurangan kadar air dengan metode freeze drying.

7 Terima Kasih


Download ppt "Wilda Yuliana Syarip G34120068 APEL. Pendahuluan Buah apel termasuk buah subtropik yang disukai banyak orang. Apel dapat diolah menjadi berbagai minuman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google