Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Etika dalam Periklanan Pertemuan 13 Matakuliah: U0492 Periklanan 1 Tahun: 2009 - 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Etika dalam Periklanan Pertemuan 13 Matakuliah: U0492 Periklanan 1 Tahun: 2009 - 2010."— Transcript presentasi:

1

2 Etika dalam Periklanan Pertemuan 13 Matakuliah: U0492 Periklanan 1 Tahun:

3 Bina Nusantara University 3 Iklan itu menipu? Sering terjadi pro dan kontra di masyarakat mengenai iklan. Sedikit banyak harus diakui bahwa dampak iklan di masyarakat sangat berpengaruh dan cukup signifikan. Dengan begitu banyaknya bombardir iklan dalam keseharian kita banyak juga yang mengeluhkan bahwa iklan itu menyesatkan bahkan menipu.

4 Bina Nusantara University 4 does advertising lie ? ‘the vast majority of advertisers and agencies consider truthful advertising to be in their own best interest. It is a matter of common sense. untruthful advertising is a false promise for a product or service. then what you’ve got is a dissatisfied customer. no business can survive by accumulating unhappy customers. LEONARD S. MATTHEWS, former president of the American Association of Advertising Agencies (4AS)

5 Bina Nusantara University 5 Iklan itu memiliki etika dan moral? Banyak juga dari pemerhati Iklan khususnya para konsumen menganggap bahwa iklan tidak memandang moral dan etika. Disini dituntut dari para praktisiiklan bahwa mereka pun secara etika adalah pembuat iklan namun perlu diingat pula bahwa sebagai praktisi iklan juga harus memiliki tanggung jawab moral terhadap karya mereka.

6 Bina Nusantara University 6 Etika dalam periklanan Salah satu untuk memberikan hak dan perlindungan bagi konsumen maka hendaknya dalam beriklan juga harus menggunakan etika atau tata cara. Tata cara dalam beriklan ini dibuat menjadi Undang-undang Periklanan atau disebut juga Etika Periklanan Indonesia (EPI) oleh asosisasi periklanan di indonesia yaitu P3I dan juga Badan Pengawas Periklanan.

7 Bina Nusantara University 7 Menciptakan iklan yang “jujur” dan bertanggung jawab Memberikan perlindungan terhadap konsumen Konsumen yang semakin kritis Etika dalam periklanan

8 Bina Nusantara University 8 Salah satu nya adalah penggunaan kata-kata “superlative” Untuk itu diperlukan juga kejelian si copywriter dalam meramu kata kata dalam membuat naskah iklan Nomor Satu Paling… Top Awalan Ter… Satu-satunya Copywriting

9 Bina Nusantara University 9 Visual Jika terdapat visual yang memperlihatkan adegan berbahaya harus ada supers yang mengatakan bahwa “seluruh adegan ini menggunakan aktor yang terlatih” atau “ Seluruh adegan ini adalah khayalan belaka” Tidak boleh membandingkan dengan produk lain secara langsung

10 Bina Nusantara University 10 Sekian & Terima Kasih


Download ppt "Etika dalam Periklanan Pertemuan 13 Matakuliah: U0492 Periklanan 1 Tahun: 2009 - 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google