Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB XIII PUSH DOWN AUTOMATA ( PDA ). Mekanisme Kerja PDA PDA merupakan mesin automata dari bahasa bebas konteks. PDA didefinisikan sebagai sebuah tempat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB XIII PUSH DOWN AUTOMATA ( PDA ). Mekanisme Kerja PDA PDA merupakan mesin automata dari bahasa bebas konteks. PDA didefinisikan sebagai sebuah tempat."— Transcript presentasi:

1 BAB XIII PUSH DOWN AUTOMATA ( PDA )

2 Mekanisme Kerja PDA PDA merupakan mesin automata dari bahasa bebas konteks. PDA didefinisikan sebagai sebuah tempat penyimpanan yang tidak terbatas berupa stack / tumpukan. Stack ialah kumpulan dari elemen-elemen sejenis dengan sifat penambahan elemen melalui suatu tempat yang disebut top of stack ( top stack)

3 Aturan pengisian stack adalah Last In First Out ( LIFO ) Pengambilan elemen dari stack dinyatakan dengan operasi pop. Memasukkan elemen ke dalam stack dengan operasi push. Setiap elemen stack bisa memuat satu simbol, yang disebut simbol stack.

4 Contoh sebuah stack : A D E D E TOP Stack Bila dilakukan operasi POP, maka kondisi stack menjadi : Bila dilakukan operasi push B, maka kondisi stack menjadi : A D E

5 Sebuah Push Down Automata dinyatakan dengan 7 tupel, dimana : Q= Himpunan state.  = Himpunan simbol input  = Simbol-simbol tumpukan/ stack  = Fungsi transisi S= State awal, S  Q F= Himpunan final state Z= Simbol awal tumpukan/ top stack Definisi untuk Q, , S, F sama dengan yang ada pada finite state automata. Tupel baru disini adalah  dan Z yang berhubungan dengan stack.  memiliki kemiripan dengan  pada finite state automata.

6 Push Down Automata bisa pula dianggap seperti Finite State Automata yang dilengkapi stack. Sebuah PDA yang menerima input, selain bisa berpindah state juga bisa melakukan operasi pada stack. Kondisi / konfigrasi PDA dinyatakan dengan state dan stack.

7 Fungsi transisi bisa dibaca sebagai berikut :  (q 1, a, Z) = {(q 1, AZ)} Mesin dengan konfigurasi : state q 1 dan top stack Z membaca input ‘a’ Z Konfigurasi menjadi : state q1,push A ke stack A, A menjadi top stack. A Z

8 Deskripsi seketika pada mesin Push Down Automata. Deskripsi seketika digunakan untuk menyatakan secara formal konfigurasi mesin PDA pada suatu saat. Perubahan dari suatu kondisi ke berikutnya dipisahkan dengan tanda ‘  —’ (dibaca : berubah menjadi). Konfigurasi dinyatakan dengan : (q, w, u) Dimana : q = state, w = string yang belum dibaca, u = isi stack dengan simbol terkiri adalah top stack.


Download ppt "BAB XIII PUSH DOWN AUTOMATA ( PDA ). Mekanisme Kerja PDA PDA merupakan mesin automata dari bahasa bebas konteks. PDA didefinisikan sebagai sebuah tempat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google