Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Peran Media Dalam Literasi Oleh: Iman Nur Rosyadi Disampaikan di Unsera, 1 Juni 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Peran Media Dalam Literasi Oleh: Iman Nur Rosyadi Disampaikan di Unsera, 1 Juni 2013."— Transcript presentasi:

1 Peran Media Dalam Literasi Oleh: Iman Nur Rosyadi Disampaikan di Unsera, 1 Juni 2013

2  Literasi atau Literacy (Inggris) berasal dari Bahasa Yunani, Littera yang berarti huruf.  Definisi literasi menurut Richard Kern dalam bukunya Literacy And Language Teaching (Oxford, 2000): “Penggunaan praktik sosial, historis dan kultural dalam menciptakan, menggunakan dan menginterpelasikan makna melalui teks. “ Pengertian Literasi

3 1.Interpelasi Orang menafsirkan / menginterpelasikan apa yang dialaminya, didengar dan dirasakan terhadap di luar dirinya. Interpelasi ini menimbulkan konsep untuk dirinya sendiri. 2. Kolaberasi Individu memerlukan kolaberasi / kerja sama dengan pihak di luar dirinya dalam mencapai pemahaman bersama tentang konsep. 3. Konvensi / Kesepakatan Menyepakati bersama tentang suatu konsep untuk memaknai kata-kata. 7 Prinsip Literasi (Kern, 2000)

4 4. Melibatkan Budaya Membaca dan menulis atau menyimak dan berbicara berfungsi dalam sistemsistem sikap, keyakinan, kebiasaan, cita-cita, dan nilai tertentu. Sehingga orang- orang yang berada di luar suatu sistem budaya itu rentan/beresiko salah/keliru dipahami oleh orang-orang yang berada dalam sistem budaya tersebut. 5. Pemecahan Masalah Menghubungkan huruf, kata dan kalimat ketika mendengarkan seseorang berbicara atau ketika membaca dikatagorikan sebagai pemecahan masalah untuk mengiterpelasikan apa yang diterima dan apa yang akan dikeluarkan. 6. Refleksi Diri Orang ketika beribicara, menulis atau menggunakan gerakan tengah melakukan refleksi diri tentang apa yang dipikirkannya dan disampaikanya pada pihak di luar dirinya. 7. Penggunaan Bahasa Literasi jelas menggunakan sistem bahasa yang terbangun dari lingkungan dirinya dan masyarakat.

5 Domininick (2001) menyebutkan beberapa fungsi komunikasi massa bagi masyarakat, yaitu : a. Fungsi pengawasan (surveillance) Fungsi ini terdiri dari 2 bentuk utama, yaitu pengawasan peringatan dan pengawasan instrumental. Media massa menjalankan fungsi pengawasan peringatan, jika menginformasikan tentang ancaman yang disebabkan oleh beberapa hal, misalnya bencana alam, serangan militer, inflasi dan krisis ekonomi. Fungsi pengawasan instrumental dari media massa jika informasi yang disampaikan memiliki kegunaan atau dapat membantu khalayak dalam kehidupan sehari-hari. b. Fungsi penafsiran (interpretation) Fungsi ini dijalankan jika media selain menyampaikan fakta dan data kepada khalayak, juga memberi penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting. Media memilih dan memutuskan peristiwa-peristiwa mana yang layak dan yang tidak layak disajikan. FUNGSI MEDIA MASSA

6 c. Fungsi keterkaitan (linkage) Media massa dapat menjadi alat pemersatu anggota masyarakat yang beragam sehingga membentuk pertalian berdasarkan kepentingan dan minat yang sama tentang sesuatu. d. Fungsi penyebaran nilai (transmission of values) Fungsi ini disebut juga sosialisasi. Media massa memperlihatkan kepada khalayak tentang bagaimana seharusnya mereka bertindak dan apa yang diharapkan mereka. e. Fungsi hiburan (entertainment) Fungsi hiburan selalu dijalankan oleh setiap media massa. Media yang sangat jelas menjalankan fungsi ini adalah televisi, radio dan tabloid.

7 Literasi Media di Banten ?


Download ppt "Peran Media Dalam Literasi Oleh: Iman Nur Rosyadi Disampaikan di Unsera, 1 Juni 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google