Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENETAPKAN TUJUAN Establishing Goal. 1. Apa itu Goal Setting… Goal Setting adalah sebuah proses yg bertujuan untuk mengidentifikasi prioritas pekerjaan/

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENETAPKAN TUJUAN Establishing Goal. 1. Apa itu Goal Setting… Goal Setting adalah sebuah proses yg bertujuan untuk mengidentifikasi prioritas pekerjaan/"— Transcript presentasi:

1 MENETAPKAN TUJUAN Establishing Goal

2 1. Apa itu Goal Setting… Goal Setting adalah sebuah proses yg bertujuan untuk mengidentifikasi prioritas pekerjaan/ kehidupan lalu mengembangkan strategis untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional.

3 2. Manfaat Goal Setting… Moral/Harga diri – memberimu penguatan internal untuk meningkatkan kemampuan diri. Tujuan/Petunjuk – melalui proses pemikiran & analisis diri yg hati-hati dlm menetapkan tujuan, kita mjd tahu apa yg inginkan untuk mencapai sukses. Motivasi – mll goal setting kita mengarahkan tindakan kita untuk mencapai impian & ambisi kita. Produktivitas – goal setting yg sistematik menghasilkan keseimbangan dlm mengalokasikan waktu & sumber daya kita.

4 3. Kunci Goal Setting yg Efektif Realistis Positif Mulai dg hal2 kecil Bertanggung jawab penuh pd apa yg sudh kita tetapkan Tekun

5 4. Nilai/ Value Nilai adalah: pandangan pribadi atau pemikiran mendalam yang menuntun cara bertindak atau keputusan yg dipilih oleh sso.

6 Dua Tipe Nilai menurut Milton Rokeach Nilai Instrumental, menunjuk pd “bagaimana” goal setting dibuat. Yaitu standar perilaku yang kita gunakan untuk mencapai keinginan kita. Contoh: keteguhan hati, kejujuran, belas kasih, dan dan penuh kasih. Nilai Terminal, menunjuk pada “apa”, yaitu tujuan yang hendak capai sepanjang kehidupan kita. Contoh: kebijaksanaan, keselamatan, kemakmuran dan kepandaian.

7 Writing Effective Goals…”SMART” Spesifik- tuliskan tujuan kita sedetail mungkin, spy tdk ada ruang bagi misinterpretasi Measurable (dpt diukur) – bangkitkan niat untuk selalu menilai peningkatanmu, dg cara menetapkan standar performa yg ingin kita capai, lalu membandingkannya dg apa yg sdh kita lakukan. Attainable (dpt dicapai) Realistis – tulis tujuanmu sesuai kapabilitas dan keterbatasanmu. Time Bound, buatlah deadline untuk setiap tujuan yg kita tetapkan.

8 Strategi Goal Setting… 1) Bayangkanlah hasilnya 2) Berjuang untuk proses, bukan hasil 3) Kembangkanlah jaringan pendukung, yaitu semua sumber daya yg akan berguna dlm pencapaian tujuan yg kita tetapkan. 4) Batasi jumlah, jangan buat daftar tujuan terlalu panjang. 5) Beri ruang untuk terjadinya sbh kemunduran.

9 Strategi Goal Setting… 6) Jujur pd diri sendiri, ttg kemampuan dan keterbatasan diri. 7) Hadiahi diri kita atas pencapaian2 yg sdh diraih. 8) Jangan sampai kehilangan garis-garis besar tujuan kita. Biasakan diri untuk meninjau kembali tujuan yg kita tetapkan. 9) Lihat dan tinjau kembali proses yg sdh dijalani.

10 5. Etika Etika adalah sekumpulan karakter yang terserap dalam nilai yang menentukan identitas “baik” atau “tidak baik” pada individu atau kelompok. Dilema etika adalah: situasi yang kita hadapi saat pengambilan keputusan, di mana kita harus memilih didasarkan pd pertimbangan dan ketetapan hati atau berdasarkan fakta yg tak mungkin dihindari/disangkal lagi.

11 Membuat Keputusan Etis Melibatkan penggunaan prinsip2 atau standar2 pada permasalahan dilema etika. Bertanya ttg apa yg benar dan salah, baik atau buruk dalam transaksi bisnis mrpk etika dasar bisnis.

12 Manfaat Membuat Keputusan Etis… Relasi dg pelanggan yg baik. Pelanggan akan lebih respek pd perusahaan krn dilayani oleh karyawan memperhatikan aturan etika Goodwill. Dg melakukan “hal yg benar” scr konsisten, konsumen, suplier & perusahaan lain akan melihat perusahaan anda sbg perusahaan yg patut diperhitungkan. Kepuasan karyawan. Pemberdayaan karyawan


Download ppt "MENETAPKAN TUJUAN Establishing Goal. 1. Apa itu Goal Setting… Goal Setting adalah sebuah proses yg bertujuan untuk mengidentifikasi prioritas pekerjaan/"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google