Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KESEJAHTERAAN SOSIAL, PEMBANGUNAN SOSIAL DAN INERVENSI MAKRO OLEH : DIDIET WIDIOWATI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KESEJAHTERAAN SOSIAL, PEMBANGUNAN SOSIAL DAN INERVENSI MAKRO OLEH : DIDIET WIDIOWATI."— Transcript presentasi:

1 KESEJAHTERAAN SOSIAL, PEMBANGUNAN SOSIAL DAN INERVENSI MAKRO OLEH : DIDIET WIDIOWATI

2 KESEJAHTERAAN SOSIAL, PEMBANGUNAN SOSIAL, PERBERDAYAAN DAN INTERVENSI MAKRO KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN PEMBANGUNAN SOSIAL KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN PEMBANGUNAN SOSIAL  Kesejahteraan sosial sebagai suatu keadaan : Suatu tatanan kehidupan dan penghidupan material dan spiritual, yg diliputi oleh rasa keselamatan, kesusilaan dan ketenteraman lahir dan bathin, … (UU Kesj.Sos. No 6 tahun 1974) merupakan sasaran jangka panjang upaya pembangunan sosial.

3  Kesejahteraan sosial sebagai suatu ilmu : Suatu upaya mengembangkan metode intervensi dan metode penelitian (ilmu kesejahteraan sosial) yang memberikan sumbangan bagi upaya kesj. Sosial dan peningkatan taraf hidup ind, klg dan masy, merupakan upaya pembangunan sosial.  Kesejahteraan sosial sebagai suatu kegiatan : Berbagai usaha kesj.sos. yg dikembangkan untuk membantu, mengembangkan dan mendukung terciptanya peningkatan taraf hidup ind,klg maupun masy, merupakan inti pembangunan sosial.  Kesejahteraan sosial sebagai suatu gerakan : Suatu usaha sosial yang terorganisir yang diwujudkan dlm bentuk organisasi pelayanan masyarakat (Human Service Organizations) yg mengembangkan berbagai pelayanan sosial (social sevices) dan usaha kesj. Sos (social welfare sevices), baik di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

4  Pembangunan Sosial (Midgley,1995:25) : “a process of planned social change designed to promote the well-being of the population as a whole in conjunction with a dynamic process of economic development”.  Ada 3 strategi pembangunan sosial untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, al : 1. Pembangunan Sosial melalui individu (Social Development by Individual) – Pendekatan individualis atau perusahaan (individualist or enterprise approach) 1. Pembangunan Sosial melalui individu (Social Development by Individual) – Pendekatan individualis atau perusahaan (individualist or enterprise approach) 2. Pembangunan Sosial melalui Komunitas (Social Development by Communities) – Pendekatan komunitarian (communitarian approach) 2. Pembangunan Sosial melalui Komunitas (Social Development by Communities) – Pendekatan komunitarian (communitarian approach) 3. Pembangunan Sosial melalui Pemerintah (Social Development by Governments) – Pendekatan statis (statist approach) 3. Pembangunan Sosial melalui Pemerintah (Social Development by Governments) – Pendekatan statis (statist approach)

5  Intervensi yang dilakukan dalam kaitan dengan pembangunan sosial merupakan intervensi yang diarahkan pada munculnya perubahan pada aspek pengetahuan (Knowledge), keyakinan (belief), sikap (attitude) dan niat individu (intention) yang semuanya merupakan proses penyadaran terhadap kelompok sasaran dalam kerangka pembangunan sosial.  Untuk merubah perilaku individu dan kelompok dalam suatu perubahan sosial dan pembangunan sosial, diperlukan adanya produk sosial (social products) yang inovatif. Oleh karena itu, praktisi (community worker) di bidang ini dituntut untuk melakukan penilaian (assessment) terhadap kebutuhan masyarakat secara berkesinambungan, agar dpt menciptakan produk sosial yg up to date.  Ada 3 bentuk produk sosial (Kotler,1981), al : 1. Gagasan (ideas) 2. Praktek (practice) 3. Bentuk yang nyata (tangible product)

6  Produk sosial dari perubahan/ pembangunan sosial yang diluncurkan oleh agen perubahan (change agents) tidak semuanya berbentuk tangibel product, tapi adakalanya masih berbentuk idea atau practice (Gerakan Disiplin Nasional). Selain itu ada yang hasilnya cepat dan bisa langsung dirasakan, tapi adapula yang memerlukan waktu lama dan bersifat perubahan antar generasi karena terkait erat dgn struktur sosial budaya yang mengakar pada masy (budaya untuk tidak korupsi).

7 INTERVENSI MAKRO/INTERVENSI KOMUNITAS INTERVENSI MAKRO/INTERVENSI KOMUNITAS  Terkait dengan pembangunan sosial dan pengembangan kesejahteraan sosial, intervensi mrp upaya para teoritisi dan praktisi di bidang kesejahteraan sosial dlm meningkatkan taraf hidup masyarakat, baik ditingkat individu, keluarga, kelompok, organisasi maupun komunitas.  Intervensi makro mrp bentuk lntervensi dalam ilmu kesejahteraan sosial yg digunakan untuk melalukan perubahan di tingkat komunitas dan organisasi.  Istilah-istilah intervensi makro : Community Work (COCD di Inggris dan Australia). Community Organization atau Social Work Macro Practice (COCD di Amerika Serikat). Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat (COCD di Indonesia)

8 TERIMA KASIH


Download ppt "KESEJAHTERAAN SOSIAL, PEMBANGUNAN SOSIAL DAN INERVENSI MAKRO OLEH : DIDIET WIDIOWATI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google