Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HAFIZ HASAN BASRI, 5301404005 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HAFIZ HASAN BASRI, 5301404005 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi."— Transcript presentasi:

1 HAFIZ HASAN BASRI, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : HAFIZ HASAN BASRI - NIM : PRODI : Pendidikan Teknik Elektro - JURUSAN : Teknik Elektro - FAKULTAS : Teknik - hafizhasan97 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Slamet Seno Adi, M.Pd.M.T - PEMBIMBING 2 : Budi Sunarko, S.T, M.T - TGL UJIAN :

3 Judul Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi

4 Abstrak Multimedia Pembelajaran Interaktif merupakan sebuah inovasi yang mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perubahan proses belajar mengajar, dimana proses belajar tidak lagi hanya mendengarkan uraian materi dari guru yang terkesan membosankan tetapi materi bahan ajar dapat divisualisasikan dalam berbagai format dan bentuk yang lebih dinamis dan interaktif sehingga murid akan lebih termotivasi dan dapat menimbulkan minat untuk terlibat dalam proses belajar mengajar tersebut. Pembelajaran Komputer Jaringan dan Internet yang disampaikan dengan menggunakan metode ceramah guru ternyata kurang bisa memvisualisasikan materi pembelajaran tersebut dan membuat siswa merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu dibuat suatu model pembelajaran interaktif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Permasalahan dalam Skripsi ini adalah merencanakan, membuat, dan mengevaluasi Media Pembelajaran Interaktif. Program Multimedia Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu bentuk bahan ajar Multimedia yang diharapkan dapat mengatasi masalah kejenuhan siswa dalam proses pembelajaran. Program ini digunakan untuk menggambarkan bahan ajar yang membutuhkan sebuah perangkat komputer untuk mengaksesnya dan pengoperasiannya menggunakan media CD-ROM. Tujuan yang ingin dicapai adalah merancang dan membangun suatu Multimedia Pembelajaran Interaktif mata diklat Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi menggunakan piranti lunak Macromedia Flash 8 yang produk akhirnya berbentuk CD (Compact Disk) untuk membantu pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan metode check list dan angket. Program multimedia ini telah diujikan kepada 3 orang pakar multimedia dari Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 5 orang guru Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi SMK N 3 Semarang dan 5 Siswa SMK. Dari hasil uji media didapatkan data 77,78 % program yang dibuat telah memenuhi kriteria program untuk dijadikan sebagai Multimedia Pembelajaran Interaktif. Para pakar Media Berpendapat media ini layak untuk digunakan dengan melakukan sedikit perbaikan-perbaikan pada tampilan program. Menurut guru SMK N 3 Semarang, secara umum program ini termasuk ke dalam kategori baik dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan siswa mempunyai respon positif dan merasa senang menggunakan Multi media Pembelajaran ini. Berdasarkan hasil penelitian, Saran yang dapat diberikan penulis kepada instansi sekolah yaitu, bahwa dalam menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada proses belajar mengajar KKPI, guru harus tetap aktif dalam memberikan motifasi belajar dengan berinteraksi langsung dengan siswa.

5 Kata Kunci

6 Referensi Anonim Multimedia Information Systems Platform, Diunduh dari Kamis 9 April 2009 Azhar Arsyad Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Depdiknas Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas. Leman Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Jakarta : PT Elex Media. Mayer Richard The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Bandung : PT Indo Persada Marhendhra Lucyana Multimedia interaktif sebagai media pembelajaran praktik mesin listrik. Skripsi S1 Teknik Elektro. Universitas Negeri Semarang. Michael Simkins Increasing Student Learning Through Multimedia Projects. Yogyakarta : Sinar Mandiri. Nazir, Moh Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia. Ratna Dewi Desain dan Produksi Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X Dengan Program Aplikasi Macromedia Flash Profesional 8. Skripsi S1 Teknik Elektro. Universitas Negeri Semarang. Riyanto, Geger Teknologi Informasi, Inovasi Bagi Dunia Pendidikan. Diunduh dari Senin, 28 Januari 2008 Richard E. Mayer and Roxana Moreno Cognitive Theory of Multimedia Learning: Implications for Design Principles. Santa Barbara : University of California. Suarna, Nana Pengantar Jaringan. Bandung : Yrama Widya. Slamet Rifai Pembuatan Media Pembelajaran Konsep Dasar Elektronika Bahasan Karakteristik Penggunaan Transistor Berbasis Multimedia. Skripsi S1 Teknik Elektro. Universitas Negeri Semarang. Sutabri, Tata Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Tutang Membangun Jaringan Sendiri LAN. Jakarta : Datakom Lintas Buana

7 Terima Kasih


Download ppt "HAFIZ HASAN BASRI, 5301404005 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google