Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IKA PRIANTINA, 4401405603 EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IKA PRIANTINA, 4401405603 EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG."— Transcript presentasi:

1 IKA PRIANTINA, EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : IKA PRIANTINA - NIM : PRODI : Pendidikan Biologi - JURUSAN : Biologi - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - chant_ick pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : drh. WULAN CHRISTIJANTI, MSi - PEMBIMBING 2 : Ir. NUR RAHAYU UTAMI, MSi - TGL UJIAN :

3 Judul EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG

4 Abstrak Proses pembelajaran biologi di SMA Institut Indonesia belum mengunakan media dan metode mengajar yang bervariasi. Penggunaan nama ilmiah pada alat- alat sistem reproduksi serta proses yang abstrak pada materi sistem reproduksi manusia membuat siswa sulit memahami materi ini. Hal tersebut membuat siswa merasa tidak terlibat dalam pembelajaran dan berakibat hasil belajar siswa kurang optimal yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai ulangan 56. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode role playing pada pembelajaran materi sistem reproduksi manusia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Institut Indonesia Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 yang terdiri dari empat kelas. Sampel sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas XI IPA I dan XI IPA II diambil dengan purposive sample. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan persentase 94,4 (XI IPA I) dan 91,7 (XI IPA II). Siswa juga telah tuntas secara klasikal dengan persentase sebesar 80,50 (XI IPA I) dan 77,78 (XI IPA II). Sebagai data pendukung yaitu tanggapan siswa adalah positif untuk pembelajaran dengan metode role playing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode role playing efektif pada pembelajaran materi sistem reproduksi manusia ditunjukkan dengan Ketuntasan klasikal XI IPA I sebesar 80,50% dan XI IPA II sebesar 77,78% dan ≥ 75% siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah Guru dalam membelajarkan sistem reproduksi manusia hendaknya menggunakan role playing.

5 Kata Kunci Efektivitas, role playing, one-shot case study.

6 Referensi Anonim Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pengujian Berbasis Kompetensi. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Arikunto S. 2002a. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. ________. 2002b. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Blatner A. 1995a. Drama in education as mental hygiene: A child psychiatrist's perspective. Youth Theatre Journal 9(1): ________.1995b. The great evolution trial: Use of role-play in the classroom. Journal of research in science teaching 31(5): Catharina T.A, A.Rifa’i, E. Purwanto, & D. Purnomo Psikologi Belajar.Semarang: UNNES Press. Darsono M. A. Sugandhi, Martensi, R.K. Sutadi & Nugroho Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. Depdiknas Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Deporter B., Reardon, M., & Nourie,.S Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Cetakan IV. Edisi kesatu. Bandung: Kaifa. Djamarah S. dan Zain, A Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya. Hamalik O Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Herlina Pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasilbelajar biologi siswa. Jurnal pendidikan 1 (8): 19 Komara E Model bermain peran dalam pembelajaran partisipatif. Jurnal pendidikan. 1(1): 1-2 Muhibbudin Guru sebagai jembatan profesional. Jurnal pendidikan 4 (27): 3 Mulyasa E Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Murcell J., & S. Nasution Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Bumi Aksara. Rachman A Orang Tua Saat Ini Jarang Mengajak Main Anak. Jurnalnet.com. 2(5): 8. Ratri Role play (Bermain Peran). Jurnal role play 2008(398): Usman M Hakikat Minat dan Hasil Belajar. Berita STMT Trisakti. Edisi 084. Yamin M Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

7 Terima Kasih


Download ppt "IKA PRIANTINA, 4401405603 EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google