Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Gerhana Ditinjau dari Segi Ilmu Pengetahuan Gerhana adalah sebuah fenomena tata surya yaitu saat posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar pada suatu garis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Gerhana Ditinjau dari Segi Ilmu Pengetahuan Gerhana adalah sebuah fenomena tata surya yaitu saat posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar pada suatu garis."— Transcript presentasi:

1

2 Gerhana Ditinjau dari Segi Ilmu Pengetahuan Gerhana adalah sebuah fenomena tata surya yaitu saat posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar pada suatu garis horizontal atau lurus yang mengakibatkan cahaya terhalang masuk ke bumi.

3 ketika bulan berada diantara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari terhalang sebagian atau seluruhnya

4

5 Gerhana Ditinjau dari Segi Ilmu Pengetahuan Manfaat Gerhana Manfaat gerhana terutama gerhana bulan yaitu untuk mengecek ketepatan perhitungan koordinat benda langit. Serta secara astronomi kita dapat mengetahui bahwa Gerhana Matahari berpengaruh akan gaya gravitasi Matahari dan Bulan terhadap Bumi yang menimbulkan pasang laut maksimum. Dampak Gerhana Gerhana bisa membuat dampak buruk yaitu gerhana matahari, dampak yang ditimbulkan yaitu : Membuat bumi menjadi gelap disiang hari Jika dilihat secara langsung akan mengakibatkan kebutaan Alat Yang Aman untuk Melihat Gerhana Matahari :  Negatif Film Hitam Putih  kamera Lubang Jarum / Pinhole

6 Gerhana Ditinjau dari Segi Ilmu Agama Gerhana dalam bahasa arab dikenal dengan istilah kusuf dan khusuf. Pada dasarnya istilah kusuf dan khusuf digunakan untuk menyebut gerhana matahari maupun gerhana bulan. Kata kusuf lebih dikenal untuk menyatakan gerhana matahari sedangkan kata khusuf untuk gerhana bulan.

7 Tinjauan Pendidikan Agama Islam Terhadap Fenomena Alam Gerhana di SD Al-Ghifari Bandung Perlunya pengetahuan agama islam di setiap sekolah sebagai pembentuk pondasi akhlak yang baik sebagai muslim sangat penting. Karena memiliki pengetahuan duniawi saja tidak cukup, karena itu pengetahuan atau ilmu untuk bekal di akhirat nanti juga sangat dibutuhkan agar ilmu dunia dan ilmu akhirat bisa seimbang.

8 Analisis Ilmu pengetahuan memang sangat berhubungan erat dengan pendidikan. Dengan adanya ilmu pengetahuan yang memang ada dalam kurikulum pendidikan ini diharapkan para siswa siswi tidak hanya mampu berprestasi di bidang akademik saja tetapi dengan sekolah berbasis islam diharapkan siswa siswi mampu berprestasi dan juga berakhlak sholeh. Siswa siswi dituntut agar bisa memahami materi ilmu pengetahuan alam khususnya tentang proses gerhana. Tidak hanya itu siswa siswi yang bersekolah di sekolah berbasis islam juga perlu menunjukan sikap positif sebagai umat muslim.

9 Analisis Sebagai umat muslim yang baik sebaiknya siswa siswi dibiasakan untuk selalu mengingat sang pencipta-Nya dengan berbagai cara. Kebiasaan yang harus dibiasakan sejak dini yaitu bersikap positif terutama saat terjadinya fenomena-fenomena alam yang sering terjadi ataupun yang jarang terjadi contohnya gerhana. Dengan mengetahui sikap yang baik yang diajarkan disekolah para siswa siswi akan terbiasa dengan sikap tersebut. Dewasanya, anak-anak zaman sekarang yang kebanyakan sudah lebih pintar dan menggunakan teknologi yang canggih, serta pandai bergaul dihawatirkan melupakan sikap-sikap positif yang ada didalam ajaran-ajaran islam. Melihat perilaku anak-anak zaman sekarang yang lebih antusias dengan segala gadget yang mereka miliki dihawatirkan akan merubah pola pikir dan perilaku mereka. Sangat berbahya jika mereka melupakan nilai-nilai yang ada dalam agama mereka terutama agama islam.

10  Memberikan Informasi Tentang Proses Terjadinya Gerhana Kepada Anak-anak  Memberikan Informasi Kepada Anak-anak Bahwa Alam Semesta Ini Ciptaan Allah Swt.  Memberikan Informasi Kepada Anak-anak Agar Selalu Bersikap Positif Dalam Menghadapi Fenomena Alam Khususnya Gerhana  Membuat Media Informasi Untuk Pembelajaran Agar Anak- anak Bisa Memahami Ilmu Pengetahuan, Membiasakan Diri Berikap Positif Sebagai Umat Islam, dan Semakin Tertarik Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam.

11  Kurangnya Pengetahuan anak-anak tentang Gerhana.  Kurangnya pengetahuan anak-anak tentang cara bersikap positif saat menghadapi fenomena alam khususnya gerhana.  Kurangnya Media Pembelajaran yang dapat menunjang anak-anak disekolah.  Bagaimana pengetahuan anak-anak tentang Gerhana sebagai fenomena alam.  Bagaimana caranya agar anak-anak bisa selalu bersikap positif saat menghadapi fenomena alam.  Bagaimana cara menyampaikan informasi tentang citra yang baik sebagai anak-anak muslim.

12  Setelah ditentukannya rumusan masalah maka masalah dapat difokuskan kepada siswa siswi sekolah dasar kelas 6 sebagai sampel studi kasus yaitu di SD Al-Ghifari Bandung yaitu :  Agar anak-anak mengetahui ilmu pengetahuan alam tentang proses terjadinya gerhana.  Agar anak-anak dapat terbiasa bersikap positif dalam menghadapi fenomena alam.  Memberikan informasi kepada anak-anak agar mengenal dan mengetahui proses terjadinya gerhana.  Memberikan informasi tentang bagaimana sikap yang baik sebagai seorang muslim saat menghadapi fenomena alam gerhana.  Memberikan informasi tentang citra anak-anak yang baik khususnya anak-anak muslim.

13 Target Audience Demografi  Target : Anak-anak  Jenis Kelamin : Laki – laki dan perempuan  Usia : 11 tahun  Pendidikan : SD kelas 6 Sosial Ekonomi Status  Menengah Psikografi  Aktif  Pintar  Suka membaca buku  Ceria  Berpikir positif  Islami Geografi  Kota Bandung

14 Strategi Perancangan Strategi yang digunakan dalam media ini juga didasari oleh pendekatan terhadap karakteristik anak-anak yang ceria, dinamis, serba ingin tahu dan tentu saja seorang muslim dan dikomunikasikan dengan menarik menggunakan media visual ilustrasi karakter anak-anak SD yang lucu, cerdas, dan beragama islam.

15 Pendekatan Verbal dilakukan secara komunikatif dengan menggunakan bahasa Indonesia (bahasa indonesia formal dan sederhana) dengan penyampaian komunikasi yang ringan dan mudah dimengerti oleh anak usia 11 tahun. Pendekatan Visual yang akan dibuat dalam konsep perancangan media informasi berupa buku adalah dengan menyajikan gambar dengan warna-warna yang cerah seperti kuning, biru muda, oranye, dan lainnya agar menarik karena dilihat dari pendekatan karakteristik anak yang ceria, dinamis, serba ingin tahu dan tentu saja seorang muslim bertujuan agar dapat merangsang daya tarik anak ketika membuka halaman buku dan tertarik mempelajari materi tersebut.

16 strategi kreatif buku pengetahuan yang akan dibuat yaitu dengan menggunakan visual yang disesuaikan dengan karakteristik anak-anak yang kebanyakan menyukai hal-hal yang lucu, berwarna, dan menarik. Maka dipilihlah warna-warna cerah yang mewakili sifat anak-anak yang lucu, ceria dan dinamis. Selain itu akan ditambahkan lembar percobaan sederhana pada buku tersebut agar anak-anak lebih tertarik dan bisa mempraktikan sendiri proses gerhana dengan materi yang disajikan dan agar anak-anak tidak merasa bosan saat mempelajari buku ini.

17  Strategi Media Dari target audience yang telah dipilih yaitu anak-anak maka media yang akan digunakan yaitu buku pengetahuan bergambar. Bertujuan agar anak-anak bisa ikut berinteraksi dan mengenal lebih dalam lagi tentang fenomena gerhana serta membiasakan diri bersikap positif saat menghadapi fenomena- fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari.  Strategi Distribusi Strategi distribusi media pembelajaran ini yaitu akan disebarkan di sekolah-sekolah dasar khususnya sekolah dasar berbasis islam karena pembahasan sangat berhubungan erat dengan nuansa islami yang difokuskan untuk anak-anak usia 11 tahun (SD kelas 6), selain itu pembahasan ini sudah masuk ke dalam kurikulum sekolah dasar yaitu KTSP Selain di sekolah media informasi ini juga akan di jual di toko buku sseperti Gramedia agar jangkauan penerima pesan semakin luas.

18  visual yang akan di tampilkan yaitu berupa karakter anak-anak berupa ilustrasi yang bertemakan islami dan membuat beberapa tampilan proses gerhana serta pengenalan benda- benda langit yang berhubungan dengan gerhana.  Format buku : Landscape berukuran khusus 20 cm x 25 cm 25 cm 20 cm

19 Contoh cover buku

20

21 By Yoshito Usui By Yumiko Igarashi

22

23  Perancangan yang dibuat yaitu meliputi proses pencarian referensi, pemahaman referensi, pencarian ide, pembuatan sketsa kasar, sketsa detail (bentuk, tipografi, warna, dan gambar), lalu diproses kembali menggunakan media digital dengan menggunakan software desain, dan tahapan akhir berupa final artwork berupa buku sebagai media utama dan beberapa media pendukung seperti pin, stiker, pembatas buku, dan note. Sedangkan untuk media promosi berupa x- banner, flag chain, dan poster.


Download ppt "Gerhana Ditinjau dari Segi Ilmu Pengetahuan Gerhana adalah sebuah fenomena tata surya yaitu saat posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar pada suatu garis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google