Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah PonorogoMateri kuliah : Konsep dan Aplikasi Multimedia Hendrik Kusbandono, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah PonorogoMateri kuliah : Konsep dan Aplikasi Multimedia Hendrik Kusbandono, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah PonorogoMateri kuliah : Konsep dan Aplikasi Multimedia Hendrik Kusbandono, S.Kom Kampus : Jl. Budi Utomo No. 10 Ponorogo Telp. (0352) , Fax. (0352)

2 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia2 Tujuan Perkuliahan : Mahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep dan aplikasi multimedia serta komponen-komponen pembangun multimedia. Pada akhirnya, dengan menggabungkan semua yang telah dipelajarinya, mahasiswa mampu merancang aplikasi multimedia yang efektif dan interaktif.

3 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia3 Daftar Referensi : Multimedia Alat untuk Meningkatkan Kebutuhan Bersaing, M. Suyanto, Penerbit Andi Yogyakarta, 2003 Sistem Multimedia dan Aplikasinya, Tri Daryanto, Penerbit Graha Ilmu, 2005 Furht, S. Smoliar, and HJ Zhang, Image and Video Processing in Multimedia Systems, Kluwer Academic Publishers, 1995 Multimedia Communications: Applications, Networks, and Standards, Fred Halsall, Addison-Wesley, 2001

4 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia4 Daftar Referensi : Digital Multimedia, Nigel Chapman, Jenny Chapman, Wiley, 2004 Fundamentals of Multimedia, Mark S. Drew, Ze-Nan Li, Prentice Hall, 2003 Multimedia: Computing, Communications and Appications, Steinmetz & Ralf, Prentice Hall, 1995

5 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia5 Presentase Penilaian : KegiatanBobot Nilai (%) Project UTS15 UTS25 Project UAS20 UAS30 Keaktifan10

6 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia6 Konsep & Aplikasi Konsep merupakan sebuah perancangan atau metode. Aplikasi merupakan penerapan dan penggunaan. Multimedia Media, merupakan satu bentuk interaksi manusia yang sesuai dengan kebutuhan dan pemrosesan menggunakan komputer seperti video, audio, teks, grafik, animasi. Multi, merupakan gabungan beberapa media tersebut yang diintegrasikan dalam sistem atau aplikasi yang sama.

7 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia7 Kategori Multimedia Multimedia linier Suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna atau sekuensial (berurutan). Ex: TV dan film. Multimedia interaktif Suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Ex: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, internet, dll.

8 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia8 Definisi Multimedia Kombinasi dari 3 elemen (suara, gambar dan teks) [McCormick, 1996] Alat yg dpt menciptakan presentasi yg dinamis dan interaktif yg mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar [Robin dan Linda, 2001] Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dgn menggabungkan link dan tool yg memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi dan berkomunikasi.

9 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia9 Sejarah Multimedia Istilah multimedia berawal dari teater yaitu pertunjukan yg memanfaatkan lebih dari 1 medium -> pertunjukan multimedia. Sistem multimedia dimulai thn 1980-an dgn diperkenalkannya HyperCard oleh Apple (1987) dan pengumuman IBM tentang perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2. Tahun 1994 diperkirakan lebih dari 700 produk dan sistem multimedia ada di pasaran. Output multimedia berbentuk citra digital -> gambar bergerak -> gambar tiga dimensi -> interaktif.

10 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia10 Komponen Multimedia Sistem Multimedia Video Komputer Interaktif Animasi Audio Grafik Teks

11 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia11 Pantingya Multimedia Multimedia sebagai alat bersaing perusahaan (sarana promosi), serta meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi. Dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut. Dapat meransang panca indera, karena dengan penggunaannya multimedia akan meransang beberapa indera penting manusia, seperti : Penglihatan, pendengaran, aksi maupun suara.

12 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia12 Perkembangan Multimedia Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet. Seiring dengan perkembangan CD-ROM drive dan DVD drive. Pada akhir abad 20, dua per tiga rumah tangga di Amerika telah memiliki komputer dan setengahnya terhubung ke internet. Adanya industri telekomunikasi -> multimedia mobile. Memudahkan perusahaan untuk melakukan merger dan aliansi. Multimedia mengubah tempat kerja (bisa mobile).

13 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia13 Perkembangan Multimedia Multimedia mengubah cara orang berbalanja (teleshopping). Multimedia mengubah cara akses informasi (baca koran).

14 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia14 Karir pada bidang Multimedia Bidang pemasaran, Animasi, Perekaman CD/DVD, Desain isi Multimedia, Electronic publishing, Editor elektronik, Desain game, Desain grafik, Desain interface, Perencanaan kontruksi Multimedia,

15 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia15 Karir pada bidang Multimedia Pelayanan online, Desain presentasi, Modelling, Penulis naskah, Simulasi, Sound track, Special effects, Pelatihan, Produksi video, Webmaster, dll.

16 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia16 Teknologi Multimedia Teknologi Multimedia : implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti : Sistem perancangan grafis komputer Sistem operasi dan teknik implementasi Sistem Jaringan (network) CMS (Content Management Sytem) HCI (Human Computer Interaction)

17 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia17 Aplikasi Multimedia Bisnis Bidang Bisnis Presentasi Pemasaran (Telemarketing) Periklanan Demo produk Katalog, dll Pendidikan Bidang Pendidikan Tutorial Simulasi dan pelatihan E-Learning dll

18 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia18 Aplikasi Multimedia Hiburan Bidang Hiburan Games Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll). Virtual Reality Bidang Virtual Reality Menggunakan elemen dasar multimedia seperti : imagery, suara dan animasi. Mengharuskan adanya umpan balik (feedback) dari user multimedia interaktif.

19 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia19 Hukum & Multimedia Multimedia berkait dgn hak paten, copyright, penggunaan yg adil, etika dan kejahatan. Hak paten yg menonjol dlm multimedia adalah hak paten data optis, hak paten Campton serta hak paten GIF dari UNISYS. Singapura sejak 1996 telah memiliki perangkat hukum berkaitan dgn pemanfaatan teknologi informasi. Malaysia sejak 1997 mengeluarkan hukum-hukum kriminalitas komputer, tanda tangan digital serta komunikasi dan multimedia. Bagaimana dengan Indonesia ???

20 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia20 Konsep PengembanganMultimedia Konsep Pengembangan Multimedia Menurut Suyanto (2003 : 353), tip tahapan pengembangan sistem multimedia, yaitu : 1. Mendefinisikan Masalah Mendefinisikan masalah sistem adalah hal yang pertama yang dilakukan oleh seorang analis sistem. 2. Studi Kelayakan Hal kedua yang dilakukan analis sistem adalah studi kelayakan, apakah pengembangan sistem multimedia layak diteruskan atau tidak. 3. Analisis Kebutuhan Sistem Menganalisis maksud, tujuan dan sasaran sistem merupakan hal yang dilakukan pada tahap ini.

21 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia21 Konsep PengembanganMultimedia Konsep Pengembangan Multimedia 4. Merancang Konsep Pada tahap ini, analisis sistem terlibat dengan user untuk merancang konsep yang menentukan keseluruhan pesan dan isi dari aplikasi yang akan dibuat. 5. Merancang Isi Merancang isi meliputi mengevaluasi dan memilih daya tarik pesan, gaya dalam mengeksekusi pesan, nada dalam mengeksekusi pesan dan kata dalam mengeksekusi pesan. 6. Merancang Naskah Merancang naskah merupakan spesifikasi lengkap dari teks dan narasi dalam aplikasi multimedia.

22 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia22 Konsep PengembanganMultimedia Konsep Pengembangan Multimedia 7. Merancang Grafik Dalam merancang grafik, analis memilih grafik yang sesuai dengan dialog. 8. Memproduksi Sistem Dalam tahap ini, komputer mulai digunakan secara penuh, untuk merancang sistem, dengan menggabungkan ketujuh tahap yang telah dilakukan. 9. Mengetes Sistem Pengetesan merupakan langkah setelah aplikasi multimedia selesai dirancang.

23 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia23 Konsep PengembanganMultimedia Konsep Pengembangan Multimedia 10. Menggunakan Sistem Implementasi sistem multimedia dipahami sebagai sebuah proses apakah sistem multimedia mampu beroperasi dengan baik. 11. Memelihara Sistem Setelah sistem digunakan, maka sistem akan dievaluasi oleh user untuk diputuskan apakah sistem yang baru sesuai dengan tujuan semula dan diputuskan apakah ada revisi atau modifikasi.

24 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia24 Konsep PengembanganMultimedia Konsep Pengembangan Multimedia 10. Menggunakan Sistem Implementasi sistem multimedia dipahami sebagai sebuah proses apakah sistem multimedia mampu beroperasi dengan baik. 11. Memelihara Sistem Setelah sistem digunakan, maka sistem akan dievaluasi oleh user untuk diputuskan apakah sistem yang baru sesuai dengan tujuan semula dan diputuskan apakah ada revisi atau modifikasi.

25 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia25 TEKS (TEXT) Jenis-jenis Teks Plain Text (Unformatted Text) Teks merupakan data dalam bentuk karakter, Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni, Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit “binary digit” (desimal = 0-127), Contoh plain text adalah disaat mengetik dengan menggunakan notepad (.txt)

26 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia26 Jenis-jenis Teks Formatted Text (Rich Text Format) Serangkaian karakter format yang telah didefinisikan. Contoh rich text adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan Wordpad (.rtf) dll. Pada Wordpad plain teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda) tertentu sehingga teks tersebut dapat dibold, italics, underline, diwarna, diganti font, dan lain-lain.

27 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia27 Jenis-jenis Teks Hypertext Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965), Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking. Contoh hypertext : HTML (Hypertext Markup Language) XML (eXtensible Markup Language)

28 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia28 HTML (Hypertext Markup Language) Merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan document web. Yang dapat dilakukan dengan HTML : Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya, Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia, Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online, Menambahkan object-object seperti image, audio, video, flash dan juga java applet dalam document HTML. Mendukung link (sebuah hubungan dari satu dokumen ke dokumen lain) antar dokumen,

29 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia29 XML (eXtensible Markup Language) HTML berkembang ke XHTML Strukturnya lebih jelas dan punya arti, Intelligence, karena XML mampu menangani berbagai komplesitas markup bertingkat-tingkat, Portable, karena memisahkan data dan presentasi, Extensible, dapat ditukar/digabung dengan dokumen XML lain, Maintenance, XML mudah untuk diatur dan dipelihara,

30 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia30 GAMBAR / IMAGE Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam pandangan 2D atau 3D, Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit), Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element (pixel),

31 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia31 Gambar / Image Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level 1 bit : binary-valued image (0 - 1) 8 bits : gray level ( ) 16 bits : high color (2^16) 24 bits : 2^24 true color 32 bits : true color (2^32) 8 bits = 1 byte Format gambar digital memiliki 2 parameter : Spatial resolution pixels X pixels Color encoding bits / pixel

32 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia32 Gambar / Image Misal: terdapat gambar berukuran 100 pixels x 100 pixels dengan color encoding 24 bits dengan R=8bits, G=8bits, B=8bits per pixel Maka color encoding akan mampu mewakili (mewakili 16 juta warna) Ruang disk yang dibutuhkan = 100 * 100 * 3 byte (karena RGB) = bytes = 30KB atau 100 * 100 * 24bits = bits 1 KB = 1000 bytes

33 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia33 Tabel Resolusi Display & Kebutuhan Memory Standard Resolusi Warna Kebutuhan memory / frame (bytes) VGA640 x 4808 bit307.2 KB XGA640 x x bit 8 bit KB KB SVGA800 x x bit 8 bit 24 bit 960 KB KB KB

34 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia34 Gambar / Image Jika suatu gambar disimpan maka yang disimpan adalah array 2D, Dimana masing-masing merepresentasikan data yang berhubungan dengan pixel tersebut. Array[x,y] = warna pixel, Setiap pixel dapat mempunyai informasi tambahan yang berhubungan dengan pixel tersebut, Masing-masing gambar juga memiliki informasi tambahan seperti lebar X panjang gambar, kedalaman gambar, pembuat, dll.

35 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia35 GRAFIK (GRAPHICS) Ada 2 jenis grafik: Raster : dimana setiap pixel didefinisikan secara terpisah (Bitmap Graphic) Vector : dimana formula matematika digunakan untuk menggambar graphics primitives (garis, kotak, lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya (Vector Graphic) Gambar vektor biasanya berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, semua manipulasi dilakukan melalui rumus.

36 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia36 Grafik (Graphics) Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis. Grafik dapat dimanipulasi secara dinamis : Motion dynamics : obyek / background bergerak Update dynamics : obyek berubah bentuk, warna, dll

37 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia37 Format File Gambar Bitmap (.BMP) Format gambar yang paling umum dan merupakan format standar Windows. Ukuran filenya sangat besar karena bisa mencapai ukuran Megabytes. File ini merupakan format yang belum terkompresi dan menggunakan sistem warna RGB (Red, Green, Blue) dimana masing-masing warna pixelnya terdiri dari 3 komponen, R, G, dan B yang dicampur menjadi satu. File BMP dapat dibuka dengan berbagai macam software pembuka gambar seperti ACDSee, Paint, IrvanView dll.

38 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia38 FORMAT FILE GAMBAR Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG) Format JPG merupakan format yang paling terkenal sekarang ini. Hal ini karena sifatnya yang berukuran kecil (hanya puluhan/ratusan KB saja), dan bersifat portable. File ini sering digunakan pada bidang fotografi untuk menyimpan file foto. File ini bisa digunakan di web (internet).

39 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia39 FORMAT FILE GAMBAR Graphics Interchange Format (.GIF) Format GIF ini berukuran kecil dan mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai gambar animasi (gambar bergerak). Format ini sering sekali digunakan di internet untuk menampilkan gambar-gambar di web.

40 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Ponorogo Hendrik Kusbandono, S.KomKonsep & Aplikasi Multimedia40 FORMAT FILE GAMBAR Portable Network Graphics (.PNG) Format yang standar dan sering digunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar. Ukuran file ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas yang bagus. Namun tidak mendukung animasi (gambar bergerak). Format gambar bentuk lain seperti TIFF (Tagged Image File Format), ICO (Icon), EMF (Enchanced Windows Metafile), PCX, ANI (Animation), CUR (Cursor), WBMP (WAP BMP), PSD (Adobe Photoshop Document), CDR (Corel Draw), dll.


Download ppt "Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah PonorogoMateri kuliah : Konsep dan Aplikasi Multimedia Hendrik Kusbandono, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google