Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan III.  RAD Model  The Incremental Model  Spiral Model  Componen assembly model  Concurrent development model  Formal methods model  Fourth.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan III.  RAD Model  The Incremental Model  Spiral Model  Componen assembly model  Concurrent development model  Formal methods model  Fourth."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan III

2  RAD Model  The Incremental Model  Spiral Model  Componen assembly model  Concurrent development model  Formal methods model  Fourth generation technique

3

4  Rapid Application Development (RAD) merupakan model proses pengembangan software yang linier sequencial yang menggunakan siklus pengembangan yang singkat.  Model RAD merupakan adaptasi “High-speed” dari model linier sequencial yang pengembangannya dilakukan dengan menggunakan pendekatan komponen-based.  Proses RAD memungkinkan untuk membuat “fully functional System” dalam waktu yang sangat singkat (60 – 90 hari).

5 Pendekatan RAD melalui beberapa fase:  Business Modeling  Data Modelling  Proses Modelling  Application Generation  Testing & Turnover

6  Aliran informasi fungsi bisnis dimodelkan untuk bisa menjawab pertanyaan sebagai berikut: 1. Informasi apa yang dibutuhkan proses bisnis ? 2. Informasi apa saja yang dihasilkan ? 3. Siapa yang membuat informasi tersebut ? 4. Informasi itu dibutuhkan siapa saja ? 5. Siapa yang memproses informasi tersebut ?

7  Aliran informasi yang telah didefinisikan disempurnakan lagi menjadi kumpulan object data, yang dibutuhkan untuk mendukung sistem tersebut.  Karakteristik (Atau atribut) masing-masing object data diidentifikasi dan relasi antara object data tersebut didefinisikan.

8  Object data yang telah didefinisikan ditransformasi untuk mendapatkan aliran informasi yang mungkin dalam mengimplementasikan fungsi bisnis.  Deskripsi proses dibuat untuk menambah, modifikasi, penghapusan, atau pencarian object data.

9  Pekerjaan proses RAD dilakukan dengan menggunakan kembali komponen program yang sudah ada (jika memungkinkan) atau membuat komponen yang bisa dipergunakan kembali (jika memungkinkan). Untuk itu, dibutuhkan “automated tool” untuk pembuatan software tersebut.

10  Karena proses RAD mempergunakan kembali komponen yang sudah ada, maka beberapa komponen program telah teruji. Hal ini bisa mengurangi waktu pengujian secara keseluruhan, akan tetapi komponen harus tetap di uji.

11  Dibuat dalam komponen.  Durasi Development relatif singkat

12  Untuk proyek dengan skala besar, RAD memerlukan jumlah orang yang lebih banyak untuk membentuk sejumlah tim RAD.  RAD memerlukan developer dan customer yang Commit terhadap aktifitas yang ketat sesuai dengan time frame yang diberikan.  RAD tidak cocok pada saat resiko teknis tinggi. Hal ini bisa terjadi pada saat aplikasi baru menggunakan teknologi baru atau pada saat software yang baru memerlukan derajat kebergantungan yang tinggi terhadap program komputer yang sudah ada.

13

14

15  Merupakan penggabungan dari fitur-fitur yang digunakan pada Linier/Waterfall & Prototype  Memiliki 6 aktifitas : ◦ Customer Communications ◦ Planning ◦ Risk Analysis ◦ Engineering ◦ Construction & Release ◦ Customer Evaluation

16  Dibutuhkan untuk menghasilkan komunikasi yang efektif antara developer dan customer

17  Dibutuhkan untuk mendefinisikan resource, timeline dan info lainya yang berhubungan dengan proyek.

18  Untuk mengetahui resiko management dan teknis yang akan terjadi.

19  Untuk membangun/develop representasi aplikasi.

20  Untuk membangun, menguji, memperbaiki, dan kemudian menginstall serta menghasilkan “user support” (misal: dokumentasi, training/pelatihan).

21  Untuk mendapatkan masukan dari customer berdasarkan evaluasi representasi software pada saat diuji coba.

22  Model ini membangun aplikasi dari pre package software component (atau class).  Digunakan ketika proses develop berfokus pada reuse Identifikasi calon komponen cari komponen di library Ekstrak komponen jika ada Bangun komponen jika tidak ada Letakkan komponen baru di library Bangun iterasi sistem

23  Model ini dapat direpresentasikan secara sistematis sebagai sederatan aktifitas teknis utama, pekerjaan dan state berikutnya.

24  Digunakan ketika objek yang akan didevelop adalah sebuah spesifikasi matematik  Model ini jarang digunakan, sedangkan aktifitas dinyatakan dalam bentuk matematik

25  Lebih menekankan pada deteksi dini terhadap error/kesalahan sebelum dilakukan testing

26  Aktivitas yang dilakukan : Requirement gathering, Desain Strategy, Implementasi, Testing.  Dengan cara ini, memungkinkan untuk menyatakan karakteristik software pada level yang lebih tinggi. Source code dapat secara otomatis dihasilkan berdasarkan spesifikasi developer.

27 selesai….


Download ppt "Pertemuan III.  RAD Model  The Incremental Model  Spiral Model  Componen assembly model  Concurrent development model  Formal methods model  Fourth."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google