Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REKAYASA PERANGKAT LUNAK Ricky Maulana Fajri IAIN Raden Fatah Palembang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REKAYASA PERANGKAT LUNAK Ricky Maulana Fajri IAIN Raden Fatah Palembang."— Transcript presentasi:

1 REKAYASA PERANGKAT LUNAK Ricky Maulana Fajri IAIN Raden Fatah Palembang

2 Review  Pengertian Perangkat Lunak  Jenis-Jenis Perangkat Lunak  Bentuk Bahasa

3 Software Development Life Cycle  SDLC adalah metode pengembangan perangkat lunak  proses yang digunakan oleh analis sistem untuk mengembangkan sistem, mulai dari penentuan kebutuhan, perancangan, validasi, sampai pelatihan dan penyerahan kepada konsumen.  Beberapa Metode Diantaranya Adalah  Waterfall (Roger S Pressman)  Prototyping

4 Model WaterFall

5 WaterFall  Investigasi  Adalah saat pertama permasalahan muncul, dimana permasalahan ini perlu dicarikan solusinya menggunakan sebuah perangkat lunak  Contoh Pengarsipan dokumen buku yang masih berantakan contoh kasus perpustakaan Data mahasiswa yang masih tersebar sehingga menyulitkan pengarsipan contoh kasus data akademik

6 WaterFall  Analisis  Adalah tahapan dimana semua permasalahan dianalisa dan dibuat analisa kebutuhan. Pada proses ini diharapkan kebutuhan dari perangkat lunak dapat ditemukan dengan tepat  Desain  Setelah mendapatkan analisa kebutuhan maka dibuatkan desain perangkat lunak dalam bentuk flowchart, DFD, ERD dan Use Case Diagram

7 WaterFall  Implementasi  Setelah didapatkan desain, maka dilanjutkan dengan proses implementasi dalam bentuk coding ke bahasa pemrograman yang digunakan.  Testing  Testing perangkat lunak. Dapat berupa unit testing atau modul testing  Implementasi dan Perawatan  Perangkat lunak selesai diuji lalu diserahterimakan dengan user.

8 Kelebihan Waterfall  Kualitas dari sistem yang dihasilkan akan baik. Ini dikarenakan oleh pelaksanaannya secara bertahap. Sehingga tidak terfokus pada tahapan tertentu.  Document pengembangan system sangat terorganisir, karena setiap fase harus terselesaikan dengan lengkap sebelum melangkah ke fase berikutnya. Jadi setiap fase atau tahapan akan mempunyai dokumen tertentu.  Metode ini masih lebih baik digunakan walaupun sudah tergolong kuno, daripada menggunakan pendekatan asal- asalan. Selain itu, metode ini juga masih masuk akal jika kebutuhan sudah diketahui dengan baik.

9 Kekurangan Metode Waterfall  Proses yang saling menunggu  Kesulitan menentukan kebutuhan perangkat lunak  Perangkat lunak baru dapat dicoba pada saat proses testing

10 Model Prototype

11  Penggabungan antara Proses analisa kebutuhan dengan design dan implementasi. Pertama analis mengumpulkan informasi dari user, untuk selanjutnya dibuatkan prototype dari perangkat lunak. Selanjutnya prototype diperbaiki sesuai dengan komentar dari user.

12 Kelebihan Model Prototype  User langsung dapat melihat perangkat lunak  Komunikasi yang lebih baik  Adanya peran aktif dari pelanggan  Lebih menghemat waktu pengembangan

13 Kekurangan Model Prototype  Kualitas Perangkat lunak yang sering terabaikan  Sulit menentukan kebutuhan, dikarenakan sering berubah-ubah nya permintaan konsumen (Pengalaman Pribadi :-D)  Teknik Perancangan yang kurang baik

14 Model RAD  Rapid Application Development  Model proses perkembanganPL sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan yang sangat pendek. Menekankan perkembangan komponen program yang bisa dipakai lagi sehingga mendasari konsep Object-Oriented.

15 RAD  Model RAD ini merupakan sebuah adaptasi “kecepatan tinggi” dari model sekuensial linier di mana perkembangan cepat dicapai dengan menggunakan pendekatan kontruksi berbasis komponen.

16 Kekurangan RAD  RAD memerlukan sumber daya manusia yang memadai untuk menciptakan jumlah tim RAD yang baik.  RAD menuntut pengembangan dan pelanggan memiliki komitmen di dalam aktivitas rapid-fire yang diperlukan untuk melengkapi sebuah sistem, di dalam kerangka waktu yang sangat diperpendek.  Kecepatan yang tinggi dengan biaya minimal kemungkinan besar hasil kualitasnya rendah.  Proyek mungkin berakhir dengan lebih banyak tambahan kebutuhan daripada yang telah dipenuhi  Potensial adanya penambahan fitur karena fitur yang sekarang  hasilnya asal-asalan  Potensial ketidaksesuaian desain dan implementasi  Potensial ketidakkonsistenan penamaan dan dokumentasi  Sangat sulit membuat modul yang dapat digunakan kembali

17 Latihan Studi Kasus  Anda ditunjuk sebagai seorang sistem analis. Anda harus membuat sebuah aplikasi pengolahan data sederhana yaitu pengolahan data administrasi surat masuk dan surat keluar.??  Metode Pengembangan Perangkat Lunak apa yang anda akan gunakan??

18 Latihan Studi Kasus  Anda ditunjuk sebagai seorang sistem analis. Anda diharuskan membangun sebuah sistem informasi perpustakaan yang fungsi nya meliputi pendaftaran anggota, dan transaksi buku.  Metode Pengembangan Perangkat Lunak apa yang anda akan gunakan??

19 Questions


Download ppt "REKAYASA PERANGKAT LUNAK Ricky Maulana Fajri IAIN Raden Fatah Palembang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google