Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM OPERASI (Mesin Virtual Java) By: Asriadi Pertemuan 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM OPERASI (Mesin Virtual Java) By: Asriadi Pertemuan 4."— Transcript presentasi:

1 SISTEM OPERASI (Mesin Virtual Java) By: Asriadi Pertemuan 4

2 Pendahuluan Mesin virtual sebenarnya bukan merupakan hal yang baru dalam dunia komputer. Mesin virtual biasa digunakan dalam dunia komputer untuk memecahkan beberapa masalah serius, namun sesungguhnya mesin virtual adalah nyata penggunaanya untuk pengguna komputer karena mesin virtual secara khas telah digunakan dalam program aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari.

3 Konsep Mesin Virtual Dasar logika dari konsep mesin virtual atau virtual machine adalah dengan menggunakan pendekatan lapisan-lapisan (layers) dari sistem komputer. Urutan lapisannya mulai dari lapisan terendah sampai lapisan teratas adalah sebagai berikut:  Perangkat keras  Kernel  Sistem program

4 Kelemahan Mesin Virtual Kesulitan utama dari konsep VM adalah dalam hal sistem penyimpanan dan pengimplementasian. Sebagai contoh, kesulitan dalam sistem penyimpanan adalah sebagai berikut. Andaikan kita mempunyai suatu mesin yang memiliki 3 disk drive namun ingin mendukung 7 VM. Keadaan ini jelas tidak memungkinkan bagi kita untuk dapat mengalokasikan setiap disk drive untuk tiap VM, karena perangkat lunak untuk mesin virtual sendiri akan membutuhkan ruang disk secara substansi untuk menyediakan memori virtual dan spooling. Solusinya adalah dengan menyediakan disk virtual, atau yang dikenal pula dengan minidisk, di mana ukuran daya penyimpanannya identik dengan ukuran sebenarnya.

5 Kesulitan yang lainnya adalah pengimplementasian. Meski konsep VM cukup baik, namun VM sulit diimplementasikan. Ada banyak hal yang dibutuhkan untuk menyediakan duplikat yang tepat dari underlying machine. VM dapat dieksekusi hanya pada user mode, sehingga kita harus mempunyai user mode virtual sekaligus monitor mode virtual yang keduanya berjalan di physical user mode.

6 Keunggulan Mesin Virtual Pertama, dalam hal hal keamanan, VM memiliki perlindungan yang lengkap pada berbagai sistem sumber daya, yaitu dengan meniadakan pembagian resources secara langsung, sehingga tidak ada masalah proteksi dalam VM. Sistem VM adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan VM, jika terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya. Kedua, dimungkinkan untuk mendefinisikan suatu jaringan dari mesin virtual, di mana tiap-tiap bagian mengirim informasi melalui jaringan komunikasi virtual. Sekali lagi, jaringan dimodelkan setelah komunikasi fisik jaringan diimplementasikan pada perangkat lunak.

7 Contoh Mesin Virtual Contoh penerapan VM saat ini terdapat pada sistem operasi Linux. Mesin virtual saat ini memungkinkan aplikasi Windows untuk berjalan pada komputer yang berbasis Linux. VM juga berjalan pada aplikasi Windows dan sistem operasi Windows.

8 Mesin Virtual Java Mesin Virtual Java atau Java Virtual Machine (JVM) terdiri dari sebuah class loader dan Java interpreter yang mengeksekusi architecture-neutral bytecode. Java interpreter merupakan suatu fasilitas penerjemah dalam JVM. Fungsi utamanya adalah untuk membaca isi berkas bytecode (.class) yang dibuat kompilator Java saat berkas berada dalam memori, kemudian menerjemahkannya menjadi bahasa mesin lokal. Java interpreter dapat berupa perangkat lunak yangmenginterpretasikan bytecode setiap waktu, atau hanya Just-In-Time (JIT), yang mengubah architecture- neutral bytecode menjadi bahasa mesin lokal. Interpreter bisa juga diimplementasikan pada sebuah chip perangkat keras.


Download ppt "SISTEM OPERASI (Mesin Virtual Java) By: Asriadi Pertemuan 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google