Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DEADLOCK Minggu ke 7.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DEADLOCK Minggu ke 7."— Transcript presentasi:

1 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DEADLOCK Minggu ke 7

2 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DEADLOCK Suatu kondisi dimana proses tidak berjalan lagi atau pun tidak ada komunikasi lagi antar proses. Deadlock disebabkan karena proses yang satu menunggu sumber daya yang sedang dipegang oleh proses lain yang sedang menunggu sumber daya yang dipegang oleh proses tersebut.

3 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DEADLOCK (cont.) Contoh deadlock Deadlock pada jembatan Deadlock dipersimpangan jalan

4 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DEADLOCK (cont.) 4 kondisi yang menyebabkan deadlock  Mutual Exlusif  Memegang dan menunggu  Tidak ada preemption  Circular wait Cara menanggulangi deadlock 1. Mengabaikan masalah deadlock 2. Mendeteksi dan memperbaiki 3. Deadlock avoidance sistem 4. Deadlock prevention sistem

5 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DIAGRAM GRAF Sebuah sistem komputer terdiri dari berbagai macam sumber-daya (resources), seperti: 1. Fisik (Perangkat, Memori) 2. Logika (Lock, Database record) 3. Sistem Operasi (PCB Slots) 4. Aplikasi (Berkas) Mekanisme hubungan dari proses-proses dan sumber-daya yang dibutuhkan/digunakan dapat di diwakilkan dengan graf.

6 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DIAGRAM GRAF (cont.) Graf adalah suatu struktur diskrit yang terdiri dari vertex dan sisi, dimana sisi menghubungkan vertex-vertex yang ada. Graf dibagi menjadi dua bagian, yaitu simple graf dan multigraf. Salah satu contoh implementasi graf dalam sistem operasi adalah graf alokasi sumber daya

7 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DIAGRAM GRAF (cont.) Graf alokasi sumber daya merupakan graf sederhana dan graf berarah. Graf alokasi sumber daya adalah bentuk visualisasi dalam mendeteksi maupun menyelesaikan masalah deadlock.

8 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DIAGRAM GRAF (cont.) Komponen Graf Alokasi Sumber daya 1. Proses P= {P0, P1, P2, P3,..., Pi,..., Pm}. Terdiri dari semua proses yang ada di sistem. Untuk proses, vertexnya digambarkan sebagai lingkaran dengan nama prosesnya. 2. Sumber daya R= {R0, R1, R2, R3,..., Rj,..., Rn}. Terdiri dari semua sumber daya yang ada disistem. Untuk sumber daya, vertexnya digambarkan sebagai segi empat dengan instans yang dapat dialokasikan serta nama sumber dayanya.

9 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DIAGRAM GRAF (cont.) Sisi, E={Pi-> Rj,, Rj-> Pi, } terdiri dari dua jenis, yaitu: 1. Sisi permintaan: Pi -> Rj Sisi permintaan menggambarkan adanya suatu proses Pi yang meminta sumber daya Rj. 2. Sisi alokasi: Rj -> Pi. Sisi alokasi menggambarkan adanya suatu sumber daya Rj yang mengalokasikan salah satu instansnya pada proses Pi.

10 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DIAGRAM GRAF (cont.) Proses Pi meminta sumber daya Rj Sumber daya Rj yang mengalokasikan salah satu Graf Alokasi Sumber daya

11 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DIAGRAM GRAF (cont.) Untuk mengetahui ada atau tidaknya deadlock (Pendeteksian) dalam suatu graf dapat dilihat dari perputaran dan resource yang dimilikinya, yaitu:  Jika tidak ada perputaran berarti tidak deadlock.  Jika ada perputaran, ada potensi terjadi deadlock.  Resource dengan instan tunggal dan perputaran mengakibatkan deadlock.

12 Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DIAGRAM GRAF (cont.) Graf dengan deadlockGraf tanpa deadlock


Download ppt "Mata Kuliah Sistem Operasi Lanjut DEADLOCK Minggu ke 7."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google