Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CRITICAL REVIEW IKLAN NUTRILON ROYAL 3 “LIFE IS AN ADVENTURE KELOMPOK 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CRITICAL REVIEW IKLAN NUTRILON ROYAL 3 “LIFE IS AN ADVENTURE KELOMPOK 4."— Transcript presentasi:

1

2 CRITICAL REVIEW IKLAN NUTRILON ROYAL 3 “LIFE IS AN ADVENTURE KELOMPOK 4

3 LARANGAN IKLAN SUSU FORMULA di MEDIA Dalam artikel ini, secara garis besar menjelaskan tentang iklan susu formula untuk bayi yang dilarang untuk ditampilkan di media televisi atau media lainnya. Menurut penulis, yang tertarik membuat artikel ini setelah menyaksikan tanyangan di Metro TV mengenai larangan penayangan iklan susu formula untuk bayi dan juga hal-hal mengenai kesehatan, bahwa bayi yang berumur dibawah satu tahun apabila telah mengkonsumsi susu formula maka konsumsi ASI mereka akan berkurang, dan hal tersebut membawa dampak bagi bayi itu sendiri.

4 ASI sangatlah penting untuk bayi, khususnya bayi yang baru lahir. Kandungan kolostrum yang ada pada ASI sangat berguna untuk perkembangan otak bayi. Jika dari usia sebelum satu tahun bayi telah diberi susu formula, dikhawatirkan akan menyebabkan efek samping karena pada usia tersebut asupan makanan yang paling dibutuhkan oleh bayi adalah ASI.

5 Pada artikel ini penulis lebih banyak memaparkan tentang tayangan televisi mengenai penayangan iklan susu formula, dimana banyak pernyataan dari narasumber yang ada pada tayangan tersebut, dibandingkan dengan pernyataan atau pendapat dari penulis sendiri. Secara keseluruhan, dapat diambil kesimpulan dari artikel tersebut. Penulis bertujuan untuk menginformasikan kembali apa yang telah ia ketahui kepada publik agar publik juga sadar dan lebih memperhatikan hal tersebut. Walaupun penulis tidak banyak memaparkan pendapatnya sendiri, namun tulisan ini akan sangat berguna bagi ibu muda yang baru memiliki anak agar memprioritaskan ASI kepada anaknya, lalu kepada pemerintah khususnya departemen kesehatan agar dapat bekerja sama dengan media untuk mensosialisasikan pemberian ASI kepada bayi dibawah usia satu tahun secara gencar - gencaran.

6 Hal ini juga berkaitan dengan iklan susu formula Nutrilon Royal 3 yang sekarang sangat marak ditayangkan di media khususnya media elektronik TV. Namun bagaimanapun, media mengkonstruksi penayangan iklan yang sangat bagus ini. Keterkaitan pesan dengan produk haruslah menjadi hal yang sangat diperhitungkan. Sehingga produk kita bisa dipahami oleh kalangan banyak. Dengan adanya pesan seperti yang disampaikan artikel di atas, maka produsen Nutrilon Royal 3 ini mencoba untuk mengcover iklan mereka menjadi lebih unik dan bermutu tinggi. Sehingga muncullah ide “Life is an adventure”. Mengindikasikan bahwa produk mereka memang berhak untuk dikonsumsi karena berkaitan dengan perlindungan dari dalam tubuh si anak.

7 Iklan susu formula nutrilon I want to live my life to the absolute fullest To open my eyes to be all I can be To travel roads not taken, to meet faces unknown To feel the wind, to touch the stars I promise to discover myself To stand tall with greatness To chase down and catch every dream LIFE IS AN ADVENTURE....

8 Iklan ini dapat membuat penonton mengingat dengan baik produk tersebut (melekat di benak masyarakat). Iklan ini dapat dikatakan bisa memberi inspirasi bagi kita. Dengan tagline yang sangat mudah diingat dan pemakaian kata-kata yang sangat memberi inspirasi.

9 Namun ada beberapa kelemahan dalam iklan ini. Pertama, kata – kata yang digunakan mengunakan bahasa asing. Sehingga tidak semua khalayak bisa memaknai dengan baik apa sebenarnya yang ingin dikomunikasikan dalam iklan ini. Sebenarnya pesan ini tidak mencapai tujuannya, karena begitu banyak yang tersirat yang mungkin hanya bisa dipahami oleh segelintir orang semisal akademisi. Mungkin lebih tepatnya iklan ini ditujukan sebagai iklan layanan masyarakat seperti UNICEF dalam program anak-anak.

10 Dalam iklan ini tidak ada sedikit pun komunikasi verbal yang membahas atau menceritakan mengenai kelebihan susu, komposisinya atau apa manfaatnya. Yang ditonjolkan hanya pemakaian kata-kata yang diharapkan memberikan inspirasi. Ketiga, kelemahan iklan ini adalah iklan yang ditampilkan tidak mempunyai ada hubungan dengan produknya, tidak membahas mengenai susu formula yang ditawarkan sama sekali. Hanya bagian akhir dari iklan yang menampilkan logo produknya yang menjelaskan bahwa iklan tersebut adalah iklan susu formula.

11 nilai pesan terlalu bombastis sebagai iklan susu formula anak-anak. Karena seperti yang kita ketahui bahwa ASI-lah sebagai asupan terbaik untuk membentuk otak dan fisik bayi. Bukanlah susu formula yang seharusnya hanya sebagai pelengkap nutrisi tambahan bagi bayi dan anak-anak. Iklan ini mencitrakan anak-anak cerdas yang luar biasa dibentuk karena mereka mengkonsumsi produk ini, padahal pada kenyataannya ASI lah sebagai sumber utama asupan gizi yang mampu melahirkan generasi terbaik bangsa.


Download ppt "CRITICAL REVIEW IKLAN NUTRILON ROYAL 3 “LIFE IS AN ADVENTURE KELOMPOK 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google