Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TONY OKTAWAN, 6101908054 SURVEI BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS V (LIMA) SD/MI DI GUGUS WR. SUPRATMAN KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TONY OKTAWAN, 6101908054 SURVEI BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS V (LIMA) SD/MI DI GUGUS WR. SUPRATMAN KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN."— Transcript presentasi:

1 TONY OKTAWAN, SURVEI BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS V (LIMA) SD/MI DI GUGUS WR. SUPRATMAN KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2009/2010

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : TONY OKTAWAN - NIM : PRODI : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar) - JURUSAN : Jasmani Kes. & Rekreasi - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan PEMBIMBING 1 : Drs. Cahyo Yuwono, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Drs. Rubiyanto Hadi, M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul SURVEI BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS V (LIMA) SD/MI DI GUGUS WR. SUPRATMAN KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2009/2010

4 Abstrak Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah 1) Apakah ada minat bermain sepakbola? dan 2) Seberapa tinggi minat bermain sepakbola pada siswa putra kelas V sejumlah 6 Sekolah Dasar dan 2 Madrasah Ibtidaiyah di Gugus WR.Supratman kecamatan Kepil kabupaten Wonosobo? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada minat bermain sepakbola dan untuk mengetahui seberapa tinggi minat bermain sepakbola padasiswa putra kelas V di Gugus WR.Supratman Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian survei yang bersifat deskriptif eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 6 Sekolah Dasar Negeri dengan 63 Siswa Putra dan 2 Madrasah Ibtidaiyah dengan 10 siswa putra di WR. Supratman kecamatan Kepil sedangkan untuk responden penelitian adalah 8 Sekolah Dasar yang terdiri dari 73 siswa putra kelas V. Teknik pengambilan responden adalah purposive sample atau sampel bertujuan. Data diambil menggunakan angket kemudian dianalisis dengan deskriptif persentase. Dari hasil penelitian secara umum rata-rata minat bermain sepakbola pada siswa putra kelas V Sekolah Dasar di Gugus WR.Suprtaman Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2009/2010. terdapat 142 siswa atau 60.17% kategori minat sangat tinggi, 81 siswa atau 34.32% kategori minat tinggi, 7 siswa atau 2.87% dengan kategori sedang dan 6 siswa atau 2.54% dalam kategori rendah. Tingginya minat bermain sepakbola ini ditunjukkan dari hasil perhitungan chi kuadrat diperoleh X2 hitung sebesar sedangkan X2tabel sehingga X2hitung = > X2tabel = Secara nyata sebagian besar siswa putra kelas V di Gugus WR.Suprtaman Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo mempunyai minat sangat tinggi. Dari penelitian dapat di simpulkan bahwa 1) ada minat bermain sepakbola pada siswa putra kelas V Sekolah Dasar Negeri sejumlah 8 Sekolah Dasar di Gugus WR.Suprtaman Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo., 2) minat bermain sepakbola pada siswa putra kelas V Sekolah Dasar Negeri sejumlah 8 Sekolah Dasar di Gugus WR.Suprtaman Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo dengan kategori sangat tinggi. Disarankan pada pihak KONI kecamatan Kepil untuk lebih memperhatikan dalam pembinaan prestasi dan minat anak terhadap olahraga sepakbola serta lebih aktif mengadakan pertandingan antar sekolah di wilayah Kepil. Pada pihak sekolah disarankan supaya memperhatikan pembinaan demi peningkatan fasilitas yang dibutuhkan dalam permainan sepakbola.

5 Kata Kunci Sepak bola, minat

6 Referensi Abu Ahmadi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Andi Mappiare Psikologi Remaja. Jakarta: Rineka Cipta. Basuki Motivasi Peserta Olahraga Senam Jantung Sehat Kabupaten Wonosobo Tahun 1997 (Skripsi). Semarang: IKIP Semarang. Dewa Ketut Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT. Bina Aksara Elizabeth B. Hurlock Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga. Eka Saputra Minat bermain sepakbola siswa sekolah dasar kecamatan Jasinga kabupaten bogor (skripsi). Semarang: FIK UNNES Ibrahim Bafadal Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara Kartini Kartono Pengantar Metodologi Sosial, Bandung: Mandar Maju. Kartini Kartono Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju. Khomsin Perkembangan dan belajar gerak. Paparan perkuliahan mahasiswa, Semarang: FIK UNNES Masri Singarimbun Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S. Mel Levine Psikologi Belajar. Grasindo: Jakarta M. Sajoto Peningkatan dan Pembinaan kekuatan Fisik Dalam Olahraga Di Sekolah Dasar, Semarang: Dahara Prize. Muhibbin Syah Psikologi Pendidikan, Jakarta: Remaja Rosda. Rio Rachwartono “Pola Pembinaan Sepakbola Indonesia”. Kumpulan Makalah dan Bahan Diskusi Ilmiah Berskala. Jakarta: KONI Soekidjo Notoatmojo Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Sugiyanto Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdikbud Sucipto Sepakbola, Jakarta : Depdiknas. Sukatamsi Teknik Dasar Bermain Sepakbola, Solo : Tiga Serangkai. Sutrisno Hadi Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi Offset Suharsono HP Ilmu Choaching Umum, Yogyakarta : Rineka Cipta. Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian, Yogyakarta : Rineka Cipta. Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta : Rieneka Cipta. W.J.S Purwodarminto Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Yeti Sumaryati Proyek Garuda Emas, Jakarta: KONI

7 Terima Kasih


Download ppt "TONY OKTAWAN, 6101908054 SURVEI BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS V (LIMA) SD/MI DI GUGUS WR. SUPRATMAN KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google