Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IBNU FAKHRURROJI, 1201406012 Strategi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan (PNPM Mandiri-KP) di Desa Prapag Kidul Kecamatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IBNU FAKHRURROJI, 1201406012 Strategi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan (PNPM Mandiri-KP) di Desa Prapag Kidul Kecamatan."— Transcript presentasi:

1 IBNU FAKHRURROJI, Strategi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan (PNPM Mandiri-KP) di Desa Prapag Kidul Kecamatan Losari Kabupaten Brebes

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : IBNU FAKHRURROJI - NIM : PRODI : Pendidikan Luar Sekolah - JURUSAN : Pendidikan Luar Sekolah - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - ibnufakhrurroji pada domain ymail.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Amin Yusuf, M.Si - PEMBIMBING 2 : Dra. Mintarsih Arbarini, M.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul Strategi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan (PNPM Mandiri-KP) di Desa Prapag Kidul Kecamatan Losari Kabupaten Brebes

4 Abstrak Fakhrurroji, Ibnu Strategi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Kelautan dan Perikanan (PNPM Mandiri-KP) Di Desa Prapag Kidul Kecamatan Losari Kabupaten Brebes”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Di bawah bimbingan: Drs. Amin Yusuf M.Si dan Dra.Mintarsih Arbarini, M.Pd. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, PNPM Mandiri-KP Permasalahan dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana strategi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan (PNPM Mandiri-KP) di Desa Prapag Kidul?, (2) Hambatan apa yang dihadapi dalam pelaksanaan PNPM Mandiri-KP di Desa Prapag Kidul?. Tujuan penelitian ini adalah, (1) mendeskripsikan strategi PNPM Mandiri-KP di Desa Prapag Kidul, (2) mendeskripsikan hambatan hambatan dalam pelaksanaan PNPM Mandiri-KP di Desa Prapag Kidul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 9 orang terdiri dari 1 orang pengelola PNPM Mandiri-KP, 1 orang Tenaga Pendamping, dan 7 orang ketua kelompok masyarakat nelayan. Sumber data penelitian ini yaitu (1) informan utama yaitu pengelola PNPM Mandiri-KP dan para ketua kelompok nelayan, (2) informan pendukung yaitu dari tenaga pendamping kelompok PNPM Mandiri-KP. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi melalui pengecekan sumber data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi PNPM Mandiri-KP di Desa Prapag Kidul adalah dengan mengoptimalkan strategi pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan dimana kelompok masyarakat nelayan berperan dalam mengatasi kebutuhan-kebutuhan akan iklim pemberdayaan, pelatihan SDM, memberikan rasa aman dalam konteks pelaksanaan program, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, pemberian sarana dan prasarana, serta beberapa kegiatan-kegiatan yang menunjang usaha dibidang perikanan dan kelautan, (2) Hambatan strategi PNPM Mandiri-KP di Desa Prapag Kidul adalah pada pengembangan modal usaha untuk produksi hasil perikanan bagi masyarakat nelayan yang berdampak pada pengembangan kegiatan ekonomi masyarakat bidang kelautan dan perikanan. Berdasarkan hasil penelitian diberikan saran : (1) pemerintah harus memberi dukungan yang komprehensif dalam PNPM Mandiri-KP, (2) peningkatan kemitraan antara Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dengan mayarakat untuk meningkatkan usaha para nelayan agar mampu menciptakan kesejahteraan dikalangan nelayan miskin.

5 Kata Kunci Pemberdayaan Masyarakat, PNPM Mandiri-KP

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "IBNU FAKHRURROJI, 1201406012 Strategi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan (PNPM Mandiri-KP) di Desa Prapag Kidul Kecamatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google