Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ADAM NUR SYARIF HIDAYAT, 4101405083 PENGARUH KETERAMPILAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ADAM NUR SYARIF HIDAYAT, 4101405083 PENGARUH KETERAMPILAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS."— Transcript presentasi:

1 ADAM NUR SYARIF HIDAYAT, PENGARUH KETERAMPILAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ADAM NUR SYARIF HIDAYAT - NIM : PRODI : Pendidikan Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - adam_nsh pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Zaenuri Mastur, S.E, M.Si, Akt - PEMBIMBING 2 : Dra. Sunarmi, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul PENGARUH KETERAMPILAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

4 Abstrak Pada pembelajaran matematika di sekolah, guru hendaknya menggunakan strategi yang banyak melibatkan siswa aktif dalam belajar serta menyenangkan bagi siswa agar siswa dapat menyukai pelajaran matematika. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kegiatan belajar mengajar dengan model STAD ini memungkinkan siswa untuk aktif dan mengembangkan keterampilan kooperatif mereka. Keterampilan kooperatif diharapkan dapat melancarkan hubungan kerja sama dan tugas siswa dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman serta hasil belajar siswa. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keterampilan kooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Kubus dan Balok dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan kooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Kubus dan Balok dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 305 siswa yang terbagi dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dan dipilih siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi sederhana antara keterampilan kooperatif dan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok adalah Persamaan regresi tersebut, setelah dianalisis bersifat linear dan koefisien arah regresinya berarti yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat diprediksi dari nilai keterampilan kooperatif yang diperoleh. Hasil penelitian juga menunjukkan korelasi antara keterampilan kooperatif dan hasil belajar siswa adalah r = 0,8060. setelah dilakukan pengujian ternyata koefisien korelasi tersebut signifikan yang berarti keterampilan kooperatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kubus dan Balok dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengaruh keterampilan kooperatif tersebut sebesar 64,96% yang dapar dilihat dari koefisien determinasi pada regresi linear sederhana. Berdasarkan penelitian tersebut, maka peneliti memberi saran agar dalam proses pembelajaran matematika pada materi pokok Kubus dan Balok guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan kooperatif dan hasil belajar siswa.

5 Kata Kunci keterampilan kooperatif, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe STAD

6 Referensi Anni, Catharina Tri, dkk Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES. Arikunto, Suharsimi Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Dimyati dan Mudjiono Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Ibrahim, Muslimin dkk Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press Musfiqi, Shin’an Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw pada Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivis terhadap Keterampilan Kooperatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 6 Semarang pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linier dan Kuadrat. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Semarang. Natawidjaja, Rochman Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud. Slavin, Robert E Cooperatif Learning Theory.Research and Practice. John Hopkins University. Sudjana Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sugandi, Achmad, dkk Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES. Sugiyono Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Suherman, Erman, dkk Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Suyitno, Amin Dasar-dasar dan proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

7 Terima Kasih


Download ppt "ADAM NUR SYARIF HIDAYAT, 4101405083 PENGARUH KETERAMPILAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google