Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

3. 5 Gerak Relatif 3.5.1 Gerak Relatif Satu Dimensi Gerakan relatif berkaitan erat dengan kerangka acuan. Posisi, jarak, atau kecepatan tergantung kerangka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "3. 5 Gerak Relatif 3.5.1 Gerak Relatif Satu Dimensi Gerakan relatif berkaitan erat dengan kerangka acuan. Posisi, jarak, atau kecepatan tergantung kerangka."— Transcript presentasi:

1 3. 5 Gerak Relatif Gerak Relatif Satu Dimensi Gerakan relatif berkaitan erat dengan kerangka acuan. Posisi, jarak, atau kecepatan tergantung kerangka acuan yang digunakan. Sebagai ilustrasi, misal Amir berdiri di tepi jalan mengamati kendaraan yang dikendarai oleh Chairul. Betty yang mengendarai kendaraan dengan kecepatan konstan juga mengamati kendaraan yang dikendarai oleh Chairul. Anggap Amir dan Betty mengamati kendaraan yang dikendarai oleh Chairul tepat pada waktu yang sama.

2 Amir Betty Chairul

3 A C x BA x CA x CB B Kerangka acuan Kerangka acuan Gambar 3.7 Gerak Relatif Satu Dimensi Kerangka acuan yang diam atau bergerak dengan kecepatan konstan disebut kerangka acuan inersial

4 AB C x BA x CA x CB x CA adalah posisi C diukur oleh A atau posisi C relatif terhadap A x BA adalah posisi B diukur oleh A atau posisi B relatif terhadap A x CB adalah posisi C diukur oleh B atau posisi C relatif terhadap B

5 AB C x BA x CA x CB A adalah kerangka acuan yang mengukur kecepatan B dan C. B adalah kerangka acuan yang mengukur kecepatan C. = = = Sehingga x CA = x CB + x BA (3.5.1) Posisi C yang diukur oleh A = x CA Posisi B yang diukur oleh A = x BA Posisi C yang diukur oleh B = x CB (3.5.2)

6 Karena v BA konstan, maka a BA = 0 Jadi a CA = a CB (3.5.3)

7 Contoh 3.8 Amir berdiri di tepi jalan memperhatikan mobil yang dikendarai oleh Chairul menuju ke arah barat. Betty yang berada pada kendaraan lainnya yang menuju ke arah timur dengan kelajuan 52 km/jam, juga memperhatikan kendaraan yang dikendarai oleh Chairul. Pertanyaan: a)Jika Amir mengukur kelajuan kendaraan Chairul 78 km/jam, berapakah laju kendaraan Chairul jika diukur oleh Betty? b)Jika Amir melihat mobil Chairul berhenti setelah 10 detik, berapakah percepatannya saat itu? c) Berapakah percepatan mobil Chairul pada soal b) jika diukur oleh Betty?

8 3.5.2 Gerak Relatif Dua Dimensi Gerakan relatif dua dimensi ditunjukkan seperti Gambar 3.8 berikut. x y x y Frame A P Frame B v BA r PA r BA r PB Gambar 3.8 Gerak Relatif Dua Dimensi

9 Dari Gambar 3.8 didapat r PA = r PB + r BA (3.5.4) Turunan (3.4.14) v PA = v PB + v BA (3.5.5) Turunan (3.4.15) a PA = a PB + a BA Karena v BA konstan, maka a BA = 0. Sehingga, a PA = a PB (3.5.6)

10 Contoh 3.10 Kompas sebuah pesawat udara menunjukkan sedang menuju ke arah timur. Indikator kecepatan udara menunjukkan 215 km/jam. Tiupan angin 65,0 km/jam ke arah utara. Pertanyaan: a)Berapakah kecepatan pesawat terhadap permukaan bumi? b)Jika pilot harus menerbangkan pesawat ke arah timur, ke manakah pesawat harus di arahkan?


Download ppt "3. 5 Gerak Relatif 3.5.1 Gerak Relatif Satu Dimensi Gerakan relatif berkaitan erat dengan kerangka acuan. Posisi, jarak, atau kecepatan tergantung kerangka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google