Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Senja Rokhma Kurniawan, S.Kom., S.ST.  Memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab seorang administrator dan layanan-layanan jaringan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Senja Rokhma Kurniawan, S.Kom., S.ST.  Memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab seorang administrator dan layanan-layanan jaringan."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Senja Rokhma Kurniawan, S.Kom., S.ST

2  Memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab seorang administrator dan layanan-layanan jaringan yang harus dikuasai

3  Pengenalan Administer dan Administrasi Jaringan

4  Tugas dan tanggung jawab seorang administrator  Layanan-layanan di jaringan

5  Waley Soyinka, Linux Administrator: A Beginner’s Guide, Mc Graw Hill, 2009  Olaf Kirch and Terry Dawson, Linux Network Administrator Guide, Oreilly, 2000  Thomas A Limoncelli, Christina J Hogan and Strata R. Chalup, The Practice of System and Network Administration, Addison Wesley, 2007

6  Keamanan (Security)  Manajemen User (User Administration)  Penanganan Masalah (Trouble Shooting)  Perbaikan dan Peningkatan (Upgrades)  Membuat Cadangan (Backups)

7  Komputer dalam jaringan dan data harus terproteksi dari pihak yang tidak berhak.  Pecegahan pelanggaran keamanan dari suatu percobaan atau niat jahat.

8 Administrator Jaringan memberikan akses kepada Jaringan.  Membuat User Account  Mengurus User Account  Menghapus User Account Hak Administrator diatas, didasarkan atas professional pekerjaan. Sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

9  Mengatasi dengan segera segala permasalahan yang terjadi dalam jaringan (persoalan-persoalan teknis yang umum)  Menjaga aktivitas jaringan setiap harinya, bertanggung jawab agar jaringan tetap berjalan dengan baik.

10  Melakukan perbaikan dan peningkatan seiring dengan Perkembangan Teknologi yang terjadi.  Seorang Administrator Jaringan mencoba untuk mengadaptasi teknologi terbaru dengan tidak menggangu aktivitas yang sedang berjalan.

11  Melakukan pem-backup-an data pada file server jaringan.  Mengantisipasi terhadap kejadian yang diluar dugaan (bencana, kemalangan)

12  Overview Of Networking  Jenis-Jenis Jaringan Komputer  Manfaat Jaringan Komputer  Protokol TCP/IP  Main Core

13 JARINGAN komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel- kabel atau tanpakabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama- sama menggunakan hardware/ software yang terhubung dengan jaringan. Setiapkomputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

14  LAN (LOCAL AREA NETWORK)  MAN ( METROPOLITAN AREA NETWORK)  WAN (WIDE AREA NETWORK)

15  Resource Sharing, dapat menggunakan sumber daya yang ada secara bersama-sama. Misal seorang pengguna yang berada 100km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut,seolah-olah data tersebut bera dadidekatnya. Halini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.  Reliabilitas Tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy kedua, tiga atulebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesinrusak, maka salinan dimesin yang lain bisadi gunakan.  Menghemat Uang, Komputer berukutan kecil mempunyai rasioharga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kalilipat kecepatan komputerkecil/ pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidak seimbangan rasioharga/ kinerja dan kecepatan ini lahmembuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer komputer pribadi.

16  Awal mula TCP/IP disebut NCP(Network Control Protocol), merupakan proyek penelitian dari Departemen Pertahanan AS untuk ARPAnet(Advanced Research Project Agency Network)  TCP bertanggung jawab melakukan transmisi data yang tepat dari suatu node pada jaringan kejaringan yang lain  TCP melakukan koneksi dengan komputer lain, TCP membuat dan mengirimkan paket yang diminta oleh komputer yang menginginkannya

17  Protokol IP berfungsi mengatur pengiriman data agar sampai ketujuan yang tepat. Agar masing-masing komputer yang terhubung ke jaringan dapat dikenali, maka tiap komputer diberi alamat yang unik yang disebut IP address.  Spesifikasi Protokol IP: 1. Tidak tergantung pada jenis host dan peralatan (termasuk router) 2. Dapat dijalankan pada berbagai jenis jaringan 3. Adaptif terhadap perubahan dan pertumbuhan jaringan 4. Mampu menghubungkan jaringan berteknologi lama dan baru. 5. Dapat mendukung koneksi layer atas yang Conection Oriented maupun Connectionless

18  File Sharing & Printer Sharing: mempermudah pertukaran dan pengolahan data, sehingga pengaksesan file pada komputer lain menjadi lebih mudah  Database: sekumpulan informasi yang diorganisir dengan suatu cara sehingga aplikasi komputer dapat dengan mudah mengambil data yang diinginkan  DNS (domain name server) : layanan pada jaringan yang berfungsi menerjemahkan domain menjadi alamat IP suatu komputer. Misal: mengakses maka DNS server akan menerjemahkannya menjadi

19  WEBSITE: merupakan kumpulan dari halaman- halaman web yang saling berhubungan (memiliki hyperlink/ link)dan memiliki tema tertentu -URL (uniform resource locator): sistem penamaan situsweb -WWW: merupakan bagian dari protokol bahasa HTTP yang paling populer, dibangun oleh CERN, sebuah laboratorium fisika di EROPA, mulai dikembangkan semenjak tahun 1991.

20 -HTML(hypertext markup language): bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat diakses dalam web. -Chat: sebuah fasilitas internet yang memungkinkan sejumlah pengguna yang bergabung didalamnya untuk berkomunikasi atau bercakap-cakap secara langsung (real-time) lewat tulisan yang diketikkan oleh masing-masing peserta chat. Contoh program chat yang terkenal yaitu IRC dan ICQ. - (singkatan dari electronicmail)atau surat elektronik ialah pesan tertulis yang dikirim dari seorang pengguna komputer kepada pengguna komputer yang lain dengan menggunakan fasilitas program pengiriman data yang disediakan oleh sebuah server komputer yang terhubung dengan internet.

21 -HTML (hypertext markup language): bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat diakses dalam web -Chat: sebuah fasilitas internet yang memungkinkan sejumlah pengguna yang bergabung didalamnya untuk berkomunikasi atau bercakap-cakap secara langsung (real-time) lewat tulisan yang diketikkan oleh masing-masing peserta chat. Contoh program chat yang terkenal yaituIRC dan ICQ. - (singkatan dari electronicmail) atau surat elektronik ialah pesan tertulis yang dikirim dari seorang pengguna komputer kepada pengguna komputer yang lain dengan menggunakan fasilitas program pengiriman data yang disediakan oleh sebuah server komputer yang terhubung dengan internet.

22 -Mailing List disingkat Milis yaitu kumpulan atau daftar dari sejumlah alamat yang digabungkan menjadi satu alamat . yang dikirim oleh seorang anggota milis ke alamat milis tersebut akan diterima secara serentak oleh seluruh anggota milis yang bersangkutan. Dengan demikian akan terjadi semacam diskusi tertulis jarak-jauh antar para anggota milis -Download yaitu mengambil file (baik berupa file program, teks, gambar, audio, video, danlain-lain) dari dari sebuah komputer di internet ke komputer pribadi (user). Kebalikannya adalah Upload yaitu mengirim file dari komputer sendiri (user) ke komputer lain lewat jalur atau fasilitas internet.

23 -FTP (file transfer protocol) : merupakan protokol yang bertanggung jawab pada pertukaran file di internet. -SFTP (securer transfer protocol) -SCP (secure copy), bekerja diatas protokol SSH (secure Shell) untuk proses autentifikasi dan data transfer sehingga data dan file yang dilewatkan mendapatkan keuntungan dari fitur enkripsi & keamanan protokol SSH

24 -WAP (wirelss application protocol) : pengaksesan internet via peralatan wireless (tanpa kabel) seperti handphone, PDA Keuntungan WAP : 1-Sangat ringkas 2-Mudah digunakan 3-Dimana saja dengan syarat ada sinyal telepon 4-Bisa menggunakan media apa saja

25 -WEBLOG: aplikasi website yang berisi komentar yang secara berkala diperbarui oleh pemiliknya. Bisaber macam-macamtopik, mulai dari diary pribadi, agenda politik atau program komersial.

26


Download ppt "Oleh: Senja Rokhma Kurniawan, S.Kom., S.ST.  Memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab seorang administrator dan layanan-layanan jaringan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google