Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AGUS SETIADI, 6101403519 HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN PUKULAN DRIVE PADA MAHASISWA PESERTA UKM TENIS UNIVERSITAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AGUS SETIADI, 6101403519 HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN PUKULAN DRIVE PADA MAHASISWA PESERTA UKM TENIS UNIVERSITAS."— Transcript presentasi:

1 AGUS SETIADI, HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN PUKULAN DRIVE PADA MAHASISWA PESERTA UKM TENIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2007

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AGUS SETIADI - NIM : PRODI : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi - JURUSAN : Jasmani Kes. & Rekreasi - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - goes_wawung pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. TRI NURHARSONO, M. Pd - PEMBIMBING 2 : RUMINI, S. Pd, M. Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN PUKULAN DRIVE PADA MAHASISWA PESERTA UKM TENIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2007

4 Abstrak Permasalahan penelitian adalah : 1) Apakah ada hubungan kekuatan otot lengan dengan kemampuan pukulan drive pada mahasiswa peserta UKM Tenis Universitas Negeri Semarang Tahun 2007?, 2) Apakah ada hubungan kelincahan dengan kemampuan pukulan drive pada mahasiswa peserta UKM Tenis Universitas Negeri Semarang Tahun 2007?, dan 3) Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dan kelincahan dengan kemampuan pukulan drive pada mahasiswa peserta UKM Tenis Universitas Negeri Semarang Tahun 2007?. Tujuan penelitian untuk untuk mengetahui : 1) Ada atau tidaknya hubungan kekuatan otot lengan dengan kemampuan pukulan drive, 2) Ada atau tidaknya hubungan kelincahan dengan kemampuan pukulan drive, dan 3) Ada atau tidaknya hubungan antara kekuatan otot lengan, kelincahan dengan kemampuan pukulan drive. Populasi penelitian ini mahasiswa peserta UKM Tenis Universitas Negeri Semarang Tahun 2007 sebanyak 18 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling, yaitu pengambilan seluruh populasi yaitu mahasiswa peserta UKM Tenis Universitas Negeri Semarang Tahun 2007 sebanyak 18 orang sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian ini meliputi kekuatan otot lengan dan kelincahan sebagai variabel besar dan kemampuan pukulan drive sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengukuran. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana maupun ganda. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (r1y) sebesar 0,642 > rtabel =0,468, yang berarti ada hubungan kekuatan otot lengan dengan kemampuan pukulan drive. Koefisien korelasi (r2y) sebesar 0,495 > rtabel =0,468, yang berarti ada hubungan kelincahan dengan kemampuan pukulan drive. Koefisien korelasi (r123y) sebesar 0,741. Keberartian Koefisien korelasi ganda tersebut diuji dengan uji F, hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 9,155 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, yang berarti ada hubungan antara kekuatan otot lengan dan kelincahan dengan kemampuan pukulan drive. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran kepada pelatih : 1) Untuk mendapatkan pukulan drive yang keras dan akurat, perlu memberikan basis latihan kekuatan kekuatan otot lengan dan latihan kelincahan secara terprogram dan terencana, dan 2) Saat latihan pukulan drive, perlu menekankan latihan mengombinasikan kekuatan otot lengan dan kelincahan agar menjadi suatu gerakan terpadu sehingga dapat menghasilkan pukulan yang keras dan akurat.

5 Kata Kunci Tines, pukulan drive

6 Referensi A.A Katali. 1971, Olahraga Tenis Jilid I. Jakarta : Bumi Restu. Barron’s Tennis Course Techniques and Tactics Vol. 1. Hongkong : Barron’s Education Series, Inc. Bompa O., Tudor, Theory and Methodology of Training. Dubugue Lowa : Hunt Publising Company. Brown, Jim. 2002, Tenis Tingkat Pemula. Jakarta; PT Radja Grapinda Persada. Depdikbud, Tes Keterampilan Bermain Tenis. Jakarta. _________, Penilaian Kesegaran Jasmani..Jakarta : Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi. Harsono, Ilmu Choacing. Jakarta : PIO KONI PUSAT Lardner, Rex, Teknik Dasar Tenis. Semarang : Dahara Prize. Magethi, Bey, Tenis Para Bintang. Bandung : Pioner Jaya. M. Sajoto. 1995, Peningkatan Dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang : Dahara Prize. Pearce, Evelin C., Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis, Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama. R. Soekarman, Dasar Olahraga untuk Pembina, Pelatih dan Atlet. Jakarta : Pt. Midas Surya Grafindo. Scharff, Robert, Bimbingan Main Tenis Cepat Dan Mudah. Jakarta : Mutiara. Smith, Stan, Science of Coaching Tennis. Leisure Pres. Suharno HP, Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta : Yayasan STO. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Sutrisno Hadi Metodologi Research. Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM. Tony Motram, Fundamental Tenis. Semarang : Dahara Prize. Yudo Prasetio Belajar Tenis Jilid II. Jakarta : Bhatara Karya Aksara. Poerwo Darminto, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

7 Terima Kasih


Download ppt "AGUS SETIADI, 6101403519 HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN PUKULAN DRIVE PADA MAHASISWA PESERTA UKM TENIS UNIVERSITAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google