Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perusahaan Digital: E-Business dan E-Commerce Laudon & Laudon, Chapter 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perusahaan Digital: E-Business dan E-Commerce Laudon & Laudon, Chapter 4."— Transcript presentasi:

1 Perusahaan Digital: E-Business dan E-Commerce Laudon & Laudon, Chapter 4

2 Teknologi Internet dan Perusahaan Digital  Internet dengan cepat menjadi infrastruktur pilihan untuk e-commerce krn menawarkan cara yang lebih mudah untuk berhubungan dengan bisnis/individu yang lain dengan biaya yang sangat murah.  Internet menyediakan serangkaian teknologi dan standar teknologi yang universal dan mudah digunakan untuk semua organisasi, apapun platform teknologi informasi dan sistem komputer yang digunakan.

3 What is the internet ??  Internet = International network  Jaringan internasional yang merupakan kumpulan dari beribu- ribu jaringan privat maupun publik maupun publik

4 Survey 1. Apakah Anda sudah pernah menggunakan fasilitas yang ada di internet? 2. Seberapa sering Anda menggunakan internet? 3. Apa saja yang Anda lakukan dengan internet?

5 What you can do on the internet?  Komunikasi dan kolaborasi  Akses informasi  Partisipasi dalam diskusi  Supply informasi  Mencari hiburan  Transaksi bisnis

6 WWW World Wide Web  Sebuah sistem dengan standar yang diterima secara universal untuk penyimpanan, mendapatkan kembali/membuka kembali, memformat dan menampilkan informasi dalam sebuah lingkungan jaringan.

7 Web Site  Semua halaman world wide web yang disediakan/dibuat oleh sebuah organisasi atau individu

8  Teknologi internet dapat membantu perusahaan untuk mengurangi biaya transaksi secara radikal.  Biaya transaksi terdiri dari biaya pencarian pembeli dan penjual, biaya pengumpulan informasi produk, biaya negosiasi, membuat dan melaksanakan kontrak, dan mengirimkan barang dagangan.  Manajer dapat menggunakan dan kapabilitas komunikasi internet lainnya untuk mengawasi sejumlah besar karyawan, mengelola sejumlah pekerjaan dan sub kegiatan dalam proyek dan untuk mengkoordinasikan pekerjaan dari sejumlah tim kerja di bagian dunia yang berbeda.

9 Electronic Commerce  Electronic Commerce adalah proses pembelian dan penjualan barang dan jasa secara elektronik dengan transaksi melalui internet, jaringan dan teknologi digital lainnya.

10 Kategori Electronic Commerce  Business-to-Consumer (B2C): e-commerce yang menjual produk dan jasa kepada pembeli individual. Contoh: BarnesandNoble.com menjual buku, software, dan musik kepada konsumen individu.  Business-to-Business (B2B): e-commerce yang menjual barang dan jasa antar bisnis/perusahaan. Contoh: Website Milacron untuk penjualan mesin, cetakan dasar dan alat yang berhubungan, perlengkapan, dan jasa untuk perusahaan pemrosesan plastik  Consumer-to-Consumer (C2C): e-commerce dimana konsumen menjual secara langsung dengan konsumen. Contoh: eBay, website pelelangan raksasa memungkinkan orang untuk menjual barangnya kepada konsumen lain dengan cara lelang.

11 Retail Berbasis Pelanggan (Customer-Centered Retailing)  Internet menyediakan saluran komunikasi dan interaksi yang baru yang dapat menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan dengan biaya yang lebih efektif dalam penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan.  Perusahaan dapat menggunakan web untuk menyediakan informasi terkini, jasa dan dukungan, menciptakan interaksi positif dengan pelanggan yang dapat menjadi dasar hubungan jangka panjang dan pembelian ulang.

12 Cara Retail Berbasis Pelanggan  Penjualan langsung melalui web (tanpa melalui perantara).  Pemasaran interaktif dan personalisasi  Swalayan, misalnya pelanggan menghitung sendiri biaya pengiriman, melihat jadwal penerbangan pesawat dll.

13 Business-to-Business Electronic Commerce  Saat ini, sekitar 80% B2B e-commerce berbasis pada sistem yang ada pada Electronic Data Interchange (EDI).  EDI memungkinkan pertukaran antar komputer antara dua organisasi yang memiliki transaksi standar seperti faktur, jadwal pengiriman, atau pesanan pembelian.  Transaksi secara otomatis dikirimkan melalui satu sistem informasi ke sistem informasi lainnya tanpa proses pencetakan dan penanganan kertas kerja dan tanpa melalui input data.

14 EDI Sistem Supplier Sistem Perusahaan Data Pengiriman Data Pembayaran Persyaratan Produksi/Persediaan Pengisian kembali secara Terus-Menerus

15 Contoh Sistem Pembayaran Elektronik Sistem Pembayaran KeteranganContoh Kartu kredit digital Menjamin jasa pembayaran kartu kredit melalui internet yg akan melindungi pengiriman informasi antar users, lokasi barang dan pemrosesan eCharge Dompet Digital (digital wallet) Software yg menyimpan kartu kredit dan informasi lain untuk mempermudah pembayaran barang di Web MSN Wallet MasterCard Wallet Kas Digital (Digital cash) Mata uang digital yang dapat digunakan untuk pembayaran dalam jumlah kecil atau besar eCoin.net

16 Sistem Pendukung Electronic Commerce  Terdapat 3 pilihan: 1. Menggunakan web server dengan perlengkapan untuk membangun sistem sendiri. 2. Membeli paket server system electronic commerce. 3. Outsourcing sistem kepada penyedia jasa e-commerce.

17 Electronic Business  Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk koordinasi dan komunikasi organisasional dan manajemen perusahaan

18 Intranet  Perusahaan mengambil manfaat dari koneksivitas dan kemudahan penggunaan teknologi internet untuk menciptakan jaringan korporasi internal yang disebut dengan intranet yang berdasar pada teknologi internet  Intranet adalah jaringan internal yang berdasar pada internet dan teknologi dan standar world wide web

19 Aplikasi Fungsional Intranet Akuntansi & Keuangan Produksi & Manufaktur Pemasaran & Penjualan SDM Intranet Perusahaan

20 Manfaat Intranet bagi Organisasi  Konektivitas: Dapat diakses dari hampir semua platform komputer.  Dapat dikaitkan dengan sistem legacy dan transaksi database utama.  Dapat menciptakan aplikasi interaktif dengan teks, audio dan video.  Dapat diterapkan pada platform komputer lebih besar/lebih kecil sesuai perubahan kebutuhan.  Mudah digunakan, universal Web browser interface.  Biaya awal rendah.  Lebih kaya, lingkungan informasi lebih responsif.  Mengurangi biaya distribusi informasi.

21 Aplikasi Intranet untuk Electronic Business  Keuangan dan akuntansi Contoh: Aplikasi pelaporan data analisis SMART menyediakan manajer gambaran menyeluruh tentang aktivitas keuangan organisasi, termasuk evaluasi resiko. FinWeb, merupakan sistem on- line pelaporan buku besar umum dengan format yang mudah dipahami. Contoh: Aplikasi pelaporan data analisis SMART menyediakan manajer gambaran menyeluruh tentang aktivitas keuangan organisasi, termasuk evaluasi resiko. FinWeb, merupakan sistem on- line pelaporan buku besar umum dengan format yang mudah dipahami.  Sumber daya manusia Karyawan dapat menggunakan intranet untuk akses informasi rencana tabungan perusahaan, kinerja historis, dan mengalokasikan kembali dana, mengambil manfaat dari model alokasi modal untuk membuat keputusan. Karyawan dapat menggunakan intranet untuk akses informasi rencana tabungan perusahaan, kinerja historis, dan mengalokasikan kembali dana, mengambil manfaat dari model alokasi modal untuk membuat keputusan.

22 Lanj..  Penjualan dan pemasaran Dapat digunakan untuk mengkoordinasikan aktivitas dari tenaga penjualan. Staf penjualan dapat mengakses informasi terbaru tentang harga, promosi, diskon, pelanggan atau pesaing. Dapat digunakan untuk mengkoordinasikan aktivitas dari tenaga penjualan. Staf penjualan dapat mengakses informasi terbaru tentang harga, promosi, diskon, pelanggan atau pesaing.  Produksi dan manufaktur Contoh: 3D models, dapat mengeksplorasi dengan lebih cepat ide-ide, feedback yang lebih baik, dan siklus pengembangan yang lebih pendek. Menyediakan data untuk pengukuran kualitas, pemeliharaan dan skedul training. Contoh: 3D models, dapat mengeksplorasi dengan lebih cepat ide-ide, feedback yang lebih baik, dan siklus pengembangan yang lebih pendek. Menyediakan data untuk pengukuran kualitas, pemeliharaan dan skedul training.

23 Extranet  Extranet adalah intranet privat yang diperluas untuk pengguna dari luar organisasi yang telah diberi izin.  Perusahaan dapat menggunakan intranet dan extranet untuk mengkoordinasikan kegiatan mereka dengan perusahaan lain untuk melakukan pembelian, kolaborasi desain, dan kegiatan antar organisasi lainnya.

24 Perdagangan Kolaboratif  Adalah penggunaan teknologi digital yang memungkinkan sejumlah organisasi mendesain, mengembangkan, memindahkan, dan mengelola produk secara kolaboratif melalui siklus hidupnya.

25 Perdagangan Kolaboratif Supplier Customer Pemasaran & Penjualan Manufacturing Extranet Perusahaan Engineer

26 Responsi 1. Apa perbedaan e-commerce dan e- business? 2. Ada 3 kategori e-commerce yaitu B2C, B2B, dan C2C, jelaskan. 3. Apa perbedaan intranet dan extranet.


Download ppt "Perusahaan Digital: E-Business dan E-Commerce Laudon & Laudon, Chapter 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google