Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Integrasi Sosial Salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat majemuk spt Indonesia adalah rawan terjadinya konflik horizontal ( disintegrasi ). Oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Integrasi Sosial Salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat majemuk spt Indonesia adalah rawan terjadinya konflik horizontal ( disintegrasi ). Oleh."— Transcript presentasi:

1 Integrasi Sosial Salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat majemuk spt Indonesia adalah rawan terjadinya konflik horizontal ( disintegrasi ). Oleh karena itu untuk mewujutkan integrasi nasional yang tangguh menurut William Liddle adalah apabila : Salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat majemuk spt Indonesia adalah rawan terjadinya konflik horizontal ( disintegrasi ). Oleh karena itu untuk mewujutkan integrasi nasional yang tangguh menurut William Liddle adalah apabila : 1. Sbg besar anggota masyarakat itu 1. Sbg besar anggota masyarakat itu menyadari bhw mereka mrpk warga menyadari bhw mereka mrpk warga dari suatu negara ( bangsa Indonesia) dari suatu negara ( bangsa Indonesia)

2 2. Konsensus nasional mengenai bgmn suatu khdp bersama sbg bangsa hrs diwujutkan atau diselenggarakan, konsensus nasional mengenai nilai yang akan mendasari hubungan Sosial diantara para anggota masyarakat bangsa.Karena sistem nilai sbgmn yang dinyatakan oleh Max Weber,merupakan dasar pengesahan suatu masyarakat

3 3. Koersi (pemaksaan) Pemaksaan yang dilakukan oleh pemerintah, karena mempunyai kewenangan dan kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan kelompok lain. Karena pemerintah mempunyai alat negara yang berupa tentara atau angkatan bersenjata.

4 Sistem Sosial Budaya Indonesia itu pada dasarnya dapatlah dikatakan sebagai suatu Sistem Politik Indonesia artinya bahwa dalam realitasnya berbagai sub sistem yang terdapat pada SSBI di bawah pengaruh yang sangat dominan dari sub sistem politik (pemerintah)

5 Kenyataan yang demikian itu harus dipahami mengingat : 1. Latar belakang masyarakat Indonesia yang bersifat majemuk dan secara geografis terdiri dari negara kepulauan, sehingga rawan terjadinya disintegrasi. Oleh karena itu, muncul pernyataan politik yang berupa Sumpah Pemuda

6 2. Perkembangan masyarakat Indonesia yang belum merata, dimana konsentrasi pembangunan dan kemajuan masih didominasi oleh kota kota besar dan utamanya kota kota yang berada dipulau Jawa. Artinya daerah pedesaan di luar pulau Jawa yang jumlahnya sangat banyak itu dapat dikatakan masih tertinggal.

7 3. Keadaan sosial ekonomi masyarakat yang masih timpang, artinya masih terlalu banyak penduduk yang sosial ekonominya tergolong rendah, terutama mereka yang tinggal di daerah pedesaan. Misal masih banyak penduduk yang hanya berpendidikan rendah bahkan tak berpendidikan, dan masih banyak penduduk yang tergolong setengah penganggur atau penganggur.

8 4. Pengaruh dunia internasional yang tidak semua sesuai dengan kondisi yang ada pada masyarakat sesuai dengan kondisi yang ada pada masyarakat Indonesia dapat masuk setiap saat kedalam segenap Indonesia dapat masuk setiap saat kedalam segenap relung kehidupan masyarakat Indonesia relung kehidupan masyarakat Indonesia Masih terdapat beberapa faktor lain yang dapat memperlihatkan bahwa Sistem Sosial Budaya Indonesia itu sebagai suatu sistem politik. Oleh karena itu, peran sub sistem politik ( pemerintah) terhadap segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia sangat besar. Sehingga SSBI dapat dikatakan pula sebagai suatu Sistem Politik

9

10


Download ppt "Integrasi Sosial Salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat majemuk spt Indonesia adalah rawan terjadinya konflik horizontal ( disintegrasi ). Oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google