Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. LINEAR PROGRAMMING Pertemuan 04 Matakuliah: J1186 - Analisis Kuantitatif Bisnis Tahun: 2009/2010 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. LINEAR PROGRAMMING Pertemuan 04 Matakuliah: J1186 - Analisis Kuantitatif Bisnis Tahun: 2009/2010 2."— Transcript presentasi:

1 1

2 LINEAR PROGRAMMING Pertemuan 04 Matakuliah: J1186 - Analisis Kuantitatif Bisnis Tahun: 2009/2010 2

3 Framework Aplikasi Model Grafik dalam LP Analisis Model Grafik Pendekatan Simpleks Kriteria dan Tahap dalam Simpleks

4 Let: –X1 = number of Walkmans –X2 = number of Watch-TVs Then: –4X1 + 3X2  240: electronics constraint –2X1 + 1X2  100: assembly constraint –7X1 + 5X2 = profit: maximize profit Formulasi Model

5 Langkah-Langkah Solusi Grafik Gambarkan model batasan sebagai persamaan pada grafik Dengan mempertimbangkan ketidaksamaan batasan, tunjukan area solusi yang layak Selesaikan persamaan secara simultan pada titik solusi untuk menemukan solusi yang paling optimal

6 Hours Required to Produce 1 Unit DepartmentX1X1 Walkmans X2X2 Watch-TV’s Available Hours This Week Electronic43240 Assembly21100 Profit/unit$7$5 Constraints: 4x 1 + 3x 2  240 (Hours of Electronic Time) 2x 1 + 1x 2  100 (Hours of Assembly Time) Objective:Maximize: 7x 1 + 5x 2

7 0 20 40 60 80 100 120 01020304050607080 Number of Walkmans (X 1 ) Number of Watch-TVs (X 2 ) Electronics (Constraint A) Assembly (Constraint B) Batasan Kendala

8 Daerah Fisibel 0 20 40 60 80 100 120 01020304050607080 Number of Walkmans (X 1 ) Number of Watch-TVs (X 2 ) Electronics (Constraint A) Assembly (Constraint B) Feasible Region

9 0 20 40 60 80 100 120 01020304050607080 Number of Walkmans (X 1 ) Number of Watch-TVs (X 2 ) Electronics (Constraint A) Assembly (Constraint B) 7*X 1 + 5*X 2 = 210 7*X 1 + 5*X 2 = 420 Garis Kendala 1 dan 2

10 0 20 40 60 80 100 120 01020304050607080 Number of Walkmans (X 1 ) Number of Watch-TVs (X 2 ) Electronics (Constraint A) Assembly (Constraint B) ISO-Profit Line Solution Point (X 1 =30, X 2 =40) Solusi Optimal

11 Kesimpulan tentang Metode Grafik Pendekatan grafik dianggap kurang efisien untuk pemecahan masalah pemrograman linear Penggambaran grafik  makan waktu Pendekatan grafis hanya terbatas pada 2 variabel Jika solusi yang layak dan titik solusi optimal telah ditentukan dari grafik, persamaan secara simultan dipecahkan untuk menentukan nilai X 1 dan X 2 pada titik solusi

12 Latihan Soal : Lihat Buku Referensi


Download ppt "1. LINEAR PROGRAMMING Pertemuan 04 Matakuliah: J1186 - Analisis Kuantitatif Bisnis Tahun: 2009/2010 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google