Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kerjasama, Penggabungan, dan Peleburan beberapa perusahaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kerjasama, Penggabungan, dan Peleburan beberapa perusahaan."— Transcript presentasi:

1 Kerjasama, Penggabungan, dan Peleburan beberapa perusahaan

2 Pengertian o Di negara yang maju seperti USA telah terjadi bentuk-bentuk kerjasama antara dua atau lebih perusahaan. o Merger adalah penggabungan dari dua perusahaan yang menggunakan nama perseroan dari salah satu perusahaan yang bergabung. o Amalgamation adalah penggabungan dari beberapa perusahaan yang menggunakan nama perseroan yang baru. o Combination adalah Kerjasama, Penggabungan, dan peleburan beberapa perusahaan.

3 Jenis-jenis kelompok combination combination yang tidak mengakibatkan meleburnya operasi.  Gentlemen’s agreements Hanyalah merupakan persetujuan-persetujuan antara perusahaan mengenai daerah penjualan, harga, atau lainnya dengan maksud menghindarkan persaingan. Sifatnya temporer dan tidak tertulis. Berhasil tidaknya tergantung pada kesanggupan dan kemauan baik dari para anggotanya.

4 Jenis-jenis kelompok combination combination yang tidak mengakibatkan meleburnya operasi.  Pools, association agreements, dan cartels Pools adalah kerjasama yang lebih formal merupakan pengelompokkan dari para perusahaan yang sebenarnya bersaingan, dengan pengendalian harga, patents, pasar, hasil-hasil, atau pendapatan-pendapatan melalui sebuah organisasi sentral.

5 Jenis-jenis kelompok combination combination yang tidak mengakibatkan meleburnya operasi.  Community of interest Pengelompokkan atau kerjasama antara perusahaan yang terpisah ke dalam suatu “Sphere of influence” melalui seseorang karena seseorang itu memiliki saham perusahaan-perusahaan tersebut atau oleh sekelompok pemegang saham yang mempersatukan dirinya dalam suatu perkumpulan karena adanya kesamaan kepentingan atau hubungan keluarga atau kekariban.

6 Jenis-jenis kelompok combination combination yang tidak mengakibatkan meleburnya operasi.  Interlocking Directorate Tidak lebih dari suatu perjanjian yang disebabkan oleh sifat permanen di dalam tr ansaksi antara dua perusahaan, sehingga perlu adanya efficiency dan effektivitas pada transaksi-transaksi itu yang sifatnya menguntungkan kedua belah pihak.

7 Jenis-jenis kelompok combination Combination yang mengakibatkan penguasaan terhadap unit-unit perusahaan yang berdiri sendiri tetapi terkoordinasikan  Trusts Dapat digunakan untuk pemusatan kontrol terhadap beberapa perusahaan dengan cara penyerahan “controlling stock” kepada suatu “board of trustees”. Ada tiga jenis Trust : 1.Business Trust 2.Voting Trust 3.Testamentary Trust

8 Jenis-jenis kelompok combination Combination yang mengakibatkan penguasaan terhadap unit-unit perusahaan yang berdiri sendiri tetapi terkoordinasikan  Holding Companies Suatu perseroan yang memiliki saham dari satu atau lebih perusahaan, sehingga dapat menguasai suara dan pekerjaan perusahaan-perusahaan tersebut. Cara-cara Holding Companies melakukan control terhadap subsidiaries. 1. Induk perusahaan mengambil inisiatif membentuk suatu perusahaan baru secara yuridis terpisah dan menahan semua saham bersuara demi kepentingan penguasaan di dalamnya. 2. Induk perusahaan dapat membeli kepentingan pengawasan terhadap perusahaan yang telah ada dengan salah satu cara yaitu membeli tunai saham- sahamnya atau menukarkan saham-sahamnya dengan saham perusahaannya sendiri. Tujuan utama Holding Companies 1. Tujuan Managerial 2. Tujuan Financial 3. Tujuan Engineering 4. Kombinasi dari semuanya.

9 Jenis-jenis kelompok combination Combination yang mengakibatkan peleburan operasi/kegiatan :  Yang tidak mengakibatkan fusi antara perusahaan- perusahaan, yaitu “The Lease”  Yang mengakibatkan fusi secara langsung dan menghilangkan identitas satu atau lebih perusahaan- perusahaan yang telah berdiri :  Mergers  Consolidations/Amalgamation

10 Jenis-jenis kelompok combination  Mergers Dikatakan merger apabila dua perseroan berfusi, dengan salah satu dari yang dua tetap hidup dengan nama perseroannya dan yang satunya lenyap dengan segala nama kekayaannya ke dalam perseroan yang tetap hidup. Apabila di dalam fusi itu kedua-duanya kehilangan identitas perseroannya sama-sama masuk ke dalam suatu perseroan yang baru didirikan dengan seluruh kekayaannya, maka fusi semacam ini disebut Consolidation atau Amalgamation. Ada tiga jenis Merger : 1. Merger Vertikal 2. Merger Horisontal 3. Conglomerate

11 Jenis-jenis kelompok combination 1. Merger Vertikal Penggabungan dua perusahaan yang bersambungan dalam hal produksi. contoh : Perusahaan Ban dengan Perusahaan Mobil. 2. Merger Horisontal Penggabungan dua atau lebih perusahaan yang sejenis. Bersatunya perusahaan yang berurutan seperti tahap produksi apakah dengan yang sebeleumnya ataupun dengan yang sesudahnya disebut pula Integration. Sebaliknya apabila perusahaan yang telah bergabung itu kembail sendiri-sendiri, seperti semula disebut Differention. Differention sering diartikan sama dengan Paraleliasi yaitu menjual berbagai barang pada suatu toko, kebalikannya dari Spesialisasi yaitu penjualan barang yang sejenis pada suatu toko. 3. Conglomerate Merger antara berbagai perusahaan yang menghasilkan berbagai jenis produk yang berbeda-beda dan tidak ada kait-mengkaitnya.

12 Pertumbuhan Perusahaan  Perusahaan didirikan dengan maksud mencapai tujuan-tujuan tertentu, disamping adanya perusahaan yang gagal, terdapat pula perusahaan yang tumbuh dan berkembang. Pertumbuhannya menampakkan dalam dua bentuk : 1. Bertambah besarnya usaha yang dilakukan 2. Tumbuh dalam bentuk sentralisasi atau konsolidasi dengan perusahaan yang sama atau beda usahanya. Tampak juga pertumbuhannya secara visual dengan bertambahnya mesin-mesin atau bangunan dibandingkan pada awalnya. Pertambahan fisik ini disebut dengan Accretion atau Aggregation. Dengan adanya penggabungan seperti ini maka timbulah kantor pusat dan hilanglah Establishment yaitu pabrik atau sekelompok pabrik dalam suatu perusahaan dan dalam suatu lokasi yang diurus dengan menggunakan suatu perangkat buku-buku rekening. Sedangkan yang disebut dengan Central Office bilamana sebuah kantor pusat yang mengurusi perusahaan-perusahaan lebih dari satu lokasi atau beberapa perusahaan dengan berbeda-beda lokasinya, dengan disediakan buku- buku tersendiri bagi masing-masing perusahaan.


Download ppt "Kerjasama, Penggabungan, dan Peleburan beberapa perusahaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google