Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By Azhar Arranirie, S.Pd www.azharsmp13.wordpress.com www.smpn13-mlg.sch.id.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By Azhar Arranirie, S.Pd www.azharsmp13.wordpress.com www.smpn13-mlg.sch.id."— Transcript presentasi:

1 By Azhar Arranirie, S.Pd

2 Komputer Komputer berasal dari kata “to compute” dalam bahasa lnggris atau “computare” dalam bahasa Latin yang memiliki arti ”menghitung” karena komputer pertama diciptakan hanya sebagai mesin penghitung. Definisi komputer yang dibuat oleh para ahli berbeda- beda sesuai dengan lingkupnya.

3 Definisi Komputer: Menurut buku Computer Today Komputer adalah suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data input (masukan), memproses data tersebut, dan menghasilkan output (keluaran) berdasarkan Iangkah-Iangkah perintah pada program yang tersimpan di memori. Menurut Hamacher adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan merighasilkan output berupa informasi.

4 Informasi: Perkembangan komputer yang begitu pesat menjadikan komputer tidak hanya mampu menghitung, melainkan juga mengolah data yang berbentuk alfanumerik maupun numerik (teks). Sementara itu, untuk penghitungan skala kecil telah dikembangkan suatu alat yang biasa disebut kaIkuator. Untuk mewujudkan konsep komputer sebagai pengolah data dan penghasil informasi, diperlukan sistem komputer.

5 Sistem Komputer Sistem komputer terbagi menjadi 3 bagian: 1. Hardware (perangkat keras), 2. Software (perangkat lunak), dan 3. Brainware (pengguna komputer). Hardware: merupakan peralatan yang membentuk fisik komputer. Software: merupakan program yang instruksi/perintah untuk melakukan pengoahan data. Brainware mengacu pada manusia yang mengoperasi- kan dan mengendaikan sistem komputer.

6 Harus dipahami Ketiga komponen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Keduanya (hardware dan software) tidak berfungsi apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

7 Penggolongan Komputer awalnya dilakukan berdasarkan besar memori yang digunakan sebagai penyimpan data pada komputer. Komputer yang memiliki memori berupa RAM (Random access memory) atau ROM (Read Only Memory) antara 512 KB hingga 1 MB disebut komputer mikro dan yang Iebih dan 1 MB disebut komputer mini. Komputer dapat digolongkan berdasarkan kemampuan pengolahan data dan bentuk fisiknya: 1. Mainframe (Superkomputer) 2. Personal Computer (PC) 3. Dedicate Computer 4. Embedded Computer 5. Komputer Portabel

8 1. Mainframe (Superkomputer) Mainframe merupakan komputer yang memiliki ratusan atau ribuan unit prosesor sehingga kemampuannya sangat besar dan berukuran besar. Biasanya, komputer semacam ini ditujukan untuk banyak pemakai (multiuser) dan dapat juga menjalankan program yang berbeda pada saat yang bersamaan (multitasking).

9 2. Personal Computer (PC) / Microcomputer adalah komputer yang berukuran relatif kecil dan ditujukan untuk satu pemakai (single user). Komputer ini terdiri atas monitor, keyboard, mouse, dan CPU (Central Processing Unit). PC terbagi menjadi 2 jenis: 1. Tower (menara) casing diletakkan dengan posisi berdiri (vertikal). 2. Desktop merupakan komputer yang memiliki casing diletakkan dengan posisi tidur (horizontal)

10 3. Dedicated Computer Dedicated Computer adalah komputer yang dibuat untuk tujuan tertentu saja, sebagai contoh: Video Game 4. Embedded Computer Embedded Computer adalah komputer yang berfungsi sebagai unit kontrol dan ditempatkan diperalatan yang membutuhkan pengendalian otomatis, sebagai contoh: Robot

11 5. Komputer Portabel Komputer Portabel adalah komputer yang berukuran lebih kecil dari PC sehingga mudah dibawa dan dipindahkan. Contoh: Notebook/Labtop, Palmtop/PDA NotebookPDA (Personal Digital Assistant) Palmtop

12 Komputer dapat digolongkan berdasarkan data yang diolah: 1. Komputer analog: digunakan untuk mengolah data kualitatif berdasarkan input dari lingkungan yang nyata, bekerja secara kontinyu dan paralel. Contoh: Komputer yang digunakan di rumah sakit untuk mengukur suhu dan kelembaban. 2. Komputer digital: digunakan untuk mengolah data kuantitatif, yaitu huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter-karakter khusus berdasarkan input dari pulsa elektronik. Contoh: PC (Personal Computer) 3. Komputer hibrid: merupakan kombinasi antara komputer analog dan digital. Contoh: Faximili.


Download ppt "By Azhar Arranirie, S.Pd www.azharsmp13.wordpress.com www.smpn13-mlg.sch.id."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google