Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Komputer Understanding Data Disampaikan oleh: Almatius Setya Marsudi, S.E. Ak. M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Komputer Understanding Data Disampaikan oleh: Almatius Setya Marsudi, S.E. Ak. M.Si."— Transcript presentasi:

1 Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Komputer Understanding Data Disampaikan oleh: Almatius Setya Marsudi, S.E. Ak. M.Si.

2 Agenda Pelatihan UNDERSTANDING DATA VERIFY FUNGSI : MEMASTIKAN VALIDITAS DATA  COUNT, TOTAL FUNGSI : MEMASTIKAN KEBENARAN SCOPE DATA  STATISTIC, PROFILE FUNGSI : MENDAPATKAN GAMBARAN UMUM TENTANG DATA  SEQUENCE, DUPLICATES, GAPS FUNGSI : MEMASTIKAN KELENGKAPAN ENTRY TRANSAKSI

3 UNDERSTANDING DATA 1.VERIFY ( FUNGSI : MEMASTIKAN VALIDITAS DATA ) Langkah ini umumnya merupakan langkah pertama yang dilakukan dalam analisis data dengan tujuan untuk menguji valid tidaknya data dalam suatu file.  Menganalisa data berdasarkan field, untuk memastikan bahwa data konsisten dengan jenis field yang dimaksud.  Untuk memastikan tidak adanya error pada setiap record dan field-nya. Misalnya untuk field karakter akan dicek apakah ada karakter yang unprintable sedangkan untuk field numeric akan dicek apakah penulisan angkanya tidak tepat seperti terdapat lebih dari satu tanda positif, minus bahkan terdapat huruf abjad didalamnya.

4 UNDERSTANDING DATA 2.COUNT, TOTAL ( FUNGSI : MEMASTIKAN KEBENARAN SCOPE DATA ) Langkah ini dilakukan dalam analisis data dengan tujuan untuk memastikan bahwa data dalam keadaaan lengkap dan tidak hilang selama pembuatan file atau ketika download data. Command (perintah yang digunakan) :  COUNT Perintah untuk menghitung banyaknya record (baris) dalam suatu file.  TOTAL Perintah untuk menampilkan total satu atau lebih field (kolom) numerik dalam suatu file.

5 UNDERSTANDING DATA 3.STATISTIC, PROFILE ( FUNGSI : MENDAPATKAN GAMBARAN UMUM DATA )  STATISTIC Perintah untuk memberikan gambaran statistik field- field numerik. Informasi yang disediakan antara lain jumlah record, total, rata-rata, range antara nilai tertinggi dan terendah, nilai tertinggi/terendah (highest/ lowest).  PROFILE Perintah ini memberikan ringkasan informasi statistik dari satu atau beberapa field numerik pada suatu file input yaitu nilai total, nilai absolut, nilai minimum, nilai maksimum. Hasil perintah profile akan digunakan menjadi nilai default perintah STRATIFY, HISTOGRAM DAN SAMPLE.

6 UNDERSTANDING DATA 4.SEQUENCE, DUPLICATES, GAPS (FUNGSI : MEMASTIKAN KELENGKAPAN ENTRY TRANSAKSI)  SEQUENCE Perintah untuk menentukan atau memeriksa apakah key field dalam suatu input file definition (IFD) berada dalam susunan squential (keterurutan data).  DUPLICATES Perintah untuk menemukan adanya duplikasi record dan mencari apakah suatu field tertentu berisi nilai yang unik (Completeness).

7 UNDERSTANDING DATA  GAPS Perintah untuk memverifikasi bahwa seluruh record dalam suatu sequence telah lengkap dan untuk mendeteksi apakah key field dalam file berisi gaps dalam pengurutannya (Uniqueness).


Download ppt "Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Komputer Understanding Data Disampaikan oleh: Almatius Setya Marsudi, S.E. Ak. M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google