Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

4. INPUT & OUTPUT Mohammad Fadly Syahputra Pengantar Teknologi Informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "4. INPUT & OUTPUT Mohammad Fadly Syahputra Pengantar Teknologi Informasi."— Transcript presentasi:

1 4. INPUT & OUTPUT Mohammad Fadly Syahputra Pengantar Teknologi Informasi

2 Overview Topik yang akan dibahas: – Peralatan yang didisain khusus untuk input program dan data ke sistem komputer, untuk output atau keduanya. – Contoh alat input/output yang banyak digunakan

3 Defenisi Alat Input : menukarkan data dan program yang dipahami manusia kedalam bentuk yang dipahami CPU. Alat Output : menukarkan kembali rentetan bit yang digunakan komputer kedalam bentuk yang dipahami manusia.

4 INPUT

5 Keyboard Keyboard dapat dibedakan dalam jumlah kuncinya (key), pengaturan kunci,jenis kunci khusus dan sentuhannya. Function keys ; kunci fungsi yang digunakan untuk fungsi-fungsi tertentu yang biasa digunakan paket-paket software untuk memudahkan pemakaian aplikasinya. Numeric keypad ; kunci numerik yang digunakan untuk memudahkan memasukkan nomor dengan cepat. Bisa spesifik (unik) untuk sebuah industri tertentu. – Kunci pada keyboard McDonald’s mewakili Burger Big Mac, Fillet O Fish.

6 Keyboard Keyboard QWERTY

7 Keyboard Ergonomic Keyboard Keyboard yang didisain untuk kenyamanan dan mengurangi ketegangan otot. Bentuknya lebih alami, posisi yang nyaman untuk pergelangan tangan.

8 Title Keyboard Dvorak

9 Chorded Keyboard Menggunakan kombinasi Kunci Untuk Menghasilkan Input

10 Mouse Termasuk Alat penunjuk Alat penunjuk (pointing device) digunakan untuk memanipulasi pointer di skrin terutama skrin yang berbasis grafik (screen-based graphical control) Mouse mekanik (mechanical mouse) bekerja dengan membaca posisi penunjuknya (pointer) berdasarkan pergerakan bola yang berputar pada mouse pad.

11 Mouse Mouse optikal (optical mouse) bekerja menggunakan onboard chip untuk melacak sinar cahaya ketika terpantul dari permukaan meja maupun mouse pad. Keuntungan optical mouse adalah mudah dirawat dan tidak bergantung pada mouse pad Operasi umum yang dilakukan mouse adalah: clicking, scrolling, dan dragging

12 Mouse Optical Mouse Mechanical Mouse

13 Electronic Pen Electronic pen: alternatif lain untuk alat penunjuk yang digunakan untuk memilih objek, menulis atau menggambar di skrin. Termasuk Pointing device Alat yang menggunakan input pena: – Graphics /Digitizing tablets – Signature capture devices – Pen-based computers

14 Touch Screen Berupa monitor yang peka thdp sentuhan. Pengguna hanya menyentuh skrin untuk mengaktifkan perintah tertentu. Merupakan alat input dan output Digunakan pada sistem pelayanan informasi Seperti : Kiosk Konsumen, Pembelian tiket kereta api dll.

15 Pointing Device Lain Track Ball

16 Pointing Device Lain Data Glove

17 Pointing Device Lain Joystik Touchpad Pointing Stick

18 Peranti Input Untuk Gambar Terformat  Bentuk input sudah ditentukan.  Jenis2 peranti : 1. Bar Code Reader; - Digunakan untuk membaca bar code suatu produk - Banyak digunakan di supermarket/swalayan

19 Peranti Input Untuk Gambar Terformat 2. Magnetic Ink Character Recognition (MICR) - Membaca karakter khusus dgn tinta khusus - Tinta di magnetisasi oleh MICR, data dibaca & diterjemahkan menjadi sinyal digital. - Contoh nomor dalam Cek di bank.

20 Peranti Input Untuk Gambar Terformat 3. Optical Mark Recognition (OMR) Membaca blok tulisan pensil dengan bantuan refleksi cahaya Digunakan untuk memeriksa jawaban ujian dengan kertas khusus. Contoh ujian SPMB.

21 Peranti Input Untuk Gambar Terformat 4.Scanner Otomatisasi data sumber (Source data automation) yaitu pengumpulan data dalam bentuk yang dapat dibaca mesin. Source data automation digunakan untuk mengubah dokumen sumber (source documents) dalam bentuk digital dan umumnya dilakukan dengan menggunakan scanner. Optical scanner: menukarkan image, photo, gambar dan tulisan tangan dalam bentuk digital

22 Peranti Input Untuk Gambar Terformat Beberapa Optical Scanner Flatbed Scanner Handheld Scanner Sheetfed Scanner

23 Kamera digital Kamera Digital: merekam data pada media digital selain film. Kamera digital tsb dihubungkan langsung ke PC melalui port atau media digital yang dihubungkan ke alat pembaca (reader) yang dipasangkan ke PC. Kamera digital biasanya disertai dengan software yang dapat digunakan untuk mentransfer image ke PC dan menghapus image dalam media

24 Kamera digital

25 Peranti Input Biometrik Fingerprint Reader Digunakan untuk membaca sidik jari seseorang Hasil pembacaan yaitu data gambar menyatakan Bentuk sidik jari seseorang – Digunakan untuk mengakses tempat yang rahasia, juga sebagai absensi

26 Peranti Input Biometrik

27 Pembaca Retina Pembaca retina mata digunakan untuk membaca retina mata seseorang dan menghasilkan suatu identitas. Digunakan untuk prngrnalan identitas dalam keadaan yang memerlukan sekuriti yang tinggi seperti untuk memasuki ruangan rahasia.

28 Peranti Input Biometrik

29 OUTPUT

30 Display Device (Monitor) Display devices; jenis alat output yang umum digunakan. Beberapa teknologi yang digunakan dalam alat display : – CRT – LCD – LED – PLASMA

31 Display Device (Monitor) CRT (cathode ray tube) menggunakan tabung kaca seperti yang digunakan untuk televisi standar. Gun-like mechanism didalam tabung akan menyemburkan (spray) sinar elektron ke skrin dan akan menghasilkan titik-titik warna yang membentuk image.

32 Display Device (Monitor)

33 LCD (liquid crystal display) menghasilkan image dengan memanipulasi cahaya dalam lapisan sel kristal cair (liquid crystal). Teknologi LCD memiliki ukuran yang “compact”, ringan dan mudah dibaca. Kebanyakan digunakan pada komputer notebook. Standalone LCD disebut juga LCD monitor atau flat panel display LCD monitor mempunyai emisi radiasi yang rendah, portabel dan lebih jelas tetapi lebih mahal dari CRT monitor.

34 Display Device (Monitor)

35 LED (Light Emitting Diode) Pada dasarnya monitor led hampir sama dengan monitor lcd. yg membedakan hanya sumber cahaya yg digunakan. Dahulu, layar LCD menggunakan CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) sebagai sumber cahaya di belakang, namun dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi pergeseran ditandai terhadap penggunaan LED (Light Emitting Diode) sebagai sumber cahaya.

36 Display Device (Monitor) Keuntungan dari LED adalah sebagai berikut: – LED dapat mencapai kecerahan tertinggi jauh lebih cepat daripada CCFL, selain itu, LED juga lebih terang daripada CCFL – warna yg ditampilakn oleh LED terlihat lebih netral daripada warna milik CCFL – tipis sehingga hemat tempat, Tahan lama, dan juga lebih mahal karena kelebihannya ini..

37 Display Device (Monitor)

38 Plasma screen; teknologi yang menghasilkan image di skrin dengan cara memperjelas (illuminating) cahaya warna flourescent yang tersusun di panel-like screen. Disebut plasma adalah berdasarkan gas yang mengisi cahaya flourescent yang memberikan kilau cahayanya. Plasma screen juga ringan, compact dan lebih mahal dari CRT. Kualitas image yang dihasilkan berdasarkan: – Ukuran skrin (screen size) – Ukuran diameter pixel (Dot pitch) – Lebar sudut pandangan (width viewing angle) – Resolusi dan Kedalaman warna (color depth)

39 Display Device (Monitor)

40 Ukuran skrin adalah pengukuran (dalam inch) dari satu sudut skrin secara diagonal ke sudut yang lain. Umumnya ukuran skrin monitor berkisar antara 14”-21” Bagi kebanyakan skrin monitor, image yang dapat dilihat (viewable) tidak menutupi permukaan skrin. Terdapat batas hitam (black border) dipinggir skrin yang menyebabkan image menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Komputer sekarang sudah memberikan ukuran image yang dapat dilihat (viewable image size-vis) selain ukuran skrin (dalam inch)

41 Display Device (Monitor) Dot pitch (dp) digunakan untuk mengukur kejelasan (clarity). Dot pitch adalah jarak (dalam mm) antara pixel. Semakin kecil ukuran diameter dot pitch maka semakin tajam gambar/image yang ditayangkan. Pixel – titik cahaya kecil yang membentuk sebuah image. Monitor sekarang memiliki dot pitch antara 0.26 dan 0.23 yaitu ukuran diameternya sebesar 26/100 dan 23/100mm. Standar dot pitch yang dapat diterima adalah ≤ 0.31mm.

42 Display Device (Monitor) Lebar sudut pandangan (viewing angle width) menentukan seberapa jauh dari sisi skrin image masih dapat dilihat dengan jelas. Sudut pandangan yang lebar berarti kita dapat melihat image dari berbagai posisi dengan kualitas yang baik. Kedalaman warna (color depth) atau disebut juga bit depth. PC display memepunyai kemampuan menampilkan berjuta-juta warna. 24bit color depth (true color) menyatakan PC dapat menampilkan 19juta warna dan menghasilkan image dengan kualitas foto. Jumlah warna yang dapat ditampilkan juga bergantung kepada besarnya memory video.

43 Display Device (Monitor) Resolusi adalah ketajaman image yang ditampilkan di skrin. Yaitu jumlah pixel secara horizontal dan vertikal yang ditampilkan di skrin. Resolusi pada display PC umumnya disebut VGA (Video Graphic Array) selain itu ada jenis SVGA (Super Video Graphic Array), XGA (eXtended Graphic Array), SXGA (Super XGA) dan UXGA (ultra XGA).

44 Printer Kualitas atau ketajaman hasil cetak ditentukan oleh resolusi printer- yaitu kerapatan titik (dots) yang membentuk image. Resolusi printer diukur berdasarkan jumlah dots yang dicetak per inchi (dpi). Pada jarak baca normal resolusi 900 dpi dapat dibaca oleh mata manusia walaupun jika diperhatikan masih kelihatan corak titik2 tsb, Kecepatan printer diukur dengan pages per menit (ppm) atau character per second (cps) pages per menit – kecepatan printer PC Berdasarkan cara mencetak, printer dibedakan: – Impact Printer – NonImpact Printer

45 Impact Printer Ada kontak fisik dengan kertas untuk menghasilkan image Line printer – Mencetak satu line program seketika(at once) – Biasanya digunakan pada mainframe untuk mencetak laporan yang panjang. Dot-matrix printer – Memiliki print head yg tdd satu atau lebih kolom pin. – Pin akan membentuk karakter dan image sebagai corak-corat titik (pattern of dots)

46 Line Printer Mekanisme Line printing

47 Line Printer Line Printer output Line Printer

48 Dot Matrix Printing Mekanisme Dot Matrix printing

49 Dot Matrix Printing Dot Matrix Printer Output Dot Matrix Printer

50 Non-Impact Printer Meletakkan image dalam sebuah halaman kertas tanpa adanya kontak fisik dengan kertas. Ink-jet printer – Sprays titik2 tinta dari jet nozzles – Black White dan Color – Memerlukan kertas yg high quality – Lebih murah dari laser printer. Laser printer – Menggunakan light beam untuk mentransfer image ke kertas. – Menghasilkan output yang high-quality dengan sangat cepat.

51 Ink-jet printer Menghasilkan image dengan menyemprotkan beratus-ratus tetes tinta ke kertas yang membentuk karakter dan grafik. Mudah digunakan, harga terjangkau dan kualitas warna yang bagus.

52 Ink-jet printer Mekanisme Inkjet Printer dengan Piezo Actuator Mekanisme Inkjet Printer dengan Bubble Jet

53 Ink-jet printer

54 Laser printer Bekerja seperti mesin fotocopy. Dapat mencetak setidaknya pages per minute (ppm), dengan resolutions paling sedikit 600 dpi Pada mulanya hanya dapat mencetak hitam putih tapi printer laser berwarna sudah mulai diproduksi

55 Laser printer Mekanisme laser printing

56 Laser printer

57 Printer Kegunaan Khusus Photo Printer Plotter Printer Portable Printer Bar Code Printer

58 SELESAI Pertanyaan ?


Download ppt "4. INPUT & OUTPUT Mohammad Fadly Syahputra Pengantar Teknologi Informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google