Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Apklikasi Enkripsi pada Yahoo! Messenger. 2 Pengantar Yahoo! Messenger (YM) adalah program aplikasi instant messaging Aplikasi client-server Pesan ditransmisikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Apklikasi Enkripsi pada Yahoo! Messenger. 2 Pengantar Yahoo! Messenger (YM) adalah program aplikasi instant messaging Aplikasi client-server Pesan ditransmisikan."— Transcript presentasi:

1 1 Apklikasi Enkripsi pada Yahoo! Messenger

2 2 Pengantar Yahoo! Messenger (YM) adalah program aplikasi instant messaging Aplikasi client-server Pesan ditransmisikan melaui jaringan internet Pesan (client pengirim)  Server YM  Pesan (client penerima). Pesan tidak dienkripsi oleh YM selama transimisi dari client-servent-client. Mudah disadap (eavesdropping). Tidak seperti Google Talk atau GAIM yang mengenkripsi transmisi pesan.

3 3 Arsitektur YM

4 4 Struktur Paket

5 5 Solusi (1) Enkripsi pesan yang ditransmisikan dari client (sender) Dekripsi pesan yang diterima client (receiver). Program enkripsi “ditanam” pada masing- masing aplikasi YM pengirim dan penerima. Ditanam sebagai program add-in atau plug-in.

6 6 Solusi (2)

7 7 Solusi (3) Misalkan algorima enkripsi yang digunakan adalah adalah algoritma RSA.

8 8 Solusi (4)

9 9 Solusi (5)

10 10 Hasil (1)

11 11 Hasil (2)

12 12 Hasil (4)

13 13 Saran Pengembangan Pengguna tidak mengetikkan pesan melalui aplikasi plug-in, tetapi langsung dari ruang ketik Yahoo! Messenger (hidden plug-in). Bisa dikembangkan untuk instant messaging lainnya seperti Pidgin.

14 14 Referensi 1.Mohamad Irvan Faradian, Analisis dan Implementasi Pengamanan Pesan pada Yahoo! Messenger dengan Algoritma RSA, Makalah IF5054 Kriptografi, David Susanto, Implementasi Algoritam Kriptografi Kunci-Publik RSA Sebagai Plug-in Aplikasi Instant Messaging Yahoo! Messenger, Makalah IF5054 Kriptografi, 2007.

15 15

16 16


Download ppt "1 Apklikasi Enkripsi pada Yahoo! Messenger. 2 Pengantar Yahoo! Messenger (YM) adalah program aplikasi instant messaging Aplikasi client-server Pesan ditransmisikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google