Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Website : YM : FB :

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Website : YM : FB :"— Transcript presentasi:

1 Website : YM : FB :

2 NETWORKING Jaringan komputer / Networking adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah: Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting Akses informasi: contohnya web browsing

3 Klasifikasi Jaringan Berdasarkan Skala Bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Personal Area Network (PAN) Campus Area Network (CAN) Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas. Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu km. Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet. Global Area Network (GAN)

4 Topologi Jaringan  Topologi Jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti :  Topologi bus  Topologi bintang  Topologi cincin  Topologi mesh  Topologi pohon  Topologi linier

5 Perangkat Jaringan  Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. 1. Lan Card / NIC (Network Interface Card) 2. Conector RJ45 3. Kabel UTP 4. HUB 5. Server 6. Modem 7. WIFI

6 Lan Card / NIC  NIC dalambuku ini adalah kartu jaringan atau LAN Card berupa papan elektronik yang nantinya ditanam atau dipasang di setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan. Jaringan ini tidak terbatas pada LAN (Local Area Network) saja bisa juga Workgroup.

7 Kabel UTP dan Conector RJ45  Kabe UTP dan NIC menjadi satu kesatuan yang berfungsi untuk menghubungkan komputer saty dengan komputer lain.

8 HUB  HUB = suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa Node atau titik sehingga membentuk suatu jaringan pada topologi star. Pada jaringan yang umum dan sederhana salah satu port menghubungkan HUB tersebut ke komputer Server. Sedangkan port lainnya digunakan untuk menghubungkan komputer client atau workstation yang sudah memiliki NIC untuk membentuk suatu jaringan.

9 Tang Criping dan Tester  Tang Criping = perangkat/toll untuk pengkabelan memotong, penyusunan kabel  Tester = Perangkat untuk mengetahui apakah kabel jaringan tersebut terhubung dan tersusun dengan benar.

10 WIFI  Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE Standar terbaru dari spesifikasi a atau b, seperti g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.


Download ppt "Website : YM : FB :"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google