Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Workshop Penulisan Soal Indonesia Januari 2010 Penyaji: Mark Butler Greg Reid.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Workshop Penulisan Soal Indonesia Januari 2010 Penyaji: Mark Butler Greg Reid."— Transcript presentasi:

1 Workshop Penulisan Soal Indonesia Januari 2010 Penyaji: Mark Butler Greg Reid

2 DESAIN UJIAN

3 Soal ujian yang baik tidak terlalu sulit tidak terlalu mudah memiliki tingkatan kesulitan soal memiliki tingkatan kesulitan stimulus memiliki tingkatan jenis stimulus mengukur keahlian/skil yang berbeda membahas silabus menarik bagi siswa/i

4 Kesulitan ujian 15% mudah (> 70% benar) 35% sedang (50-70% benar) 35% agak sulit (30-49% benar) 15% sulit (< 30% benar)

5 Soal yang mudah adalah mudah karena membutuhkan sebuah pemahaman yang sederhana BUKAN karena Jawabannya menonjol Menggunakan kata-kata yang sama sebagaimana stem (pertanyaan)nya Menggunakan pengetahuan yang umum

6 Soal yang sulit adalah sulit karena membutuhkan pemahaman yang lebih BUKAN karena Memiliki kosa kata yang tidak umum Instruksinya tidak jelas Menggunakan diagram atau teks yang membingungkan Memiliki banyak kata yang tidak perlu

7 Tingkatan (Range) kemampuan siswa/i Biasanya, di negara-negara maju, tingkatan (range) kemampuan siswa/i adalah 5 tahun di kelas mana saja. Ini berarti bahwa di rata-rata kelas 9, beberapa siswa/i memiliki standar kelas 7, dan beberapa yang lainnya memiliki standar kelas 11.

8 MATERI STIMULUS

9 Materi Stimulus teks (narasi, penjelasan, pendapat, informasi) diagram/map grafik tabel kombinasi dari yang diatas

10 Materi stimulus harus mengandung beberapa gagasan yang kompleks sehingga serangkaian keahlian dapat diukur seharusnya mengandung gagasan-gagasan yang tidak dapat diprediksi sehingga para siswa/i tidak dapat menduga jawabannya

11 Stimulus yang baik Menyajikan informasi secara jelas Padat dan langsung ke inti masalah Menarik bagi siswa/i Benar secara fakta Seharusnya tidak mengandung pengulangan atau detail yang tidak perlu.

12 Grafik berikut memperlihatkan tinggi Mario dan Lita sejalan dengan bertambahnya umur mereka. Stimulus yang buruk Informasi yang tidak benar

13 SOAL UJIAN

14 Soal ujian yang baik memberitahukan kepada pada siswa/i apa yang harus mereka kerjakan memfokuskan pada satu aspek kunci pembelajaran menyajikan tugas riil yang membuat para siswa tertarik adil untuk para siswa dengan latar belakang yang berbeda

15 Soal ujian yang baik jelas dan tidak kabur menggunakan kosa kata sesederhana mungkin menggunakan struktur kalimat paling sederhana menggunakan kata-kata sesedikit mungkin

16 Soal ujian yang buruk konteks tidak relevan Irene akan membungkus kotak ini dengan kertas. Paling sedikit, berapa banyak kertas pembungkus yang akan dia gunakan?

17 Meligop, siliwa tillip bin offalju. Quamap bilong effi tillip jntano plsicanr. Q Siliwa yutrewb quppolfr isnc? Asyyjk lypiundeg Bjntano plsicanr Cgooyt se pidnfin Dmeskuj adsfnome

18 Meligop, siliwa tillip bin offalju. Quamap bilong effi tillip jntano plsicanr. Q What did the siliwa tillip? Siswa/i dapat mencocokkan kata-kata dari soal dengan stimulus serta menyalin jawabannya tanpa mengetahui makna teksnya.

19 Suatu hari seorang petani tua sedang menjelang ajal. Dia memanggil dua anak laki-lakinya yang malas secara bersamaan. “Anakku,” katanya, “saya akan memberitahukan sebuah rahasia kepada kalian. Saya kubur… harta karun …lapangan. Lihat…” Dia meninggal sebelum menyelesaikan kalimatnya. Q1Apakah rahasia yang diberitahukan oleh petani tersebut kepada kedua anak laki-lakinya sebelum meninggal? Q2Menurut Anda, kira-kira apakah bunyi kalimat terakhirnya secara lengkap?

20 MCQ (Multiple Choice Question / Pertanyaan dengan banyak jawaban)

21 Terminologi MCQ Tula memiliki 3 bunga. Ayah memberinya 2 bunga lagi. Secara keseluruhan berapa banyak bunga yang dimiliki oleh Tula ? A. 2 B. 3 C. 4 D. 5 kunci (jawaban yang benar) distraktor Stem

22 Sebuah kalimat yang belum lengkap Sebuah pertanyaan yang dinyatakan secara jelas Stem harus mengandung informasi yang cukup agar siswa/i dapat menjawab pertanyaannya. Masukkan kata-kata di stem yang mungkin diulang di pilihan-pilihan jawabannya.

23 Stem yang buruk Di dalam kisah ini, Mitch Aadalah seekor anjing. Bbahagia. Csedang membuat kue. Dadalah ayah Ann.

24 Stem yang buruk Carl pergi ke Asungai dengan keluarganya. Bpantai dengan keluarganya. C taman dengan keluarganya. Dgunung dengan keluarganya.

25 Kemana Carl pergi dengan keluarganya? Asungai Bpantai Ctaman Dgunung

26 Stem Negatif Hindari penggunaan stem negatif karena dapat menimbulkan kebingungan. Jika Anda harus menggunakan stem yang negatif, berikan tekanan pada kata tidak dengan huruf tebal. jika Anda harus menggunakan stem yang negatif, pilihan-pilihan jawabannya tidak boleh negatif.

27 Lokasi kunci Seharusnya lokasi kunci tidak memiliki pola yang jelas. Pastikan bahwa kunci tidak selalu berupa pilihan jawaban yang paling panjang. Kunci tidak boleh lebih menonjol dari distraktor.

28 Distraktor yang baik panjangnya mirip dengan kunci ditulis dengan gaya serupa dengan kunci masuk akal dan menarik, tetapi tidak benar Tidak memberikan petunjuk untuk menjawab soal yang lain

29 4 pilihan jawaban yang baik harus berbeda harus tidak tumpang tindih Satu distraktor tidak boleh menjadi penghubung dari yang lainnya. Jangan gunakan kata-kata ‘tidak pernah’, ‘selalu’ ‘semua’, ‘hanya’ dan ‘tidak satupun’ di dalam pilihan jawaban. Jangan pernah menggunakan ‘semua dari yang di atas’atau ‘tidak satupun dari yang di atas’.

30 Soal ujian yang buruk Dengan apa Faizal ke pasar malam? Akendaraan umum Bbus Cjalan kaki Dsepeda

31 PERTANYAAN TERBUKA

32 Pertanyaan terbuka sederhana Soal ujian harus membiarkan para siswa untuk memberikan jawaban yang tidak benar. Jika semua jawaban benar, maka soal tersebut tidak terlalu ada gunanya.

33 Soal dengan pertanyaan terbuka yang baik memiliki petunjuk penilaian yang jelas membiarkan siswa/i untuk memberikan jawaban yang benar dengan beberapa kata saja kebanyakan waktu harus dialokasikan untuk memikirkan solusi, TIDAK untuk mencatat jawaban.

34 Soal dengan nilai parsial harus membiarkan siswa/i untuk memberikan rangkaian (range) jawaban harus secara jelas membedakan antara jawaban yang sederhana dan jawaban yang lebih sulit

35 Seekor singa tua berkata bahwa dia sedang sekarat dan dia menginginkan semua hewan untuk menjenguknya. Rubah datang mendekati gua singa tetapi kemudian berhenti. Singa bertanya kenapa rubah berdiri terlalu jauh darinya. Rubah menjawab,’Karena banyak jalan masuk ke gua kamu, tetapi tidak ada satupun jalan ke luar gua.’ Mengapa singa meminta hewan-hewan untuk mengunjunginya? ______________________________________ Rubah dan Singa

36 Soal dengan Nilai Parsial 2merujuk pada keinginan untuk memakan mereka Singa ingin memakan mereka. Singa ingin menangkap mereka untuk makan malam. 1Merujuk pada singa yang sekarat atau tua/sakit Singa sedang sekarat. Singa sedang sakit keras. 0 jawaban kabur, tidak jelas atau tidak benar Singa menyukai rubah. Singa ingin berbaik hati.

37 Layout soal Panjang baris untuk jawaban harus menunjukkan berapa sebuah banyak tulisan yang diharapkan dari siswa/i. Satu baris pendek cukup untuk sebuah jawaban satu kata. Dua atau tiga baris memberikan isyarat bahwa siswa/i harus menulis satu atau dua kalimat.

38 Model (contoh) soal-soal yang baik Australian Council for Educational Research (ACER) – lihat ujian sekolah/school tests Programme for International Student Assessment (PISA) International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA) for Third International Mathematics and Science Study (TIMSS) and Progress in International Reading Literacy Studies (PIRLS). US National Center for Education Statistics for National Assessment of Educational Progress (NAEP).

39 PANEL

40 Panel soal Tanyakan diri anda pertanyaan-pertanyaan berikut. Apakah layout soal menarik dan jelas? Jika Multiple Choice, apakah setiap pilihan jawabannya menarik? Jika TERBUKA, apakah petunjuk penilaian jelas? Apakah soal cukup adil bagi semua populasi? Apakah soal cocok dengan kerangkanya?

41 Panel soal Apakah soal dapat diperbaiki dengan: memendekkannya? menambahkan lebih banyak informasi? mengubah ungkapan atau kata-katanya? menambah sebuah diagram atau gambar? mengubah format soalnya?


Download ppt "Workshop Penulisan Soal Indonesia Januari 2010 Penyaji: Mark Butler Greg Reid."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google