Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan 3 Menu dan Formulir. 2 Pengertian Menu Merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuh program.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan 3 Menu dan Formulir. 2 Pengertian Menu Merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuh program."— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan 3 Menu dan Formulir

2 2 Pengertian Menu Merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuh program aplikasi kepada pengguna. Menu adalah sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata.

3 3 Jenis-jenis menu Single menu (menu tunggal) Menu biner (binary menus) –Anda butuh bantuan informasi (Y/N)? –Selama Anda bermain, Anda dapat ketikkan ? untuk mendapat panduan singkat untuk bermain atau ?? untuk mendapat petunjuk lebih lengkap. Pastikan menekan tombol ENTER setelah mengetikkan perintah. Mnemonic letters – Photo akan ditampilkan berdasarkan H = Hitam dan Putih W = Warna Pilih huruf pilihan Anda ? Button choices

4 4 Lanjutan jenis-jenis menu Multiple-item menus – Drive A tidak terbaca ? Abort, Retry, Ignore, Fail ? Radio buttons Extended menus

5 5 Lanjutan jenis menu Pull – down and pop – up menus Menu tetap (permanent menus) : iconics menus, toolbars or pallets Multiple – selection menus (check boxes)

6 6 Lanjutan jenis menu Linear sequences and multiple menus (urutan linear dan menu ganda) –Memandu pemakai melalui serangkaian pilihan dengan urutan yang sama –Menstrukturisasi proses pengambilan keputusan –Contoh : Linear menu : wizard Multiple menu : kotak dialog yang mengandung seperangkat menu – menu yang tidak tergantung satu sama lain

7 7  Contoh Linear sequences and multiple menus (urutan linear dan menu ganda)

8 8 TREE-STRUCTURED MENUS Ketika kumpulan item berkembang dan menjadi sulit dipelihara dalam kendali intelektual, perancang dapat membentuk kategori item-item yang serupa, membentuk struktur tree. Contoh pengelompokan: –Laki-laki, perempuan –Hewan, sayuran, mineral –Fonts, size, style, spacing Depth versus Breadth: –Depth: jumlah level. –Breadth: jumlah item per level. Pengelompokan semantik: –Kelompokkan item-item yang serupa secara logis. –Bentuk kelompok yang melingkupi semua kemungkinan. –Pastikan item tidak overlap. –Gunakan peristilahan yang dikenal.

9 9 Tree-Structured Menus Membagi beberapa kumpulan ke dalam sebuah grup tersendiri.

10 10 Contoh tree structured menus

11 11 Acyclic dan Cyclic Menu Networks Digunakan pada hypertext, seperti www dimana potensi untuk tersesat meningkat

12 12 Lanjutan Acyclic dan Cyclic Menu Networks Kadang-kadang lebih cocok daripada struktur tree. Memungkinkan jalur dari bagian tree yang berbeda, tidak mengharuskan pemakai memulai dari menu utama. Secara alami terdapat pada: –Hubungan sosial. –Jalur transportasi. –Kutipan dalam jurnal ilmiah. Membutuhkan penelusuran balik.

13 13 Bergerak Pada Menu dengan Cepat Menu dengan typeahead  Tidak perlu menunggu menu selesai ditampilkan untuk memilih menu, dapat langsung mengetikkan serangkaian karakter dari menu utama.  Pilihan-pilihan dapat digabungkan menjadi suatu perintah mnemonic Contoh : menu pada handphone

14 14 Nama menu untuk akses langsung  Skema penamaan yg memungkinkan pemakai mengakses tujuan secara langsung Contoh : jump pada winamp, bookmark pada web browser

15 15 Menu Macros merekam jalur menu yang sering digunakan sebagai perintah buatan sendiri. Contoh : style sheet pada word processor

16 16 Perancangan Layar pada Menu Pedoman Perancangan Menu ; Gunakan task semantic Lebih baik lebar dan dangkal daripada sempit dan dalam Tunjukkan posisi dengan gambar, angka, atau judul Gunakan pengelompokan item yang berarti

17 17 Tampilkan item dengan singkat, mulai dengan keyword Gunakan tata bahasa, tata letak, dan peristilahan yang konsisten Sediakan typeahead, jumpahead, dan shortcut lainnya Sediakan lompatan ke menu sebelumnya dan menu utama

18 18 Formulir Merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian borang dalam kehidupan sehari- hari, dimana pengguna akan dihadapkan pada sebuah bentuk borang yang ada di layar komputer yang sedang digunakan.

19 19 Pedoman perancangan formulir : Judul yang berarti Instruksi yang dapat dipahami Pengelompokan dan pengurutan field yg logis Tata letak yg menarik secara visual, perhatikan alignment Label field yg dikenal

20 20 Lanjutan pedoman ….. Peristilahan dan singkatan yg konsisten Ruang kosong dan batas field yg terisi harus jelas terlihat Pergerakan kursor & batas field yg perlu diisi harus jelas terlihat Koreksi kesalahan untuk karakter & field Pesan kesalahan untuk nilai yaang tidak dapat diterima

21 21 Lanjutan pedoman …. Field optional perlu ditandai dgn jelas atau sebaliknya field yg wajib diisi ditandai Pesan yg jelas bagi field jika memungkinkan Sediakan tanda selesai, hindari penyelesaian secara ototmatis

22 22 Beberapa Variasi Isian Field pada Formulir Combo box: kombinasi list box dan text box. Coded fields: mempunyai mask untuk format isian khusus. Misalnya : –Telepon – (___)___-_____ –Social Security Number – ___-__-____ –Waktu – __:__ __ –Tanggal – __/__/____ –Nilai uang – $_____.00

23 23 Keuntungan dan Kekurangan Keuntungan  pengguna sudah terbiasa dengan pengisian form, isian data yang disederhanakan, diperlukan sedikit pelatihan, beban memori rendah, strukturnya jelas, perancangan yang mudah, tersedia berbagai alat bantu perancangan tampilan. Kekurangan  memakan ruang layar, tidak cocok untuk pemilihan perintah / instruksi, memerlukan pengontrol kursor, mekanisme navigasinya tidak terlihat secara eksplisit.


Download ppt "1 Pertemuan 3 Menu dan Formulir. 2 Pengertian Menu Merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuh program."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google