Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ACHMAD DARMADI 611300121 EDID TRIATI 611300040 FATHURRAHMAN 611300251 THEODORUS SUJATMOKO 611300173 VERONIKA EVA 611300059.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ACHMAD DARMADI 611300121 EDID TRIATI 611300040 FATHURRAHMAN 611300251 THEODORUS SUJATMOKO 611300173 VERONIKA EVA 611300059."— Transcript presentasi:

1 ACHMAD DARMADI EDID TRIATI FATHURRAHMAN THEODORUS SUJATMOKO VERONIKA EVA

2 MULTIPLEXING Multiplexing adalah suatu teknik mengirimkan lebih dari satu (banyak) informasi melalui satu saluran. Istilah ini adalah istilah dalam dunia telekomunikasi. Tujuan utamanya adalah untuk menghemat jumlah saluran fisik misalnya kabel, pemancar & penerima (transceiver), atau kabel optik. Contoh aplikasi dari teknik multiplexing ini adalah pada jaringan transmisi jarak jauh, baik yang menggunakan kabel maupun yang menggunakan media udara (wireless atau radio)

3 TEKNIK MULTIPLEXING A.Frequency Division Multiplexing FDM) adalah Frequency Division Multiplexing teknik menggabungkan banyak saluran input menjadi sebuah saluran output berdasarkan frekuensi.

4 Proses Multiplexing FDM Pada sistem FDM, umumnya terdiri dari 2 peralatan terminal dan penguat ulang saluran transmisi (repeater transmission line): 1.Peralatan Terminal (Terminal Equipment) 2.Peralatan Penguat Ulang (Repeater Equipment)

5 Contoh Penggunaan FDM Pada penyiaran radio yang menggunakan gelombang FM, frekuensi mulai dari 88 MHz s/d 108 MHz digunakan untuk penyiaran radio FM komersil. Frekuensi MHz dibagi ke sub-band 200 KHz. Bandwidth dengan frekuensi 200 KHz sudah mencukupi untuk penyiaran radio FM dengan kualitas yang tinggi. Stasiun radio dapat dikenali dengan frekuensi pusat dari saluran masing-masing (ex: 91.5 MHz, MHz). Sistem ini dapat memungkinkan pendengar radio mendengar sekitar 100 stasiun radio yang berlainan. Contoh lain dari penggunaan FDM: pada jaringan telepon analog dan jaringan satelit analog. Selain itu ide dasar FDM digunakan dalam teknologi saluran pelanggan digital yang dikenal dengan modem ADSL (Asymetric Digital Subcriber Loop ).

6 Kelebihan & Kekurangan FDM Kekurangan: 1. Adanya kebutuhan untuk memfilter bandpass, yang harganya relatif mahal dan rumit untuk dibangun (penggunaan filter tersebut biasanya digunakan dalam transmitter dan receiver) 2.Penguat tenaga (power amplifier) di transmitter yang digunakan memiliki karakteristik nonlinear (penguat linear lebih komplek untuk dibuat), dan amplifikasi nonlinear mengarah kepada pembuatan komponen spektral out-of-band yang dapat mengganggu saluran FDM yang lain. Kelebihan FDM tidak sensitif terhadap perambatan /perkembangan keterlambatan. Tehnik persamaan saluran (channel equalization) yang diperlukan untuk sistem FDM tidak sekompleks seperti yang digunakan pada sistem TDM.

7 B.Time Division Multiplexing (TDM ) Time Division Multiplexing merupakan sebuah proses pentransmisian beberapa sinyal informasi yang hanya melalui satu kanal transmisi dengan masing- masing sinyal di transmisikan pada peride waktu tertentu

8 Jenis-Jenis TDM b.Asynchronous TDM Asynchronous TDM yang dikenal juga sebagai Statistical TDM (STDM) dan Intelligent TDM, sebagai alternative synchronous TDM. Pada synchronous TDM, banyak kasus time slot kosong (tidak berisi data). Statistical TDM memanfaatkan fakta bahwa tidak semua terminal mengirim data setiap saat, sehingga data rate pada saluran output lebih kecil dari penjumlahan data rate semua terminal. Untuk mengoptimalkan penggunaan saluran dengan cara menghindari adanya slot waktu yang kosong akibat tidak adanya data ( atau tidak aktif nya pengguna) pada saat sampling setiap input line, maka pada Asynchronous TDM proses samping hanya dilakukan untuk input line yang aktif saja. a.Synchronous TDM Disebut synchronous karena time slot-time slot-nya di alokasikan ke sumbersumber dan tertentu dimana time slot untuk tiap sumber ditransmisi. Biar bagaimanapun sumber mempunyai data untuk dikirim. Dapat mengendalikan sumber-sumber dengan kecepatan yang berbeda-beda. Time division multiplexing dimungkinkan apabila data rate yang dapat dicapai oleh media transmisi lebih besar daripada data rate sinyal digital yang akan dikirim.

9 C.Statistical Time Division Multiplexing (STDM) Statistical TDM dikenal juga sebagai asynchronous TDM dan intelligent TDM, sebagai alternative synchronous TDM. Efisiensi penggunaan saluran secara lebih baik dibandingkan FDM dan TDM. Memberikan kanal hanya pada terminal yang membutuhkannya dan memanfaatkan sifat lalu lintas yang mengikuti karakteristik statistik.

10 ANTAR MUKA JARINGAN PADA ISDN ISDN adalah singkatan dari Integrated Sevices Digital Network, ISDN adalah sebuah desain untuk jaringan telepon/telekomunikasi yang semuanya digital. ISDN didesain untuk membawa suara, data, citra, video, dan apapun yang kita butuhkan. ISDN juga didesain untuk menyediakan antarmuka tunggal (meliputi hardware dan protokol komunikasi) bagi telepon, mesin fax, komputer, videophone, dan mikrowave.

11 MODEL JARINGAN 1.Model konvensional 2.Model awal ISDN 3.Model jaringan ISDN

12 Pelayanan ISDN 1.Bearer Service merupakan layanan awal dan dasar yang diperuntukkan bagi pengguna yang baru bergabung dengan jaringan 2.TeleService adalah layanan yang pada dasaranya telah diberikan dari awal oleh jaringan ISDN, namununtuk menggunakannya harus didukung dari peralatan atau terminal pengguna 3.Supplementary Service adalah layanan tambahan yang disediakan oleh jaringan ISDN ke pengguna, namun dalam mengaksesnya, pengguna dibebankan biaya tambahan ketika mengaktifkan layanan ini

13 Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL) dan xDSL. Asymmetric Digital Subscriber Line disingkat ADSL adalah salah satu bentuk Digital Subscriber Line, suatu teknologi komunikasi data yang memungkinkan transmisi data yang lebih cepat melalui kabel tembaga telepon biasa dibandingkan dengan modem konvensional yang ada.

14 Kelebihan ASDL 2.Bagi pengguna di Indonesia yang memakai program Speedy, penggunaan ADSL membuat kegiatan Internet menjadi jauh lebih murah. 1.Pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data, sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax.

15 Kekurangan ASDL 1.Seperti sangat berpengaruhnya jarak pada kecepatan pengiriman data. 2.Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL misal Mac. 3.Adanya load coils yang dipakai untuk memberikan layanan telepon ke daerah-daerah, sementara load coils sendiri adalah peralatan induksi yang menggeser frekuensi pembawa ke atas.

16 Pengertian xDSL Kelebihan xDSL 1.Koneksi yang simultan antara internet dengan suara/fax melalui kabel telepon 2.Kecepatan akses yang tinggi dan selalu online 3.Harga penggunaan murah terutama untuk perumahan 4.Keamanan data terjaga baik xDSL adalah satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat.

17 Kekurangan xDSL 1.Panjang kabel tembaga dari CO ke pelanggan 2.Adanya load coils dan bridged taps. 3.Hambatan ketiga adalah serat optik.

18


Download ppt "ACHMAD DARMADI 611300121 EDID TRIATI 611300040 FATHURRAHMAN 611300251 THEODORUS SUJATMOKO 611300173 VERONIKA EVA 611300059."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google