Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN II DASAR JAVA (Jcreator) Defi Cahyadi Jl Hasibuan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Bani Saleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN II DASAR JAVA (Jcreator) Defi Cahyadi Jl Hasibuan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Bani Saleh."— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN II DASAR JAVA (Jcreator) Defi Cahyadi Jl Hasibuan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Bani Saleh

2 Sejarah Java Java adalah salah satu bahasa pemrograman computer yang berorientasi object diciptakan oleh salah satu perusahaan Sun microsystem, perusahaan workstation UNIX (sparc). JAVA diciptakan berdasarkan bahasa C++ dengan tujuan platform independent dapat dijalankan pada berbagai jenis hardware tanpa kompilasi ulang.

3 Lanjutan Tahun 1991 James Gosling, Sun Microsystem menciptakan sebuah bahasa baru yang ditulis berdaarkan C++. Bahasa ini disebut OAK (nama pohon yang terlihat dari jendela ruangan James Gosling) 1994 web mulai popular nama bahasa Oak diganti menjadi JAVA ternyata Oak sudah dipakai terlebih dahulu.

4 Lanjutan James Gosling mencari nama bahasa baru suatu ketika mampir disebuah café untuk minum kopi dan minta Java timbulah idenya memakai nama Java. Java kemudian dipakai untuk sebuah browser yang bernama WebRunner setelah berhasil browser kemudian dinamakan HotJava dengan symbol secangkir kopi panas.

5 Lanjutan 1995 bahasa Java dan HotJAva diumumkan diweb. Versi alpha ditayangkan awal tahun Pada tahun 1995 musim panas diimplementasikan pada windows 95 dan linux. Tanggal 23 Januari 1996, Java 1.0 resmi diumuMkan dan disediakan di web untuk Netscape 2.0, salah sau browser terkenal, mengadopsi JAVA dan JAVASCRIPT.

6 Lanjutan Perkembangan JAVA tidak berhenti. Berbagai teknologi diperkenalkan seperti J2EE (Java 2 Enterprise Edition), J2SE (Java 2 Standart Edition), JavaBean, Java Server Page (JSP) dan JME (Java Micro Edition). Bahkan JAVA memicu bahasa2 yang berorientasi jaringan seperti Phyton, ASP, XML,C# dll.

7 Perbedaaan Pemrograman Prosedural dan Pemrograman Berorientasi Objek Pemrograman prosedural atau tradisional (process-oriented model) – Semua data dan kode digabung menjadi satu bagian dalam satu program. – Permasalahan muncul pada saat program tersebut berkembang ke arah yang lebih besar dan komplek, yang mungkin membutuhkan ratusan atau ribuan baris kode

8 Lanjutan Pemrograman Berorientasi Object (object- oriented model) – Komponen-komponen penyusun program secara konseptual akan dipecah menjadi bagian-bagian tersendiri yang disebut object

9 Lanjutan

10 Pemrograman berorientasi object – Setiap object memiliki data (sifat, berupa variabel maupun konstanta) dan – Method (perilaku atau kemampuan melakukan sesuatu berupa fungsi). – Object adalah suatu entitas yang memiliki data dan method. Contoh : – Manusia adalah object yang memiliki Data, misal : Nama, jenis kelamin, tinggi badan, dll. – Dan memiliki method misal : Cara bicara, cara berjalan, cara marah dll.

11 Lanjutan

12 Dalam pemrograman, Object semacam ini di abstraksikan menjadi sebuah Class. Class adalah bentuk abstrak dari suatu object. Wujud nyata dari suatu class disebut Instance. Contoh : – Class Manusia – Instance adalah : – Udin, kabayan, iteung dll

13 Lanjutan Keuntungannya : – Object-objectnya dapat digunakan ulang(reusable) untuk program-program lain – Programnya lebih terstruktur dan lebih mudah untuk dikembangkan – Bersifat natural atau alami karena perilaku dan sifat-sifat object di dalam program aka disesuaikan dengan object-object nyata yang ada di alam sekitar kita.

14 Sifat-sifat Pemrograman Java Java berorientasi Object – Merupakan pemrograman yang berorientasi object artinya, penulisan program harus dibuat dalam bentuk object. Java bersifat Terdistribusi – Program java sesuai dengan perkembangan teknolgi saat ini, yaitu teknologi jaringan lokal seperti jaringan internet. Java bersifat Multiplatform – Program java sudah diterjemahkan (dikompilasi) dengan benar dan berhasil dapat dijalankan pada platform yang lain atau pada sistem operasi yang lain. – Java menggunakan prinsip WORA (Write Once and Run Anywhere) Java bersifat Multithread – Thread merupakan unit dasar penggunaan Central Processing unit (CPU) yang terdiri dari Thread_ID, program counter, register set dan stak. – Multithread adalah banyaknya pekerjaan yang dikerjakan dalam satuan waktu hampir bersamaan.

15 Java IDE Jcreator : – Software ini merupakan IDE yang sederhana dan cepat, cocok digunakan utunk mempelajari kode-kode program. Eclips – Software ini merupakan IDE yang dikembangkan oleh IBM, sayangnya software ini memerlukan RAM yang relatif besar. Ide ini banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang kompleks(baik visual maupun console)dan pengembangan aplikasi-aplikasi.. NetBeans: – Software ini merupakan ide menarik yang layak digunakan untuk mengembangkan berbagai tipe aplikasi; mulai dari aplikasi console, visual, enterprise, mobile dan yang lainnya. Namun sayangnya,software ini juga membutuhkan RAM yang besar. Software

16 STRUKTUR PROGRAM APLIKASI import java.nama_class.nama_fungsi; class nama_program { public static void main (string[] args) { deklarasi int : x=; input proses ouput }

17 Contoh program aplikasi java : import java.io.*; class soal1 { public static void main (String[] args) { System.out.println(“selamat datang diprogram java”); }

18 Keterangan import : digunakan untuk memanggil pustaka fungsi yang tersedia – Contoh import java.io.*; Memanggil kelas io (input output) dari pustaka java. Kelas input output diperlukan dalam melakukan membaca data atau menampilkan data. class : harus mendahulukan semua program java karena program java didefinisikan sebagai suatu kelas – Contoh soal1 adalah nama kelas yang diberikan pada program ini { } : merupakan program yang berada dalam kesatuan logis sebab itu define class harus berada diantara {} public static void main : sifat utama dari kelas program yang dibuat. – bersifat public berarti bersifat umum bisa dipakai oleh program lain. – Bersifat static berarti karakteristiknya tetap pada kelas ini. – Bersifat void bearti fungsi kelas in mengembalikan suatu nilai – Main menyatakan fungsi kelas program dapat menerima argument ketika dijalankan dan argument itu adalah string yang berbentuk larik atau lebih dari satu argument. System.out.println() adalah perintah untuk menampilkan kalimat yang berada diantara tanda kutip dalam kurung yaitu “ selamat datang diprogram java” sehingga akan tampil dilayar ketika program dijalankan.

19 Bekerja dengan JCreator Aktifkan Jcreator Click Menu File Click New (membuat File Baru) Click File Tampil / muncul jendela File Wizard – Click Java Classes – Click Main Class – Click Next Ketik nama File – Contoh : soal-1 Click Finish Tampil jendela editor untuk pengetikan program java Click Menu Build Click Build File (meng-comfile) Click Run Click Run File (meng-execut file) Click Menu File Click Save (untuk menyimpan File Jcreator)

20 Soal-soal Pertemuan I Tampilkan Program dengan Output sbb : Stmik Bani Saleh Jurusan Sistem Informatika Mata Kuliah : pemrograman II Tampilkan Program dengan Output sbb : Bahasa Java JCreator Bahasa Java Jcreator (digabungkan)

21 Lanjutan soal Tampilkan Program dengan Output sbb : Selamat Datang Di Program Java Jcreator Selamat Datang D i Program Java Jcreator (setelah digabungkan)


Download ppt "PEMROGRAMAN II DASAR JAVA (Jcreator) Defi Cahyadi Jl Hasibuan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Bani Saleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google