Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROCESS SPECIFICATION Setiap proses (bubble) di DFD harus memiliki process specification. Tanpa ini kita tidak akan mengetahui apa yang terjadi di dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROCESS SPECIFICATION Setiap proses (bubble) di DFD harus memiliki process specification. Tanpa ini kita tidak akan mengetahui apa yang terjadi di dalam."— Transcript presentasi:

1 PROCESS SPECIFICATION Setiap proses (bubble) di DFD harus memiliki process specification. Tanpa ini kita tidak akan mengetahui apa yang terjadi di dalam proses (bubble) tersebut. Banyak cara / metode yang dapat digunakan untuk menggambarkan proses tersebut. Metode yang digunakan untuk menggambarkan proses pada top level berbeda dengan metode yang digunakan untuk proses yang ada pada level yang paling bawah.

2 Demikian pula ada beberapa istilah yang digunakan, yaitu : * Mini-spec (mini specifications) *Job-spec (job specifications) *Process descriptions * dll. Spesifikasi proses untuk level atas dapat meng- gunakan kalimat deskriptif namun pada level yang lebih rinci, yaitu pada proses paling bawah (functional primitive) membutuhkan spesifikasi yang lebih terstruktur dengan menggunakan kaidah - kaidah tertentu.

3 Spesifikasi proses menjadi pedoman bagi programmer dalam membuat program (coding). Metode yang digunakan dapat berupa : Narasi, uraian proses dalam bentuk “cerita” Bahasa Indonesia / Inggris yang terstruktur Decision Table (Tabel Keputusan) Decision Tree (Pohon Keputusan)

4 NARASI Penjelasan proses dalam bentuk kalimat : Untuk setiap pembelian dari pelanggan harap diperiksa : Apabila batas kredit dilampui maka periksa histori pembayarannya. Apabila historinya kurang baik maka ditolak. Apabila historinya baik dan pembelian tidak melebihi 1 juta rupiah mintalah persetujuan manajer; bila lebih dari 1 juta rupiah maka ditolak.

5 BAHASA INDONESIA TERSTRUKTUR Instruksi proses dengan Bahasa Indonesia Instruksi tidak mutlak (kaku), yang penting dapat dimengerti.

6 Contoh Bahasa Indonesia Terstruktur : MODUL Validasi_Penjualan JIKA Saldo_Piutang > Limit_Kredit MAKA JIKA Histori_Bayar = Buruk MAKA tolak SELAIN ITU JIKA Nilai_Barang <= 1 juta MAKA minta_persetujuan_manajer SELAIN ITU tolak AKHIR JIKA SELAIN ITU pembelian_dilayani AKHIR JIKA AKHIR MODUL

7 STRUCTURED ENGLISH Contoh : MODULE Validasi_Penjualan IF Saldo_Piutang > Limit_Kredit THEN IF Histori_Bayar = Buruk THEN tolak ELSE IF Nilai_Barang <= 1 juta THEN minta_persetujuan_manajer ELSE tolak ENDIF ELSE pembelian_dilayani ENDIF ENDMODULE


Download ppt "PROCESS SPECIFICATION Setiap proses (bubble) di DFD harus memiliki process specification. Tanpa ini kita tidak akan mengetahui apa yang terjadi di dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google