Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 08 Electronic Commerce. Gambaran Umum E-business & E-Commerce  E-commerce:  Proses pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 08 Electronic Commerce. Gambaran Umum E-business & E-Commerce  E-commerce:  Proses pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk,"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 08 Electronic Commerce

2 Gambaran Umum E-business & E-Commerce  E-commerce:  Proses pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk, jasa, atau informasi melalui jaringan komputer termasuk internet.  E-business:  Definisi yg lebih luas untuk e-commerce, meliputi pembelian dan penjualan barang serta jasa, pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, pelaksanaan e-learning dan pelaksanaan transaksi elektronik dalam perusahaan

3 EC Murni vs Parsial  EC dapat beragam bentuknya tergantung tingkat digitalisasi.  Tingkat digitalisasi dapat berhubungan dgn:  Produk yg dijual (fisik atau digital)  Proses (fisik atau digital)  Pelaku pengiriman atau perantara (fisik atau digital)  Dalam perdagangan tradisional ketiga dimensi ini berupa fisik.

4 EC Murni vs Parsial  Perusahaan brick-and-mortar:  perusahaan yg produk, proses dan pelaku pengiriman semuanya bersifat fisik  EC murni:  semua dimensi bersifat digital  EC parsial:  Jika terdapat minimal satu dimensi digital

5 Perusahaan EC  Perusahaan virtual:  Perusahaan yg produk, proses, dan pelaku pengiriman seluruhnya bersifat digital  Perusahaan click-and-mortar:  Perusahaan yang menjalankan bisnis baik dalam dimensi fisik maupun digital

6 Jenis Transaksi E-Commerce  Business-to-business (B2B):  EC yg penjual dan pembelinya adalah organisasi/perusahaan  Collaborative commerce:  EC dimana para mitra bisnis berkolaborasi secara elektronik  Business-to-Consumer (B2C):  EC yg penjualnya adalah perusahaan dan pembelinya adalah perorangan  Disebut juga: e-tailing  Consumer-Consumer (C2C):  EC di mana seseorang menjual produk atau jasa ke orang lain

7 Jenis Transaksi E-Commerce  Consumer-to-Business (C2B):  EC di mana pelanggan memberitahukan kebutuhan atas suatu produk tertentu dan para pemasok bersaing untuk menyediakan produk ke pelanggan  Intrabusiness EC:  EC di mana perusahaan menggunakan EC secara internal untuk memperbaiki operasinya  Business-to-Employ (EC B2E):  Kondisi khusus EC intrabisnis di mana perusahaan memberikan produk ke para karyawannya

8 Jenis Transaksi E-Commerce  Government-to-Citizen (G2C):  Pemerintah menyediakan layanan ke para warganya melalui teknologi EC  Govenment-to-Business (G2B):  Pemerintah melakukan bisnis dengan berbagai perusahaan  Government-to-Goverment (G2G):  Pemerintah berkolaborasi dengan pemerintah lainnya  Mobile Commerce:  EC yang dilakukan dalam lingkungan mobile

9 Model Bisnis EC  Pemasaran Langsung online:  Produsen dan peritel menjual langsung ke para pelanggan  Sangat efisien untuk produk digital  Sistem tender elektronik:  Perusahaan melalukan tender online, meminta penawaran dari para pemasok  Sebut harga anda:  Pelanggan menyebutkan seberapa banyak yg bersedia dibayar, perantara mencoba untuk mencocokkannya dengan penyedia  Cari harga terbaik:  Pelanggan menyebutkan kebutuhan, membandingkan berbagai penyedia dan memilih harga terendah.

10 Model Bisnis EC  Pemasaran afiliasi:  Penjual meminta mitranya untuk menempatkan logo (banner) di situs milik mitranya tersebut. Jika pelanggan menemukan logo tersebut, masuk ke situs penjual dan melakukan pembelian, maka penjual akan membayar komisi ke para mitra.  Pemasaran berantai:  Para penerima akan mengirimkan informasi mengenai berbagai produk ke teman-temannya secara berantai  Pembelian berkelompok  Para pembeli kecil menyatukan permintaannya untuk mendapatkan volume besar; kemudian kelompok tersebut melalukan tender atau negosiasi untuk mendapatkan harga murah

11 Lingkup E-Commerce  Aplikasi E-commerce:  Pemasaran langsung, saham, pekerjaan, perbankan online, mal, lelang, publikasi online, layanan pelanggan  Pendukung  Orang:  Kebijakan publik:  Pemasaran & periklanan  Layanan Pasokan: keamanan  Kemitraan bisnis  Infrastruktur  Manajemen

12 Manfaat E-Commerce  Perusahaan  Ketersediaan pasar nasional & internasional  Penurunan biaya pemrosesan, distribusi, penarikan informasi  Individu  Akses ke banyak produk  Tidak terbatas ruang dan waktu  Masyarakat  Kemampuan untuk memberikan informasi, layanan, produk kepada masyarakat dgn mudah dan nyaman

13 Keterbatasan E-Commerce  Keterbatasan teknologi:  Kurangnya standar keamanan yg diterima secara universal  Bandwith telekomunikasi yg tidak cukup  Mahalnya akses  Keterbatasan nonteknologi:  Persepsi bahwa EC tidak aman  Segi hukum belum lengkap

14 Mekanisme Utama EC  Katalog Elektronik  Lelang Elektronik  Barter Online

15 Katalog Elektronik  Dulu: katalog dicetak di kertas  Sekarang: dalam bentuk elektronik di CD dan Internet  Berisi basis data produk  Tujuan:  Bagi pedagang: mengiklankan dan mempromosokan produk  Bagi pelanggan: sumber informasi mengenai produk

16 Katalog Elektronik  Dapat diklasifikasikan berdasarkan tiga dimensi:  Dinamika presentasi informasi  statis (teks & gambar)  dinamis (multimedia)  Tingkat penyesuaian  Standard (sama untuk semua pelanggan)  disesuaikan (berdasarkan karakteristik pelanggan)  Tingkat integrasi dengan proses atau fitur bisnis lainnya  Pencatatan & pemenuhan pesanan\  Sistem pembayaran elektronik  Sistem persediaan & akuntasi  Sistem ekstranet milik pemasok atau pelanggan

17 Lelang Online  Lelang online:  Proses bersaing di mana penjual menyebutkan berbagai tawaran dari pembeli atau pembeli mempertimbangkan tawaran dari penjual, dan harga ditentukan secara dinamis melalui persaingan tawar menawar  Keuntungan:  Bagi penjual:  Memperluas pelanggan  Mempersingkat waktu siklus lelang  Bagi pembeli:  Peluang menawar harga yg murah  Nyaman, tidak harus datang ke lokasi lelang

18 Lelang Online  Ada dua jenis:  Lelang ke depan (forward auction)  Lelang yg digunakan penjual sebagai saluran penjualan ke banyak pembeli potensial  Tawaran tertinggi akan menang  Lelang terbalik (reverse auction)  Lelang di mana pembeli mencari produk, dan pemasok menyerahkan tawaran mereka  Tawaran terendah akan menang

19 Barter Online  Barter online:  Pertukaran barang atau jasa yg didukung secara elektronik tanpa ada transaksi uang  Dilakukan melalui iklan dari individu ke individu (dalam newsgroup, buletin board, chat room)  Atau melalui perantara (misal: barterbrokers.com)

20 Aplikasi B2C  Electronic Retailing (e-tailing):  Industri Jasa Online  Layanan Pelanggan

21 E-tailing  Electronic Retailing (e-tailing):  Penjualan langsung berbagai produk melalui ruang pamer elektronik atau mal elektronik, yang biasanya didesain dalam bentuk katalog elektronik dan/atau lelang  Mekanisme belanja online:  Electronic storefront (ruang pamer elektronik)  Electronic Mall (mall elektronik)

22 Industri Jasa Online  Cyberbanking  Perdagangan Sekuritas Online  Pasar Pekerjaan Online  Layanan Perjalanan  Perumahan

23 Peiklanan Online  Mendefinisikan ulang proses periklanan tradisional  Memperbaikan periklanan tradisional dalam hal:  Dapat diperbaharui kapan saja  Mencapai calon pelanggan pontesial yg banyak  Terkadang lebih murah  Lebih interaktif  Metoda periklanan:  Banner  Pop-up 

24 Banner  Papan reklame elektronik  Berupa teks pendek atau pesan grafis pendek untuk mempromosikan produk  Bisa berupa multimedia  Bila banner diklik akan masuk ke home page pemasang iklan.  Ada dua jenis:  Banner kata kunci (keyword banner): muncul ketika kata yg ditentukan diminta dari sebuah mesin pencari  Banner acak: muncul secara acak, dapat digunakan untuk memperkenalkan produk baru.

25 Banner  Keuntungan banner:  Dapat disesuaikan dengan pelanggan yg menjadi target  Kelemahan:  Informasi yg dapat dimuat terbatas  Sering diabaikan pembaca

26 Pop-up  Diletakan pada jendela browser terpisah.  Muncul dengan adanya pemicu, misalnya pada saat mengklik sesuatu, atau menutup jendela browser.  Ada dua jenis:  Iklan Pop-up: muncul di depan jendela broswer yg sedang digunakan  Iklan pop-under: muncul di bawah jendela yg aktif, ketika jendela yg aktif ditutup, iklan tersebut akan kelihatan  Banyak pengguna keberatan, karena dianggap sangat mengganggu

27  Biasanya lebih efektif dari segi biaya  Iklan dikirim melalui  Bisa terjadi potensi penyalahgunaan iklan  Pelanggan bisa kebanjiran .

28 Aplikasi B2B  Pasar penjualan (sell-side-marketplace)  Pasar pembelian (buy-side-marketplace)  Perdagangan elektronik

29 Sell-side-marketplace  Penjual menjual berbagai produknya ke perusahaan lainnya secara elektronik melalui pasar elektroniknya atau melalui pihak ketiga  Mekanisme utama:  Katalog elektronik yg disesuaikan untuk tiap pembeli  Lelang ke depan

30 Buy-side-marketplace  Perusahaan mencoba membeli produk yg dibutuhkannya dari perusahaan lain secara elektronik  Mekanisme utama:  Lelang terbalik

31 Perdagangan elektronik  Pasar elektronik, di mana terdapat banyak penjual dan pembeli, serta dapat dimasuki oleh berbagai pihak. Seringkali dimiliki dan dioperasikan oleh pihak ketiga

32 EC Intrabisnis & B2E  Perdagangan B2E  Menyebar informasi ke karyawan melalui intranet  Mengizinkan karyawan mengelola kompensasi tambahan  Menjual produk secara elektronik ke karyawan dgn diskon  EC Antara & Antarunit Perusahaan  Menjual atau membeli antar unit perusahaan  EC Antara & Antarkaryawan Perusahaan  Mengijinkan karyawan memasang iklan

33 Aplikasi C2C  Lelang C2C  Iklan kecik  Layanan personal

34 Layanan Pendukung EC  E-infrastructure (konsultan TI, hosting, jaringan, keamanan, wireless)  E-process (pembayaran & logistik)  E-market (pemasaran & iklan)  E-communities (pembaca & mitra bisnis)  E-services (CRM, SCM)  E-content (penyedia isi)

35 Layanan Pendukung EC

36 Electronic Checks Electronic Credit Cards Purchasing Cards Electronic Cash Electronic Bill Presentment and Payments Paying Bills at ATMs. Electronic Payments

37 Isu Etika & Hukum  Isu Etika:  Privasi  Kehilangan pekerjaan  Isu hukum:  Penipuan di internet  Nama domain  Cybersquatting  Pajak & biaya lainnya  Hak cipta

38 Privasi  Kebanyakan sistem pembayaran elektronik mengetahui siapa pembelinya, karena itu, mungkin perlu dilindungi identitas pembeli.  Banyak perusahaan memonitor karyawan & memasang software untuk mengawasi aktivitas web internal untuk mengetahui aktivitas karyawan yg terkait dgn perusahaan atau tidak  Penelusuran berbagai aktivitas individu di internet oleh intelligent agent dan cookies

39 Kehilangan Pekerjaan  Penggunaan EC dpt mengakibatkan pengurangan beberapa karyawan perusahaan,  Yang paling berpeluang kehilangan pekerjaan adalah intermediasi yg menyediakan layanan:  Pencocokan dan penyediaan informasi; dapat ditiadakan (diintermediasi)  Layanan bernilai tambah; dapat ditiadakan sebagian.

40 Penipuan di Internet, Nama Domain, Cybersquatting  Penipuan di Internet  Penyalahgunaan kartu kredit  Lelang fiktif  Perusahaan fiktif  Nama Domain:  Persaingan nama domain  Cybersquatting  Mendaftarkan nama domain dgn harapan dapat menjualnya dgn harga lebih tinggi

41 Pajak, Hak Cipta  Pajak:  Siapa yg akan dikenakan pajak?  Bagaimana cara penagihan pajak?  Hak Cipta:  Membeli software, boleh dibagikan?  Menyalin bahan dari situs web tanpa ijin


Download ppt "Pertemuan 08 Electronic Commerce. Gambaran Umum E-business & E-Commerce  E-commerce:  Proses pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google