Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Alat Bantu Perangkat Lunak Interaksi Manusia dan Komputer Sesi 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Alat Bantu Perangkat Lunak Interaksi Manusia dan Komputer Sesi 4."— Transcript presentasi:

1 Alat Bantu Perangkat Lunak Interaksi Manusia dan Komputer Sesi 4

2 IMK Sesi 42/26 Topik Bahasan  Metode spesifikasi  Multiparty Grammar  Unified Modeling Language (UML)  User Action Notation (UAN)  Interface-building tools  Design tools  Software-engineering tools

3 IMK Sesi 43/26 Metode Spesifikasi  Aset pertama dalam membuat perancangan adalah notasi yang baik untuk merekam dan mendiskusikan kemungkinan-kemungkinan.  Spesifikasi dalam bahasa alami : cenderung bertele- tele, samar-samar, dan membingungkan.  Bahasa formal dan semiformal : efektif untuk bahasa perintah.  Menu-tree structures : menunjukkan tata letak menu. Tidak menunjukkan seluruh aksi yang mungkin.

4 IMK Sesi 44/26 Metode Spesifikasi ( Lanj. )  UML class diagram : hubungan antar-elemen sistem. Lebih baik daripada menu-tree.  UML Statechart diagram : sesuai untuk sistem interaktif.  User action notation (UAN) : notasi pendekatan untuk pengembangan sistem manipulasi langsung.

5 IMK Sesi 45/26 Multiparty Grammar  Penggambaran interaksi dengan notasi seperti BNF (Backus-Naur Form).  Contoh BNF: ::= ::=, ::= ::= ::= | ::= A|B|C|...|W|X|Y|Z ::= ( - ) ::= ::= ::= ::= 0|1|2|3|4|5|6|7|8|9

6 IMK Sesi 46/26 Multiparty Grammar ( Lanj. )  Pada multiparty grammar ada nonterminal yang diberi label untuk menyatakan pihak yang menghasilkan string (U: user; C: computer).  Contoh: Proses log-in ::= ::= LOGIN ::= ::= HELLO [ ] Multiparty grammar efektif untuk rentetan perintah berorientasi teks yang berulang-ulang dipertukarkan, seperti pada terminal bank.

7 IMK Sesi 47/26 UML Class Diagram ( Bagian Atas) Web Class Diagram for E-Commerce Site

8 IMK Sesi 48/26 UML Class Diagram ( Bagian Bawah ) Web Class Diagram for E-Commerce Site

9 IMK Sesi 49/26 UML Class Diagram ( Lanj. )  Web Application Stereotypes (Jim Conallen) Web Server Page Web Client Page Web HTML Form Web Target Web Frameset

10 IMK Sesi 410/26 UML Class Diagram ( Lanj. )  Stereotype asosiasi untuk Web Application Extension to UML:  « link »  « targeted link »  « redirect »  « submit »  « build »

11 IMK Sesi 411/26 UML Statechart Diagram Statechart Diagram for Robot Transmission

12 IMK Sesi 412/26 User Action Notation (UAN)  Digunakan untuk mengatasi keanekaragaman dunia manipulasi langsung.  Simbol-simbol UAN:  ~[icon] : bergerak menuju icon  ~[x,y] : menuju koordinat (x,y)  Mv : tombol mouse ditekan  M^ : tombol mouse dilepas  icon! : icon di- highlight  icon-! : icon kembali normal  icon! : icon berkedip  icon > ~ : icon bergerak mengikuti kursor  * : dapat berulang (  0 kali)

13 IMK Sesi 413/26 User Action Notation ( Lanj. )  Contoh 1: TASK: select an icon User Actions Interface Feedback ~[icon] Mv icon! M^  Contoh 2: TASK: select an icon User Actions Interface Feedback Interface State ~[file] Mv file!, forall(file!): file-! selected = file ~[x,y]* outline(file) > ~ ~[trash] outline(file) > ~, trash! M^ erase(file), trash!! selected = null

14 IMK Sesi 414/26 Interface-Building Tools ( Lanj. )  Fitur interface-building tools:  Kebebasan antarmuka pemakai  Metodologi dan notasi  Rapid prototyping  Dukungan perangkat lunak

15 IMK Sesi 415/26 Interface-Building Tools  Interface-building tools disebut juga:  Rapid Prototyper  User Interface Builder  User Interface Management System  User Interface Development Environment  Rapid Application Developer

16 IMK Sesi 416/26 Interface-Building Tools ( Lanj. )  Kebebasan antarmuka pemakai  Memisahkan perancangan antarmuka dari program internal.  Memungkinkan strategi multiple user-interface.  Memungkinkan dukungan multi-platform.  Memberi peranan arsitek antarmuka pemakai.  Menegakkan standar.

17 IMK Sesi 417/26 Interface-Building Tools ( Lanj. )  Metodologi dan notasi  Mengembangkan prosedur perancangan.  Menemukan cara berbicara tentang perancangan.  Melakukan manajemen proyek.  Rapid prototyping  Mencoba gagasan dengan sangat dini.  Uji, revisi, uji, revisi, ….  Mengikutsertakan end users, manajer, pelanggan.

18 IMK Sesi 418/26 Interface-Building Tools ( Lanj. )  Dukungan perangkat lunak  Meningkatkan produktivitas.  Memberikan pemeriksaan kendala dan konsistensi.  Memfasilitasi pendekatan tim.  Memudahkan pemeliharaan.

19 IMK Sesi 419/26 Contoh Interface-Building Tools  Design tools  Software engineering tools

20 IMK Sesi 420/26 Design Tools  Membuat gambaran awal dengan cepat penting di tahapan awal perancangan untuk:  Menjajaki berbagai alternatif;  Memungkinkan komunikasi dalam tim perancang;  Menyampaikan kepada klien seperti apa bentuk produk nantinya.

21 IMK Sesi 421/26 Design Tools ( Lanj. )  Beberapa contoh design tools:  CAI software : Macromedia Authorware, IconAuthor, Quest.  Multimedia construction tools : HyperCard, Macromedia Director, Macromedia Flash.  Slide presentation software : Microsoft PowerPoint.  Visual programming tools : Microsoft Visual Basic (sekarang dalam Visual Studio.NET), Borland Delphi.  Web design tools : Macromedia Dreamweaver, Macromedia Fireworks.

22 IMK Sesi 422/26 Design Tools ( Lanj. )

23 IMK Sesi 423/26 Design Tools ( Lanj. )

24 IMK Sesi 424/26 Software Engineering Tools  Tcl/Tk: #First make a menu button menubutton.menu1 -text "Unix Commands" - menu.menu1.m -underline 0 #Now make the menu, and add the lines one at a time menu.menu1.m.menu1.m add command -label "List Files" - command {ls}.menu1.m add command -label "Get Date" -command {date}.menu1.m add command -label "Start Calendar" - command {xcalendar} pack.menu1

25 IMK Sesi 425/26 Software Engineering Tools ( Lanj. )  Java: class Test { public static void main(String[] args) { for(int i = 0; i < args.length; i++) System.out.print(i == 0 ? args[i] : " " + args[i]); System.out.println(); } }

26 IMK Sesi 426/26 Software Engineering Tools ( Lanj. )  JavaScript


Download ppt "Alat Bantu Perangkat Lunak Interaksi Manusia dan Komputer Sesi 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google