Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009

3 Bina Nusantara Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: –Mahasiswa dapat menerapkan konsep penggunaan polymorphism pada GUI di Java.

4 Bina Nusantara Outline Materi Preview Polymorphism Abstract Class Abstract Method

5 Preview Polymorphism Objek yang memiliki banyak bentuk (method). 1 fungsi dengan banyak implementasi. Mengunakan Abstract Method dan juga menggunakan Abstract Class

6 Preview Polymorphism Pada umumnya, ada 2 tipe polymorphism : –Trivial Polymorphism : Overloading –Pure Polymorphism : Overriding Berdasarkan waktunya : 1.Static ( Compile Time ), dapat melalui :  Generic  Overload 2.Dynamic ( Run Time ), dapat melalui :  Class Inheritance Abstract  Interface –

7 Abstract Class Mendeklarasikan karakteristik yang umum dari subclass. Dideklarasi secara abstrak. Tidak dapat dibuat objeknya dengan operator new. Hanya digunakan sebagai superclass dari kelas-kelas lainnya dan berupa bentuk abstrak. Dideklarasi dengan keyword abstract.

8 Abstract Class Sebuah template atau design untuk subclass dibawahnya. Menyediakan fungsi yang abstrak juga.( abstract method ) Fungsi di override di subclass. Sebuah objek harus dapat mengimplementasikan semua abstract method yang ada di abstract class.

9 Abstract Method Dummy Code Method atau Prototype Method. Dideklarasikan di dalam Abstract Class. Tidak ada implementasi. Tidak mempunyai isi koding didalam fungsinya. Diakhiri langsung dengan titik koma. Method yang harus di-override di subclass-nya. Dideklarasi dengan keyword abstract.

10 Abstract Method Kelas turunan dari JPanel yang merupakan design controller untuk form dan merupakan abstract class karena memiliki 2 abstract method yang memiliki fungsi berbeda (ada pada slide berikutnya)

11 Abstract Method Lanjutan koding dari slide sebelumnya, terdapat 2 fungsi abstrak yang namanya sama dan parameternya berberda (overloading)  Kedua fungsi abstrak (hitung) harus wajib di –override di turunannya (subclass)  Untuk isi logika dari fungsi tersebut berada pada kelas turunannya (subclass)

12 Abstract Method Kelas turunannya dan memanggil objek yang dibuat. Kedua fungsi hitung (Konversi) di Override pada kelas Turunannya (DemoCalculate)

13 Bina Nusantara Referensi Introduction to Java Programming. 7ed. Liang Chapter 10, hal 369 Java Software Solution. 5ed. Lewis & Loftus Chapter 9, hal 511 Polymophism Inheritance and polymorphism Polymorphism in Object Oriented Programming oriented_programming


Download ppt "Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google