Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sumber: Pusbangtendik 21 JUNI 2012. PENGAWAS SEKOLAH (PS) 1.SUPERVISI MANAJERIAL 2.SUPERVISI AKADEMIK 3.EVALUASI PENDIDIKAN 4.PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sumber: Pusbangtendik 21 JUNI 2012. PENGAWAS SEKOLAH (PS) 1.SUPERVISI MANAJERIAL 2.SUPERVISI AKADEMIK 3.EVALUASI PENDIDIKAN 4.PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN."— Transcript presentasi:

1 Sumber: Pusbangtendik 21 JUNI 2012

2 PENGAWAS SEKOLAH (PS) 1.SUPERVISI MANAJERIAL 2.SUPERVISI AKADEMIK 3.EVALUASI PENDIDIKAN 4.PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEPALA SEKOLAH (KS) 1.USAHA PENGEMBANGAN SEKOLAH (UPS) 2.KEPEMIMPINAN EMBELAJARAN (KP) 3.SUPERVISI AKADEMI (SA) 4.KEWIRAUSAHAAN (KWU) 5.SUPERVISI MANAJERIAL (SM)

3 NOTANGGALKEGIATANPESERTA 119 – 22 JUNI 2012 PEMANTAPAN INDIKATOR & PENGEMBANGAN SOAL UK TIM PENYUSUN UK 226 – 28 JUNI 2012 ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SOAL UK TIM PENYUSUN UK 326 – 27 JUNI 2012 UJI KETERBACAAN INSTRUMEN UK KS DAN PS NON PENYUSUN UK 43 – 5 JULI 2012PENGEMBANGAN SOAL UKTIM PENYUSUN UK JULI 2012UJI COBA I INSTRUMEN UK (di Bandung) 400 ORG PS DAN KS 617 – 19 JULI 2012ANALISIS, REVISI, DAN PENGEMBANGAN SOAL UK TIM PENYUSUN UK JULI 2012UJI COBA II INSTRUMEN UK400 ORG PS DAN KS 825 – 27 JULI 2012FINALISASI INSTRUMEN UKTIM PENYUSUN UK 91-6 Okt. 2012Pelaksanaan UK secara online KS/PS se Indonesia

4 RESPON FGD POSITIFPERLU DIREVIEW Reaksi terhadap soal : a.Tidak ada yang menakutkan b.Soal cukup hanya perlu waktu c.Soal tidak terlalu sulit d.Secara Konten tidak masalah krn berhubungan dengan tugas sehari-hari e.Uji kompetensi ini hanya mengukur pengetahuan saja ( tidak Sikap dan Ketrampilan ) f.Secara umum soal sudah bagus g.Kesesuaian soal tidak terlalu jauh h.Soal tidak masalah walaupun tidak dipisahkan i.Paket 3 soal cenderung – ke SMK, buat SMA tidak masalah j.Soal sudah cukup komprehensip k.Jika tidak menulis alasan waktu 2 jam cukup a.Membuat alasan membutuhkan enerji dan waktu b.Tidak sistimatik ? c.Wacana panjang – perlu waktu ekstra d.Terdapat soal yang sama e.Ada soal yg satu halaman f.Terkesan berputar-putar g.Ada stem dan option tidak nyambung h.Soal PTK dan PTS hindari “ Pengaruh “ lebih baik upaya i.Masukan terhadap soal Litbang – apakah tetap bertahan pada soal non PTK & PTS ? j.Materi masih teoritis k.Terdapat soal yang mudah ditebak l.Soal kewirausahaan kurang muncul

5

6 Seorang pengawas mengecek administrasi perangkat pembelajaran guru di satu sekolah.Ternyata hampir semua guru tidak mempunyai perangkat pembelajaran yang lengkap, kecuali daftar hadir dan daftar nilai siswa. Ketika pengawas sekolah bertanya kepada salah seorang guru tentang kegiatan supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah atau guru senior. Guru tersebut menjawab bahwa kepala sekolah hanya menyodorkan format penilaian supervisi untuk diisi sendiri sesuai dengan penilaian hati nuraninya. Sehubungan dengan kasus tersebut, kegiatan utama yang perlu dilakukan pengawas sekolah/madrasah dalam mengatasi kasus tersebut adalah.... a. Sosialisasi supervisi kunjungan kelas. b. Sosialisasi perangkat pembelajaran guru. c. Membina kepala sekolah dan guru senior dalam pelaksanaan supervisi. d. Membina kepala sekolah dalam merencanakan kegiatan supervisi kunjungan kelas.

7 Pada sebuah sekolah, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang digunakan mengadopsi dari sekolah lain hanya dengan mengubah identitas sekolah saja. Sedangkan isi kurikulum yang terdiri atas struktur program, pengembangan diri, criteria ketuntasan minimal (KKM), kalender pendidikan dan lainnya dibuat persis sama. Anehnya, pada tataran aplikasi ada beberapa kegiatan yang tidak dilakukan sesuai dengan KTSP yang telah ditetapkan. Kegiatan utama yang harus dilakukan oleh pengawas sekolah/ madrasah untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah.... A. Mengadakan pembinaan penyusunan KKM. B. Melaksanakan pendampingan penyusunan kurikulum sekolah. C. Mengadakan pendampingan implementasi kurikulum sekolah. D. Melaksanakan pendampingan aplikasi kurikulum sekolah.

8

9 Hasil supervisi pengawas sekolah/madrasah terdadap seorang guru dapat disimpulkan: 1) Guru sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai RPP yang disusun; 2) Guru sudah melakukan penilaian proses sesuai dengan alat evaluasi pada RPP; 3) Guru sudah melakukan ulangan harian; 4) Guru sudah melakukan analisis hasil evaluasi. Namun, dari hasil analisis masih banyak siswa yang tidak tuntas. Dari kondisi di atas pengawas sekolah/madrasah ingin melakukan supervisi akademik terhadap guru tersebut dalam melaksanakan kegiatan remedial, tujuan utamanya adalah... a.Guru menetapkan indikator baru dengan tingkat kesukaran yang lebih rendah. b.Guru menyusun kegiatan pembelajaran yang lebih baik. c.Guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran. d.Guru menyusun soal yang lebih mudah dengan indikator yang sama.

10

11 Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah mengakibatkan terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, psikomotor, serta life skill. Hal yang perlu disampaikan pengawas sekolah/ madrasah dalam mengubah pandangan guru terhadap hal tersebut di atas adalah mencerahkan tentang kecenderungan perkembangan mata pelajaran yang terbaik untuk meminimalisasi akibat tersebut yaitu: A. Pendidikan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. B. Pendidikan mendorong perkembangan kognisi, afeksi, dan keterampilan motorik. C. Pendidikan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta menerapkannya di dalam kehidupan sehari- hari. D. Pendidikan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif.

12

13 Kegiatan pembinaan supervisi manajerial dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah harus sesuai prinsip konstruktif yang dalam pelaksanaannya…. a.Didasarkan pada keadaan dana penunjang, kenyataan yang sebenarnya terjadi, kesiapan pengawas sekolah, diarahkan kepada pencapaian 8 SNP. b.Terlaksana sesuai dengan rencana program kepengawasan, berdasarkan kepentingan setiap kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya. c.Dapat memberikan motivasi kepada kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya,sehingga tumbuh dorongan untuk bekerja lebih baik. d.Terjalinnya hubungan yang harmonis antara pengawas sekolah dengan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya sesuai normatif yang berlaku.

14 Pengawas sekolah hendaknya mampu menerapkan prinsip kerjasama dalam pelaksanaan supervisi manajerial, sebab bermanfaat dalam…. Memberikan support, mendorong, menstimulasi kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya, sehingga merasa tumbuh secara bersama. Terjalin hubungan professional antara pengawas sekolah dengan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya, bukan didasarkan atas hubungan pribadi. Terjalinnya hubungan yang erat antara pengawas sekolah dengan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya, menyadari kesalahan yang tunjukkan dengan sukarela. Mengupayakan berkembangnya kepercayaan diri bagi kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya, yang pada akhirnya dapat menumbuhkan motivasi kerja.

15 Metode yang harus dilakukan oleh pengawas satuan pendidikan dalam supervisi manajerial adalah monitoring dan evaluasi. Kegiatan utama pengawas sekolah dalam melakukan monitoring adalah…. a.Kegiatan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan penyelenggaraan sekolah, apakah sudah sesuai dengan rencana, program, atau standar yang telah ditetapkan. b.Kegiatan dalam usaha menemukan kesalahan-kesalahan yang harus diperbaiki dalam pelaksanaan program sekolah, untuk dipertimbangkan dalam pembinaan. c.Kegiatan kepengawasan yang lebih dipusatkan pada pengontrolan selama program berjalan yang telah dilakukan oleh kepala sekolah dan guru, dan lebih bersifat klinis. d.Kegiatan dalam upaya memperoleh umpan balik bagi sekolah atau pihak lain yang terkait untuk menyukseskan ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan.

16 Langkah terakhir yang dilaksanakan oleh penngawas sekolah dalam menggunakan metode Delphi ketika melaksanakan supervisi manajerial…. A.Masing-masing pihak diminta mengajukan pendapatnya secara tertulis tanpa disertai identitas. B.Mengumpulkan pendapat yang masuk, dan membuat daftar urutannya sesuai dengan jumlah orang yang berpendapat sama. C.Menyampaikan kembali daftar rumusan pendapat dari berbagai pihak tersebut untuk diberikan urutan prioritasnya. D.Mengumpulkan kembali urutan prioritas menurut peserta, dan menyampaikan hasil akhir prioritas keputusan dari seluruh peserta.

17 Tindakan yang paling tepat dilakukan pengawas sekolah dalam membina, dan membimbing tenaga kependidikan lainnya dalam bidang administrasi adalah …. A.Mengarahkan tentang bagaimana caranya agar sekolah memiliki administrasi yang tertib, rapi, efisien, dan efektif B.Mengevaluasi dan mereview hasil yang telah dikerjakan oleh tenaga kependidikan di sekolah. C.Memberi saran dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan program administrasi sekolah. D.Memberi contoh dan melakukan kegiatan pendampingan dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah.

18

19 KD/Indikator Kriteria Penetapan KetuntasanNilai KKM KompleksitasDaya dukungintake 5.2.Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah Menyebutkan beberapa contoh penggunaan bidang miring untuk memindahkan suatu benda Menjelaskan keuntungan menggunakan bidang miring untuk memindahkan suatu benda Menyimpulkan dari data hasil penelitian hubungan antara kemiringan bidang miring dengan besarnya gaya yang bekerja KKM untuk kompetensi dasar di atas adalah …. A.74,67 B.75 C.75,33 D.76

20 Jika nilai kemampuan awal siswa beraneka ragam, maka arahan pengawas sekolah kepada guru-guru dalam merumuskan intake siswa dan menentukan kriteria ketuntasan minimal kompetensi dasar adalah dengan menggunakan …. A.Rerata nilai hasil belajar siswa dari kompetensi dasar sebelumnya B.Nilai akhir semester hasil belajar siswa dari kompetensi dasar sebelumnya C.Nilai terendah hasil belajar siswa dari kompetensi dasar sebelumnya D.Nilai tertinggi dan nilai terendah hasil belajar siswa dari kompetensi dasar sebelumnya lalu dibagi dua

21

22 Yang manakah dari indikator keberhasilan pembelajaran berikut yang paling sesuai dengan kriteria sebuah indikator yang baik? A.Memahami hakekat perjuangan bangsa B.Mengukur luas lapangan Bola Volly C.Menghapal sebuah puisi perjuangan D.Menyimpulkan isi sebuah wacana

23 Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku dan dapat diukur, serta mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, maka …. A.Kompetensi dasar dikembangkan menjadi beberapa indikator B.Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, dan potensi daerah C.Tingkat kata kerja Indikator setara dan tidak melebihi rumusan kompetensi dasar D.Rumusan indikator hanya boleh mencakup satu ranah saja

24

25 Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Pak Karim membahas materi “Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri- cirinya” Sesuai tahapan perkembangan kognitif siswa usia sekolah dasar yang berada pada tahap operasional kongkret, maka kemampuan membuat kalimat deskripsi harus menyelaraskan dengan karakteristik siswa tersebut. Bentuk kalimat apakah yang paling tepat yang dapat dikembangkan oleh siswa tersebut? A.Kalimat berupa deskripsi tumbuhan atau binatang sesuai ciri yang tidak tampak. B.Kalimat berupa deskripsi sesuai ciri fisik tumbuhan atau binatang C.Kalimat disusun dengan benar sesuai ejaan yang disempurnakan D.Kalimat harus berpola subyek, predikat, dan obyek

26 Saat kegiatan pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa mengeluh karena mereka tidak dapat menerima penjelasan guru dengan baik, hal tersebut disebabkan karena guru tidak memberikan catatan di papan tulis maupun memanfaatkan media dan alat peraga sesuai dengan materi yang diberikan. Hampir semua siswa mengeluhkan hal yang sama.. Berdasarkan situasi di atas jika guru akan menilai konsep yang memiliki cakupan luas dan aspek penilaian yang harus diperhatikan sesuai dengan karakteristik siswa, maka kecenderungan yang dimiliki siswa adalah …. A.Auditif B.Taktil C.Visual D.Gustative

27 Sesuai karakteristik siswa usia SD bahwa penggunaan bahasa harus efektif dan mudah dimengerti maka dalam mengajarkan KD “Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru” saran pengawas tentang aspek yang penting dinilai guru kalimat harus …. A.Menggunakan kata-kata baru B.Rapi dan ejaan harus benar C.Mengikuti pola SPOK D.Singkat dan bermakna

28 Aspek-aspek yang penting untuk dinilai sesuai dengan karakteristik siswa adalah A.Watak, tabiat, akhlak, kepribadian B.Bakat, minat, latar belakang siswa C.Minat, bakat, Kemampan siswa, kepribadian D.Kemampuan awal siswa, kemandirian, kepribadian

29

30 Hasil supervisi akademik terhadap sejumlah guru ditemukan bahwa sebagian besar guru tidak menggunakan media/alat pembelajaran. Hasil wawancara terhadap guru menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum menggunakan media disebabkan: keterampilan guru yang masih kurang, kemampuan guru yang rendah, kurangnya motivasi/inovasi guru dalam penggunaan media pendidikan. Hasil analisis terhadap hasil belajar mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai KKM. Berdasarkan kasus ini, topik yang paling cocok untuk mendukung kemampuan guru/kepala sekolah dalam melakukan penelitian kuantitatif bidang pendidikan adalah sebagai berikut: a.Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi mengajar guru b.Pengaruh inovasi media pembelajaran terhadapa peningkatan keterampilan mengajar guru c.Pengaruh penggunaan media interaktif terhadap hasil belajar siswa d.Pengaruh penggunaan jenis media pembelajaran terhadap kinerja guru

31 Karakteristik pendekatan kuantitatif berbeda dengan desain pendekatan kualitatif. Menurut Saudara karakteristik pendekatan kuantitatif yang benar adalah: a.Umum, fleksibel, berkembang, dan muncul dalam proses penelitian b.Spesifik, jelas, rinci, ditentukan secara mantap sejak awal, dan menjadi pemegang langkah dari awal c.Menunjukkan hubungan antar variable, menguji teori, dan mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif d.Menmukan pola hubungan yang bersifat interaktif, menemukan pola, dan menggambarkan realitas yang kompleks

32 Seorang guru kebingungan dalam menetapkan metode/ pendekatan penelitian kualitatif yang dilakukannya, khususnya dalam menetapkan metode. Sebagai seorang pengawas, apa yang harus Saudara jelaskan kepada guru tersebut sehubungan setting metodenya: a.Dilakukan pada kondisi alamiah, langsung ke sumber data dan penelitian adalah instrument kunci, data berbentuk angka-angka, dan analisis data secara statistik b.Dilakukan pada kondisi terkontrol, langsung ke sumber data dan pengambilan data dapat dilakukan orang lain, data berbentuk kata-kata/gambar, dan menekankan pada generalisasi c.Dilakukan pada kondisi terkontrol, langsung ke sumber data dan penelitian adalah instrument kunci, data berbentuk angka-angka, dan menekankan makna data dibalik yang teramati d.Dilakukan pada kondisi alamiah, langsung ke sumber data dan penelitian adalah instrument kunci, data berbentuk kata-kata/gambar, dan menekankan makna data dibalik yang teramati

33

34 Secara umum penelitian bidang pendidikan dapat dibedakan menjadi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Menurut Saudara, berikut ini topik yang paling cocok untuk mendukung kemampuan guru/kepala sekolah melakukan penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan adalah: a.Peranan sertifikasi melalui PLPG terhadap kinerja mengajar guru. b.Hubungan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa c.Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru d.Studi evaluasi kemampuan guru menerapkan penilaian berbasis kelas

35

36 Pengkajian terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan kepengawasan merupakan langkah awal untuk melakukan penelitian kepengawasan. Berikut ini masalah atau fokus penelitian yang saudara tidak rekomendasikan untuk penelitian kepengawasan adalah: a. Rendahnya kemampuan kepala sekolah dalam menyusun program kerja dan program supervisi b. Rendahnya kinerja guru dalam membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. c. Rendahnya kemampuan guru menerapkan metode pembelajaran yang inovatif d.Lemahnya dukungan dan partisipasi masyarakat terhadap sekolah

37 Seorang pengawas melakukan penelitian dengan judul “Studi kesiapan sekolah melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)”. Hasil penelitian tersebut melaporkan beberapa temuan sebagai berikut: 1.KTSP tidak disusun oleh sekolah sendiri; 2.Warga sekolah sebagian tidak memahami KTSP; 3.Guru tidak menyusun rencana program pembelajaran; 4.KTSP tidak sesuai dengan sarana dan prasarana yang dimiliki; 5.Sekolah mengutamakan penambahan jam pelajaran yang di UAS kan; 6.Jumlah jam permata pelajaran berkurang; 7.Jumlah buku penunjang sangat kurang, khususnya muatan local; 8.Institusi terkait tidak dilibatkan dalam penyusunan KTSP. Sebagai pengawas, strategi pemecahan masalah yang mana paling tepat Saudara dapat dilakukan: a.Mengadakan diklat penyusunan KTSP dengan mengundang nara sumber yang relevan b.Memanfatkan MGMP untuk bersama-sama menyusun materi pembelajaran yang standar c.Setiap guru diwajibkan membuat rencana program pembelajaran disesuaikan dengan KTSP/silabus. d.Penyusunan KTSP dengan mata diklat produktif harus melibatkan institusi pasangan DU/DI yang relevan.

38

39 Berdasarkan laporan yang disampaikan guru mata pelajaran diperoleh informasi bahwa banyak peserta didik yang telah memperoleh hasil di atas KKM namun juga masih terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM. Ternyata data tersebut tidak dimanfaatkan guru untuk melakukan perbaikan dan pengayaan. Berdasarkan kondisi ini, rumusan masalah yang paling tepat untuk saudara rekomendasikan adalah: a. Apakah workshop berjenjang mempunyai pengaruh terhadap kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan dan pengayaan. b. Apakah workshop berjenjang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan dan pengayaan. c. Apakah terdapat perbedaan kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil penilaian dan perbaikan antara guru yang diberi workshop berenjang dan yang tidak diberi workshop berjenjang. d. Apakah terdapat peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil penilaian dan perbaikan sebelum dan sesudah diberi workshop berjenjang

40 Berikut ini adalah ciri-ciri masalah penelitian bidang kepengawasan yang saudara rekomendasikan untuk dilakukan oleh kepala sekolah/guru. Kecuali.... a.Masalah yang diangkat adalah masalah riil yang dihadapi kepala sekolah/guru di sekolah. b.Perumusan masalah dan pelaksanaan penelitian dilakukan secara berkolaboratif. c.Masalah yang diteliti adalah hanya masalah manejemen pendidikan. d.Adanya tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki manajemen sekolah.

41

42 Penyusunan proposal merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh pengawas sebelum memulai kegiatan penelitian. Proposal penelitian harus dibuat sistematis dan logis sehingga dapat dijadikan pedoman yang mudah diikuti. Berikut adalah saran yang Saudara rekomendasikan dalam menyususn format proposal penelitian. a.Pendahuluan, kajian teori, dan, metodologi penelitian,. b.Pendahuluan, kajian teori, metodologi penelitian, dan hasil penelitian c.Latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teori, teknik analisis data. d.Pendahuluan, kajian teori, metodologi penelitian, dan kesimpulan

43 Seorang guru ingin melakukan penelitian, kemudian mengidentifikasi permasalahan dan menentukan variabel dan menggambarkan keterkaitan variabel seperti berikut: Guru tersebut ternyata kebingungan dalam merumuskan tujuan penelitian. Berikut adalah saran yang Saudara rekomendasikan pada guru terbut dalam merumuskan tujuan penelitian. a.Apakah ada pengaruh antara motivasi kerja dan kepemimpinan terhadap produktivitas kerja? b.Untuk menganalisis pengaruh antara motivasi kerja dan kepemimpinan terhadap produktivitas kerja c.Apakah ada pengaruh antara kepemimpinan terhadap motivasi kerja dan produktivitas kerja? d.Untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi kerja dan produktivitas kerja.

44 NO SOALN0 SOAL 14 B=2124 B=22 15 B=2125 B=15 16 B=626 B=3 17 B=2927 B=16 18 B=1628 B=6 19 B=2629 B=27 20 B=15 21 B=13 22 B=28 23 B=21 N0. SOALREKOMENDASI 26 = 3LINK – STEM & OPTION 16 = 6LINK – STEM & OPTION 28 = 6LINK – STEM & OPTION 20 = 15REVISI 21 = 13REVISI 27 = 18REVISI KESIMPULAN 9 – DITERIMA 3- SOAL REVISI 4- DITOLAK/ DIPERBAHARUI

45 13..Sebelum melaksanakan tugas supervisi manajerial, pengawas sekolah perlu terlebih dulu menyusun pedoman kepengawaan dalam bentuk rencana kepengawasan manajerial (RKM) dengan tujuan untuk.... A. Menyamakan persepsi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawas sekolah dalam membina sekolah B. Menyamakan persepsi antar pengawas sekolah dalam membina pengelolaan dan administrasi sekolah C. Menjadi acuan minimal dalam menyusun materi pembinaan terhadap kepala sekolah dan tenaga administrasi lainnya D. Menjadi acuan dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembinaan sekolah paket – 1 nomor 26 ( jawaban Peserta C Kunci B )

46


Download ppt "Sumber: Pusbangtendik 21 JUNI 2012. PENGAWAS SEKOLAH (PS) 1.SUPERVISI MANAJERIAL 2.SUPERVISI AKADEMIK 3.EVALUASI PENDIDIKAN 4.PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google